Connect with us

Lifestyle & Sport

Resmi Dikontrak FC Utrecht, Bagus Kahfi Dapat Pujian dari Direktur Tehnik

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Setelah resmi menandatangani kontrak bersama FC Utrecht Bagus Kahfi resmi diperkenalkan sebagai pemain klub kasta tertinggi Liga Belanda, FC Utrecht. Pengumuman tersebut disampaikan FC Utrecht melalui situs resmi maupun media sosial mereka pada Jumat (5/2/2021). Bagus Kahfi dikontrak hingga pertengahan 2022 dengan opsi perpanjangan selama dua tahun.

“Selamat datang di Utrecht, Bagus Kahfi. Penyerang dari Indonesia bergabung dengan FC Utrecht dan akan memulai perjalannya di Belanda bersama tim U18,” tulis pernyataan klub.

Bagus Kahfi diyakini bisa memunculkan potensi terbaiknya di Belanda. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Teknik FC Utrecht, Jordy Zuidam.

“Bagus adalah pemain berbakat dengan penuh teknik dan seorang pemain kreatif dengan dribble yang bagus,” puji Jordy Zuidam dikutip laman resmi FC Utrecht.

“Dia (Bagus Kahfi) sudah membuktikannya di klub dan timnas Indonesia kategori usia dengan berbagai gol yang dibuat. Untuk Bagus Kahfi, berkarier di Eropa bagi pemain Indonesia adalah langkah luar biasa,” lanjutnya.

Bergabungnya Bagus Kahfi ke FC Utrecht pun disambut gembira dan mendapat dukungan dari dua pesepak bola Indonesia, Marc Klok dan Irfan Bachdim, melalui video penyambutan sang pemain di media sosial klub Belanda tersebut.

Marc Klok sendiri merupakan pemain kelahiran Amsterdam, Belanda. Ia juga pernah bergabung dengan FC Utrecht lalu berkelana ke berbagai klub sebelum memutuskan bermain di Indonesia bersama PSM Makassar pada 2017.

Marc Klok sekarang berstatus sebagai pemain Persija Jakarta dan sudah menjadi WNI (Warga Negara Indonesia). Seperti Marc Klok, Irfan Bachdim juga merupakan pesepak bola Indonesia kelahiran Amsterdam dan pernah berseragam FC Utrecht.

“Selamat datang di Belanda, kami tahu Belanda tidak memiliki banyak pantai seperti Indonesia,” ujar Marc Klok dengan latar belakang ia berada di tepi laut.

Begitpun Irfan Bachdim menyambut kehadiran Bagus Kahfi di Negeri Kincir Anngin.

“Selamat dan sukses di FC Utrecht. Saya sangat senang dan bangga dengan kamu karena bermain di FC Utrecht sekarang,” ucap Irfan Bachdim.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Bukan Cuma Karena Butuh Makan, Ini Penyebab Kamu Lapar

Published

on

By

Bukan Cuma Karena Butuh Makan, Ini Penyebab Kamu Lapar

Channel9.id-Jakarta. Apakah Kamu tipe orang yang mudah lapar? Kiranya baru selesai makan, tapi tak lama kemudian rasa lapar datang lagi. Padahal umumnya rasa lapar muncul 3 sampai 4 jam setelah makan. Namun, tak demikian bagi orang yang mudah lapar.

Perlu diketahui bahwa munculnya rasa lapar tak selalu berarti Kamu butuh makanan. Ada penyebab lain yang membikin Kamu merasakan sensasi ini. Apalagi jika Kamu belum lama makan. Nah, memangnya apa saja sih penyebab seseorang cepat lapar? Ini penjelasannya.

1. Kebanyakan karbohidrat
Mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi cepat meningkatkan kadar gula darah, namun cepat pula turun. Nah, penurunan kadar gula darah ini yang membikin Kamu cepat lapar. Adapun makanan yang dimaksud seperti nasi, pasta, kue kering, biskuit, dan mie.

2. Kurang protein dan lemak
Alissa mengatakan bahwa protein bisa meningkatkan perasaan kenyang dan efektif menekan nafsu makan. Demikian pula dengan asupan lemak tak jenuh. Karenanya, kekurangan kandungan ini memungkinkan Kamu cepat lapar.

