Nasional

Respon Keluhan Masyarakat, Dirjen Dukcapil: Gelar Program DMM

Channel9.id-Jakarta. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh meminta jajarannya untuk transparan dan membuka diri. Zudan menginstruksikan agar digelar Program Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM).

Hal itu disampaikan Zudan dalam webinar bertajuk “Apakah Dukcapil Sudah Dipercaya oleh Masyarakat?” di digelar secara daring, Selasa (08/09).

“Programkan Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) agar bisa menangkap harapan masyarakat, keluhan masyarakat, masalah yang ada dimasyarakat dan berikan solusi,” katanya.

Baca juga: Dirjen Dukcapil Minta Jajarannya Gelar Program Sapa Masyarakat

Zudan menuturkan, program tersebut guna merespon keluhan masyarakat terkait pelayanan administrasi Dukcapil. Menurutnya, dengan menyapa, berdiskusi, dan berdialog dengan masyarakat secara rutin dapat mengatasi berbagai permasalahan pelayanan.

“Saya ingin lebih sering menyapa teman-teman karena saya percaya dengan satu pendekatan ‘the power of repetition’, yaitu kekuatan dari kemauan kita untuk selalu berdiskusi, berdialog dan berkomunikasi secara terus menerus. Kekuatan yang tumbuh karena kesediaan kita untuk sabar selalu berbenah. Kalau sekali belum berhasil kita ulang 2 kali, tiga kali sambil dibenahi terus menerus,” jelasnya.

Zudan menuturkan, berdasarkan hasil telisik ke berbagai media sosial, setidaknya terdapat lima hal yang sering kali disampaikan oleh masyarakat tentang kualitas pelayanan administrasi kependudukan.

Berdasarkan hasil telisik Zudan ke berbagai media sosial, setidaknya terdapat lima hal yang sering kali disampaikan oleh masyarakat tentang kualitas pelayanan administrasi kependudukan.

Pertama, masyarakat masih mendapati adanya calo dan pungli (pungutan liar).

Kedua, banyak syarat tambahan termasuk untuk membuat akta kelahiran.

Ketiga, masih lambatnya pencetakan KTP-el. Keempat, yakni masalah konsolidasi data. Dan yang kelima, masalah nomor antrean habis di loket-loket layanan.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut,  Zudan menginstruksikan kepada semua Kepala Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk berdialog dan menyapa langsung masyarakat rutin sebulan 2 kali atau bahkan bisa dilakukan seminggu sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

67  +    =  75