Connect with us

Techno

Soal SMS Spam, BRTI: Harusnya Pelanggan Punya Opsi Tak Dikirimi SMS

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akhirnya membuka suara perihal SMS penawaran atau iklan, yang kerap spamming kepada para pelanggan seluler.

BRTI I Ketut Prihadi Kresna menerangkan bahwa SMS spam bermacam rupanya, dari penawaran modal usaha, investasi, hingga penipuan.

Ia menambahkan, SMS yang dikirimkan oleh operator bisa terdiri atas, SMS yang tak terkait langsung dan yang terkait langsung dengan layanan yang dimiliki pelanggan. “Misalnya menawarkan paket data, kuota baru, top up, dan sebagainya. Untuk SMS sejenis ini, semestinya pengirimannya memperhatikan kenyamanan pelanggan, apakah mau menerima seperti ini,” tutut Ketut, Selasa (22/9).

“Operator seluler semestinya menyediakan opsi bagi pelanggan untuk tidak lagi menerima SMS, seperti yang biasa kita sebut opt-in dan opt-out,” ujarnya lagi.

“Jika pelanggan sudah memilih opsi opt-out, operator seluler tidak boleh lagi mengirimkan SMS sejenis,” tambahnya.

Baca juga : Konflik Netflix dan Telkom Kembali Mencuat

Diketahui, yang dimaksud opt-in ialah jika pelanggan tetap ingin dikirimkan SMS sejenis. Sementara itu, opt-out ialah pelanggan tidak lagi menginginkan SMS sejenis.

Sementara itu, SMS yang terkait langsung dengan layanan yang dimiliki pelanggan, contohnya yakni SMS yang mengingatkan bahwa masa berlaku kartu prabayar atau kuota paket data sudah hampir jatuh tempo. Mengenai pesan singkat ini, Ketut menilai, tujuannya untuk melindungi kepentingan pelanggan.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Techno

Platform Internet Sejatinya Bukan Menebar Kebodohan

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Jejaring media sosial kemungkinan bisa memperluas pendapat ‘orang-orang bodoh’. Demikian tutur Mantan Chief Executive Officer Google, Eric Schmidt.

Padahal, lanjutnya, tujuan platform internet bukan itu “Konteks dari jaringan sosial yang berfungsi memperkuat orang-orang ididot dan gila bukanlah yang kami inginkan,” kata Schmidt, dikutip dari Livemint.

Menurut laporan The Verge, pernyataan ‘kami’ itu merujuk pada seluruh industri teknologi yang dinilai gagal dan malah mempolarisasi politik di dunia, seperti di Facebook dan Twitter. Kendati demikian, masih ada yang berpendapat bahwa jejaring media sosial tak bisa disalahkan sepenuhnya.

Sebelumnya, YouTube dalam setahun terakhir telah berupaya mengatasi penyebaran disinformasi dan hoaks tentang Covid-19 serta politik Amerika Serikat (AS). Sementara, Facebook dan Twitter dikecam karena membolehkan penyebaran pesan rasis dan diskriminatif.

Baca juga : Google Maps Hadirkan Navigasi Untuk Pesepeda

Beberapa waktu lalu, pemerintah AS menggugat Google karena perusahaan ini dianggap telah melanggar Undang-Undang AntiTrust.

Mengenai hal tersebut, Schmidt mengatakan gugatan itu salah alamat. Sebab, menurutnya, yang harusnya dilakukan adalah memperbanyak regulasi di platform internet untuk tahun-tahun mendatang.

“Saya akan berhati-hati dengan argumen dominasi ini. Saya hanya tidak setuju dengan mereka. Pangsa pasar Google tidak 100 %,” terang Schmidt, ketika ditanya perihal gugatan terhadap Google.

Di tuntutan itu, pemerintah AS meminta Departemen Kehakiman untuk menyatakan Google telah melakukan praktik persaingan tidak sehat.

Untuk diketahui, selain masih memegang saham di Google, Schmidt juga mengendalikan YouTube. Pada 2006, ia memimpin pembelian YouTube dengan nilai US$1,65 miliar. Kendati demikian, ia tetap menjabat sebagai CEO Google hingga 2011 dan menjadi ketua eksekutif Alphabet hingga awal 2018.