Baca juga : Penyebab “Ngidam” Makan Manis Saat Stres

Sekadar informasi, kebutuhan protein harian orang Indonesia rata-rata 60 gram per hari (Acuan Label Gizi Indonesia). Sementara, asupan lemak yang disarankan bagi orang dewasa ialah 25-35% dari total kalori harian.

3. Dehidrasi
Rasa haus kerap ditafsirkan menjadi rasa lapar. Karenanya, seseorang malah makan, bukannya minum. Menurut juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics Alissa Rumsey, hal ini terjadi karena otak kebingungan.

Untuk itu, saat lapar menyerang padahal Kamu belum lama makan, cobalah minum segelas air dan tunggu 15 – 20 menit untuk mematikan apakah Kamu memang lapar atau sekadar haus. Jika Kamu sudah lapar, artinya memang Kamu kurang cairan.

4. Melewati jam makan
Jika Kamu melewati jam makan dan membiarkan perut kosong dalam waktu lama, produksi hormon pemicu lapar, yakni ghrelin, akan meningkat. Kondisi ini akan meningkatkan nafsu makanmu. Sialnya, saat makan, Kamu cenderung akan makan lebih banyak. Maka dari itu, jangan lewati jam makan dan jangan biarkan perut kosong lebih dari 4-5 jam.

5. Kurang tidur
Kurang tidur akan meningkatkan produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dan menurunkan hormon leptin yang membikin perasaan kenyang. Nah, kondisi ini tentu membikin Kamu sering lapar. Sebab sejatinya tubuhmu kurang istirahat dan membutuhkan energi dari makanan, utamanya makanan manis.

6. Stres
Produksi hormon stres adrenalin dan kortisol akan meningkat saat sedang tegang. Peningkatan hormon ini mengelabui sistem dalam tubuh, sehingga mengira tubuh sedang diserang dan membutuhkan energi. Kondisi ini akan meningkatkan nafsu makanmu.

Nah, itu dia deretan penyebab Kamu cepat lapar. Semua hal itu bisa diatasi jika Kamu memerhatikan pola makan dan gaya hidupmu.

Pertama, kebutuhan tidur selama 6 sampai 9 jam. Kemudian pilih makanan yang sehat dan tepat, seperti mengonsumsi protein yang cukup, lemak sehat dan perbanyak serat seperti kacang kedelai, buah-buahan dan sayur-sayuran. Ingat, Kamu harus membatasi asupan karbohidrat agar tak cepat lapar.

Terakhir, jika Kamu harus membeli bahan makanan di toko makanan, cobalah untuk lebih teliti dengan membaca label nutrisi makanan sebelum membelinya. Dengan mengetahui informasi ini, Kamu bisa mengontrol asupanmu.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Menyelusuri Jejak Ampo, Camilan Tanah Liat Khas Tuban Yang Unik Dan Langka

Published

on

By

Menyelusuri Jejak Ampo, Camilan Tanah Liat Khas Tuban Yang Unik Dan Langka

Channel9.id-Tuban. Seperti yang kita ketahui selama ini tanah liat hanya berguna sebagai bahan baku pembuatan batu bata saja. Nyatanya, materi ini juga bisa diolah menjadi camilan unik. Begitulah yang dilakukan oleh warga Tuban, Jawa Timur. Mereka rutin membuat camilan yang berasal dari tanah liat yang benar-benar masih bersih dan tanpa campuran apapun.

Kudapan khas Tuban ini jadi menarik lantaran terbuat dari bahan yang nggak biasa. Bahan yang biasa dikenal orang selalu berada di sawah atau kebun, kini ada di meja makan. Ampo namanya, bukan snack atau kudapan biasa.

Terbuat dari tanah liat murni alias lempung, inilah kudapan sehari-hari masyarakat Tuban. Mereka memposisikan ampo sebagai makanan ringan atau camilan.

Baca juga : Gedangkoe, Keripik Pisang 3 Rasa Karya Santriwati Pesantren

Cemilan yang sudah disantap secara turun-temurun ini biasa disandingkan dengan teh manis hangat atau kopi saat sore hari dan menjadi makanan tradisional yang super menyehatkan oleh masyarakat Tuban.

Namun sayang pembuat ampo kini juga sudah mulai jarang dikarenakan tak semua orang mau memproduksi makanan tersebut.

