Lifestyle & Sport

Risiko Bruntusan Meningkat Saat Cuaca Panas, Ini Cara Mencegahnya

Channel9.id-Jakarta. Akhir-akhir ini, cuaca begitu panas. Hal ini memungkinkan produksi keringat jadi lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini berisiko bagi kesehatan kulit, lo. Salah satunya yaitu peningkatan risiko mengalami bruntusan, atau bintik-bintik kecil merah yang muncul pada kulit dan membuat kulit tampak kasar.

Adapun pemicu umum bruntusan yaitu komedo. Komedo ini terbentuk dari penumpukkan sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Nah, saat produksi keringat lebih banyak seperti sekarang, ditambah lagi kewajiban menggunakan masker mulut, risiko bruntusan cenderung meningkat. Terlebih lagi jika Kamu memiliki tipe kulit berminyak dan mudah berkeringat.

Kendati tak berbahaya, Kamu mungkin jadi merasa tak percaya diri karena bruntusan bisa mengganggu penampilanmu, terutama jika muncul di wajah. Nah, sebelum penderitaan semakin banyak, sebaiknya ketahui bagaimana cara mengatasi bruntusan. Berikut ini rentetan cara yang masih bisa Kamu lakukan di untuk mencegah bruntusan di wajah.

1. Rutin cuci wajah
Kamu disarankan untuk rutin mencuci muka dua kali sehari, yaitu pada saat bangun tidur dan sebelum tidur. Kalau perlu, lakukanlah double cleansing untuk memastikan wajah benar-benar bersih dari kotoran. Apalagi kalau Kamu menggunakan makeup setiap hari. Namun ingat, gunakanlah sabun cuci muka dan alat pembersih yang sesuai dengan tipe kulit.

2. Pakai pelembap
Perlu Kamu ketahui pula bahwa apa pun jenis kulitnya, menggunakan pelembab adalah wajib. Gunakanlah produk pelembab dengan rutin. Sebelum itu, Kamu bisa menggunakan toner dan serum sebelum mengaplikasikan pelembab. Sebagai catatan, gunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit.

3. Gunakan tabir surya
Ingat, jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Gunakan tabir surya setelah mengaplikasikan pelembab.

Sama seperti pelembab, tabir surya juga wajib digunakan. Apalagi kalau Kamu banyak beraktivitas di luar ruangan. Selain mencegah bruntusan, tabir surya juga penting untuk melindungi kulitmu dari paparan matahari yang bisa memicu kanker kulit.

4. Eksfoliasi
Selain itu, Kamu dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi guna menghilangkan sel-sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi secara rutin seperti setiap seminggu sekali, dengan menggunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan tipe kulit.

Itu dia tips dasar yang bisa mengatasi bruntusan. Kalau tak mempan, sebaiknya cobalah konsultasikan kepada dokter agar Kamu mendapat penanganan yang tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  55  =  59