Sering Digigit Nyamuk Mungkin Kamu Punya Faktor Ini
Lifestyle & Sport

Sering Digigit Nyamuk? Mungkin Kamu Punya Faktor Ini

Channel9.id-Jakarta. Setelah digigit nyamuk, biasanya muncul bentol pada kulit dan ini terasa gatal. Selain bikin kamu heboh garuk-garuk, bentol terkadang meninggalkan bekas kemerahan bahkan menghitam. Namun, kamu menyadari bahwa hanya kamu yang heboh garuk-garuk. Sementara, temanmu atau orang di sebelahmu biasa saja. Padahal dia tak pakai losion antinyamuk.

Tentu hal itu mengherankan. Kamu jadi penasaran, hal apa yang membuat dirimu lebih menarik di mata nyamuk daripada temanmu. Nah, kalau kamu penasaran, bisa jadi kamu memiliki faktor berikut ini

1. Ukuran tubuh lebih besar

Ukuran tubuh juga menjadi faktor yang membuat kamu rentan digigit nyamuk. Semakin besar dan tinggi, maka semakin besar pula risiko digigit nyamuk. Pasalnya, orang-orang yang bertubuh besar akan menghasilkan lebih banyak karbondioksida setiap bernapas, yang menarik bagi nyamuk.

2. Kolesterol dan steroid tinggi, serta asam urat

Nyamuk akan mendatangi orang yang punya kolesterol di dalam darahnya. Apalagi jika berkolesterol tinggi. Selain itu, orang yang memiliki kadar steroid tinggi di permukaan kulit juga menarik bagi nyamuk. Orang yang mengidap asam urat juga rentan digigit nyamuk. Ini karena nyamuk menyukai orang-orang dengan asam yang berlebihan, termasuk asam urat. Zat ini mudah dideteksi indra penciuman nyamuk, sehingga nyamuk terpancing untuk mendekat pada sumber tersebut.

3. Golongan darah O

Berbagai penelitian membuktikan bahwa nyamuk lebih sering menggigit orang yang memiliki golongan darah O daripada tipe lainnya. Namun, belum ada penjelasan ilmiah mengapa golongan darah O lebih menarik bagi nyamuk.

4. Bau badan

Nyamuk juga tertarik pada aroma asam laktat, amonia, dan senyawa lain yang bisa ditemukan pada permukaan kulit dan keringat. Maka dari itu, tak heran bila bakal rentan digigit nyamuk setelah olahraga. Pasalnya, setelah olahraga, biasanya ada penumpukan asam laktat di otot dan tubuh cenderung lembab sehingga menarik untuk nyamuk.

5. Pakai baju warna gelap

Mengenakan pakaian berwarna gelap seperti hijau, merah, atau hitam membuat kamu lebih mudah dikenali nyamuk. Maka dari itu, sebaiknya gunakan pakaian berwarna cerah dan lembut, seperti warna pastel atau putih.

Itulah berbagai faktor yang membuatmu rentan digigit nyamuk. Meski kamu memiliki faktor itu, paling tidak, coba gunakan losion antinyamuk dan mengenakan pakaian panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1  +  1  =