Rusia Ancam Gunakan Nuklir Jika Finlandia dan Swedia Bergabung ke NATO
Internasional

Rusia Ancam Gunakan Nuklir Jika Finlandia dan Swedia Bergabung ke NATO

Channel9.id-Rusia. Salah satu kawan terdekat Presiden Putin memperingatkan NATO pada Kamis lalu (15/4/2022) kalau mereka kemungkinan akan menggunakan senjata nuklir dan rudal hipersoniknya jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan Aliansi Eropa tersebut.

Finlandia sendiri mempunyai luas perbatasan sekitar 1,300 km dengan Rusia. Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin, menyatakan akan memutuskan hal tersebut pada Rabu pekan depan.

Dmitry Medvedev, Wakil Dewan Keamanan Rusia, mengatakan jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan Rusia, maka Rusia harus memperkuat pertahanannya di laut Baltik, baik untuk pasukan darat maupun udara.

Medvedev secara tidak langsung mengancam akan adanya serangan nuklir dengan mengatakan “Tidak akan ada perbincangan soal bebas Nuklir di Baltik, kami harus mengembalikan keseimbangan di sini,” ujar Medvedev.

Ia berharap kalau Finlandia dan Swedia mau berpikir lebih mendalam lagi, karena jika tidak, mereka akan terancam berada dibawah bayang-bayang senjata nuklir.

Ketika ditanya apa pandangan AS mengenai potensi bergabungnya Swedia dan Finlandia ke NATO walaupun sudah diperingatkan oleh Rusia, Menteri Luar Negeri AS mengatakan tak akan ada perubahan sikap dari AS mengenai kebijakan NATO “pintu akan selalu terbuka”.

“Tanpa menyebut negara mana pun secara spesifik, kami tidak akan khawatir bahwa perluasan aliansi pertahanan akan berdampak pada apa pun selain mempromosikan stabilitas di benua Eropa,” kata juru bicara Menteri Luar Negeri AS, Ned Price, dalam sebuah konferensi pers.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2  +  7  =