Soal Kisruh Timnas Israel Datang ke Indonesia di Pildun U-20, Ini Jawaban Bijak Dubes Palestina
Nasional

Soal Kisruh Timnas Israel Datang ke Indonesia di Pildun U-20, Ini Jawaban Bijak Dubes Palestina

Channel9.id – Jakarta. Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun buka suara terkait polemik kedatangan Timnas Israel ke Indonesia saat Piala Dunia U-20 2023 nanti. Ia meminta agar publik memisahkan isu politik dengan kepentingan olahraga.

Ia menegaskan, Indonesia sebagai tuan rumah wajib menerima Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20. Indonesia juga berkewajiban untuk melayani mereka selama berkompetisi di turnamen tersebut.

“Partisipasi masing-masing negara dalam event ini tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak, soal negara yang ikut. Negara-negara yang ikut adalah bagian dari kompetisi sesuai aturan yang berlaku. Ini keputusan FIFA. Jika mereka datang ke Indonesia, ini beda isu. Negara yang menjadi tuan rumah jelas harus melayani para tamu,” kata Zuhair dalam jumpa pers di Kedutaan Besar Palestina, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Zuhair yakin posisi Indonesia tetap konsisten dalam mendukung kemerdekaan Palestina, meskipun Israel datang ke Tanah Air.

“Saya tegaskan, apa yang dirasakan dan temukan saat jumpa pejabat-pejabat di Indonesia, ada juga masyarakat, yakin dukungan Indonesia ke Palestina tidak pernah berubah. Indonesia konsisten, di forum regional, bilateral, dan multilateral untuk dukungannya ke kami,” tegasnya.

Selain itu, Zuhair menyatakan Palestina tidak akan ikut campur soal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang akan menjamu Israel. “Palestina memegang sikap tidak campur tangan terhadap kebijakan-kebijakan, dari negara lain,” tutur Zuhair.

Sebaliknya, Palestina akan mendukung penuh penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang akan digelar dua bulan lagi. Ia mencontohkan, Piala Dunia yang digelar di Qatar beberapa waktu lalu tetap banyak dukungan yang muncul untuk kemerdekaan Palestina.

Ucapan Zuhair itu sekaligus memperkuat pernyataan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah. Teuku Faizasyah beberapa waktu lalu menegaskan kehadiran Israel tidak akan mengubah posisi Indonesia terhadap Palestina.

“Posisi Indonesia soal isu Palestina tidak pernah berubah dan konsisten. Indonesia termasuk sedikit negara yang konsisten dukung rakyat Palestina,” tegas Faizasyah dalam kepada awak media di Kemlu RI, Jumat (10/3/2023).

Baca juga: Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Tuai Polemik, PKS Tolak Tegas

Diberitakan sebelumnya, beberapa pihak dengan tegas menolak Timnas Israel menginjakkan kaki di Tanah Air, salah satunya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli alias MTZ mengatakan alasan partainya menolak kedatangan Israel karena rentetan aksi keji yang kerap dilakukan negara itu terhadap bangsa Palestina.

“Ini kan ada sebuah negara yang masih menjadi penjajah di era seperti ini. Ini tentu saja kami tentang habis-habisan, kami tentang dengan kuat,” kata MTZ saat dikonfirmasi, Jumat (10/3/2023), dikutip dari Tribun.

MTZ menilai, kedatangan Timnas Israel untuk bertanding di ajang Piala Dunia U-20 ini akan melukai hati masyarakat Indonesia. Sebab, menurutnya, sudah sejak dulu Indonesia tegas menolak segala bentuk penjajahan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  26  =  31