Sosialisasi Migrasi Siaran TV Analog ke Digital Harus Digencarkan
Techno

Sosialisasi Migrasi Siaran TV Analog ke Digital Harus Digencarkan

Channel9.id-Jakarta. Analog Switch Off (ASO) atau migrasi siaran TV analog ke digital kian dekat. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau lembaga penyiaran untuk ikut menyosialisasikan tentang kepada masyarakat.

Untuk diketahui, ASO sendiri dibagi menjadi tiga tahapan, di mana tahap pertama segera dilakukan pada 30 April mendatang pada pukul 00.00 WIB. Sementara tahap kedua direncanakan pada 25 Agustus dan tahap terakhir di 2 November mendatang.

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika mendorong lembaga penyiaran ikut serta dalam mensosialisasikan adanya migrasi program ke siaran TV Digital kepada masyarakat. Hal ini Hal ini menyusul penghentian siaran TV analog yang akan dilakukan pada 30 April 2022 mendatang, tepat pukul 24.00 WIB.

“Kalau tidak (sosialisasi), bisa kehilangan penonton karena tidak mengetahui siaran atau programnya telah bermigrasi ke TV Digital,” pungkas Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widyastuti, Rabu (27/4).

Niken mengatakan bahwa salah satu cara untuk memikat penonton yaitu menampilkan konten unggulan di siaran TV digital.

Ia menambahkan peralih siaran TV analog ke digital juga akan memberi banyak manfaat. “Publik memperoleh penyiaran yang berkualitas. Bahasa sederhananya, siaran yang diterima masyarakat tidak ada lagi semutnya, dan tidak ada gangguan sinyal meskipun sedang hujan,” terangnya.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo Ismail juga mengimbau masyarakat agar segera beralih ke siaran TV digital. Caranya dengan melengkapi pesawat TV analog dengan Set Top Box (STB) atau mengganti TV tanpa menunggu batas akhir ASO 2 November nanti.

Lebih lanjut Ismail mengungkapkan saat ini infrastruktur multipleksing dan siaran digital sudah tersedia di 56 wilayah layanan siaran, yang mencakup 166 kabupaten dan kota sebagai lokasi implementasi tahap pertama.

“Di seluruh daerah yang telah dijadwalkan ASO tahap pertama, saat ini sudah terdapat siaran digital dan infrastruktur multipleksing yang dibutuhkan bagi setiap Lembaga Penyiaran untuk melakukan peralihan dari analog ke digital telah siap untuk mendukung ASO pada 30 April 2022 mendatang,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  6  =  15