(LH)

Continue Reading

Techno

Dukung UMKM, Aplikasi Grab Gelar Online Bazar

Published

on

By

Channel9.id-Surabaya. Aplikasi Grab menggelar Online Bazar yang akan memberikan promosi bagi 52.000 mitra UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress dan GrabKios di 16 kota, termasuk Surabaya.

Selain itu, Grab juga memperkenalkan fitur Ad Manager dalam aplikasi GrabMerchant. Ini sebuah layanan pembuatan iklan mandiri yang memberikan kemudahan bagi mitra merchant GrabFood untuk mengatur iklan pada produk mereka.

Selama pandemi, Grab telah memperkenalkan lebih dari 40 solusi yang membantu UMKM untuk bisa bertahan, dan hingga kini telah menyambut lebih dari 350.000 UMKM baru dalam aplikasi Grab di Indonesia.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, pihaknya terus berinovasi untuk membantu lebih banyak UMKM melalui program #TerusUsaha. “Hari ini kami meluncurkan 3 solusi baru untuk membantu UMKM beradaptasi dan dapat memasarkan produk mereka dengan lebih efektif,” katanya, Senin (26/10).

Baca juga : Google Maps Hadirkan Navigasi Untuk Pesepeda

Tiga solusi itu antara lain, Bazar #TerusUsaha. Ini merupakan promosi khusus bagi 52.000 mitra merchant UMKMGrabFood, GrabMart, GrabExpress dan GrabKios di 16 kota Indonesia. Daftar UMKM dalam aplikasi Grab pelanggan akan disesuaikan berdasarkan lokasi.

Lalu pembuatan Iklan Mandiri untuk Mitra Merchant GrabFood. “Kami harap segala upaya dan inisiatif yang kami lakukan dapat membantu pemulihan ekonomi, dan meningkatkan daya saing serta ketangguhan para UMKM,” tandas Neneng.

Riset yang dilakukan oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics pada Januari 2020 menyebut, Grab menawarkan peluang ekonomi yang lebih baik bagi pekerja informal di 12 kota.

Secara keseluruhan, pekerja informal dari platform Grab berkontribusi sebesar Rp77,4 triliun bagi ekonomi Indonesia pada 2019. “Mari terus mendukung UMKM dan perputaran ekonomi Indonesia,” tutup Neneng.

Continue Reading

Techno

Google Maps Hadirkan Navigasi Untuk Pesepeda

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Ada kabar bagi dari Google khusus untuk para pesepeda. Perusahaan raksasa ini baru memperbarui layanan navigasinya, Google Maps. Kali ini muncul fitur yang berkaitan dengan sepeda, olahraga yang selama pandemi Covid-19 ini sedang naik daun.

Sebelumnya, banyak permintaan yang mengalir ke perusahaan ini agar fitur untuk pesepeda hadir di Google Maps. Selama pandemi ini permintaan itu tersebut tumbuh 69%.

Akhirnya, Google mengabulkan permintaan itu dengan menghadirkan sejumlah fitur dan navigasi yang berguna untuk bersepeda dan bisa dimanfaatkan di sejumlah kota besar, dikutip dari GSM Arena (26/10).

Baca juga : Kejahatan Siber Mengintai, Pemilik Perangkat Harus Berhati-hati

Untuk fitur itu, Google memberdayakan teknologi algoritma kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), data crowsourced, dan data yang dikumpulkan dengan pemerintah kota setempat.

Namun, Google tak merinci kota-kota besar mana saja yang dimaksud. Meski demikian, selama di kota-kota besar itu pengguna bisa memilih navigasi yang bisa dilalui sepeda.

Tak hanya itu, Google Maps pun akan memberi informasi terkait layanan jasa sewa sepeda yang ada di kota-kota besar.

Untuk diketahui, penggunaan fitur sepeda ini seperti navigasi transportasi umum lain di Google Maps. Untuk di Indonesia, fitur ini belum tersedia. Namun ada kemungkinan segera hadir.

(LH)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC