Tanda-Tanda Kamu Harus Berhenti Diet
Lifestyle & Sport

Tanda-Tanda Kamu Harus Berhenti Diet

Channel9.id-Jakarta. Mestinya diet apa pun berbuah positif bagi kesehatan. Namun, selama kamu menjalani diet, kamu malah merasa terbebani. Kalau memang ini yang kamu rasa, artinya diet yang kamu jalani tak sehat dan sudah sebaiknya menghentikan diet.

Perlu kamu catat, sejatinya suatu metode diet tak selalu cocok untuk semua orang. Ini bergantung pada berbagai faktor, termasuk usia hingga kondisi medis.

Memangnya apa tanda bahwa kamu terbebani oleh metode diet yang kamu jalani? Lalu apa saja kondisi yang menunjukkan kalau diet sudah harus dihentikan? Untuk mengetahui lebih lanjut, coba simak penjelasan berikut ini.

1. Tak menikmati diet
Diet semestinya jadi bagian hidupmu, bukan sementara waktu. Oleh karenanya, diet diharapkan membuatmu lebih sehat dan bahagia. Sementara itu, kalau diet membuatmu tak bisa menikmati hidup, sebaiknya kamu hentikan diet. Namun, perlu dicatat, biasanya di awal diet, emosi seseorang cenderung negatif. Menurut penelitian, hal ini lazim terjadi.

2. Khawatir berat badan naik
Kalau timbangan membuatmu khawatir berlebihan, kamu mungkin perlu berhenti berdiet untuk sementara. Pada beberapa kasus, rasa takut akan bertambahnya berat badan juga bisa menjadi ciri awal anoreksia nervosa, yang membutuhkan penanganan erapis dan ahli gizi.

3. Terus kepikiran makanan yang harus dihindari
Kalau kamu terus memikirkan makanan yang tak boleh Kamu makan, sebaiknya hentikan diet dan sebaiknya ubah pola pikirmu. Sejatinya, hal ini memang sering terjadi pada awal diet. Namun, kalau terus-terusan begini, kamu bakal stres. Sementara itu, kamu seharusnya senang dan lebih sehat ketika pahami risiko makanan yang harus kamu hindari.

4. Terlalu banyak aturan
Ada diet yang aturannya sederhana, ada juga yang rumit. Diet yang mudah misalnya diet defisit kalori, di mana kamu cukup mengurangi kalori asupan. Sementara yang sulit, misalnya diet keto yang mengharuskan kamu mengonsumsi banyak lemak dan sedikit sekali karbohidrat. Kalau tak terbiasa, pola makan ini bisa menyebabkan sembelit, tekanan darah rendah, hingga kekurangan gizi.

Diet yang tepat dan sehat bakal memberi manfaat bagi kesehatan. Namun, bila diet malah membuatmu sengsara, kamu perlu mempertimbangkan untuk berhenti diet. Bagi tiap orang, waktu yang tepat untuk berhenti diet bisa berbeda. Adapun kuncinya yaitu ikuti tubuhmu. Kalau tubuh sudah menunjukkan gejala, baik dari segi fisik maupun psikologis.

5. Berat badan naik-turun
Berat badan yang naik-turun merupakan ciri diet tak sehat karena memberi efek yoyo. Kondisi ini membuatmu kesulitan menurunkan berat badan, bahkan berisiko membuatmu obesitas. Pasalnya, diet ini berpotensi meningkatkan lemak tubuh, khususnya pada perut. Adapun bertambahnya lemak perut bisa meningkatkan berbagai risiko kesehatan, seperti sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

6. Muncul masalah kesehatan
Diet seharusnya membuatmu lebih sehat dan bugar. Sementara itu, jika gangguan kesehatan muncul karena diet, kamu sebaiknya hentikan diet. Adapun gangguan yang mesti kamu waspada selama diet, antara lain: dehidrasi, tubuh lemah dan lesu, sakit kepala, mual, sembelit, serta kurangnya asupan vitamin dan mineral.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4  +  6  =