Salah satu produsen Ampo yang masih bertahan hingga saat ini mengatakan, cemilan unik mirip stik coklat ini sudah dibuat sejak zaman kolonial Belanda 350 tahun yang lalu. “Sudah lama sekali, ini sudah lima generasi, saya yang kelima,” ujarnya.

Cara membuat ampo sangat mudah, hanya tanah bersih yang tidak tercampur dengan bebatuan atau apapun. Untuk membuat adonan, tanah ditambah air sedikit demi sedikit sambil sesekali ditumbuk dengan alat semacam palu besar dari kayu.

Kemudian adonan dipadatkan dengan membentuk persegi, lalu mengikisnya dengan stik dan membentuknya seperti gulungan. Stik inipun sudah dibakar dan diasapi selama satu jam. Jadilah ampo yang siap untuk dimakan.

Selain sebagai camilan, ampo juga dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan lantaran ampo dipercaya oleh masyarakat setempat bisa memberikan efek dingin untuk tubuh. Diantara penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi ampo, yakni gatal-gatal, diare, dan demam.

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Olahraga Berlebihan Berbahaya Bagi Kesehatan, Imun Bisa Lemah Hingga Kanker

Published

on

By

Olahraga Berlebihan Berbahaya Bagi Kesehatan, Imun Bisa Lemah Hingga Kanker

Channel9.id-Jakarta. Berlebihan itu tidak baik. Kiranya wejangan itu berlaku di hampir semua aspek. Hal yang mulanya diharapkan membawa kebaikan pun, justru bisa membuahkan hal buruk bila dilakukan berlebihan. Misalnya dalam berolahraga.

Olahraga memang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, jika dilakukan berlebihan, olahraga bisa mengancam kesehatan, lo.

Jika dilakukan dalam intensitas ringan, olahraga bisa meningkatkan respon kekebalan tubuh, termasuk mencegah kanker tertentu (British Journal of Cancer).

Baca juga : Bukan Bikin Cepat Kurus, Berlebihan Olahraga Kardio Justru Bahaya

Sementara, sebagaimana sejumlah penelitian, olahraga terlalu berat bisa mengurangi fungsi kekebalan tubuh. Apalagi jenis olahraga intensitas tinggi. Hal ini bisa memberi efek depresan hingga membuat sistem imun menurun.

Selain itu, berlebihan olahraga atau over training bisa meningkatkan risiko kerusakan tulang dan otot. Hal ini terjadi lantaran, saat over training, tubuh sulit atau kehilangan kemampuan mempertahankan dan memulihkan kondisi tulang dan otot.

Bukan hanya itu, over training juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker, seperti kanker kulit—bukannya mencegah kanker seperti yang diharapkan. Menurut penelitian di Austria, ini terjadi lantaran over training bisa menekankan imun dalam jam, seminggu, bahkan lebih, sehingga tubuh rentan terhadap risiko penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan, bahkan kanker terutama kanker kulit.

Mungkin Kamu tak tahu apakah Kamu over training atau tidak. Nah, peneliti dari Cooper Institute for Aerobics Research, Dallas, Texas Dr Neil F. Gordon, membeberkan tanda-tanda over training, di antaranya terjadi perubahan pola tidur dan insomnia, penyembuhan luka lebih lama dari biasanya, berat badan turun tanpa diet dan aktivitas fisik yang berat. Kemudian tak nafsu makan, kelelahan, nyerti otot atau sendi, siklus menstruasi tak teratur atau bahkan tak menstruasi lagi, hingga haus berlebihan ketika malam hari.

Sejatinya olahraga intensitas tinggi tak berbahaya selagi tak over training. Justru, peneliti menyarankan untuk memastikan asupan nutrisi tubuh tercukupi jika ingin olahraga intensitas tinggi. Tujuannya agar sistem imun tak menurun dan tubuh cepat pulih setelah olahraga. Nutrisi yang dimaksud berupa protein, asam amino, karbohidrat, vitamin, mineral, antioksidan, hingga probiotik.

Solusi terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh, lakukanlah olahraga ringan atau sedang. Jika memang ingin melakukan olahraga berintensitas tinggi, imbangilah dengan asupan nutrisi yang baik guna mencegah terjadinya masalah kesehatan.

(LH)

Continue Reading

HOT TOPIC