Nasional

Terima Gelar Dr HC, Megawati Soekarnoputri Bertemu Pimpinan Soka Gakkai International (SGI)

Channel9.id-Jakarta. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri diundang pimpinan Soka Gakkai International (SGI) untuk jamuan makan siang. Hal itu diselenggarakan sebelum Megawati menerima gelar doktor kehormatan (Honoris Causa) yang ke-9.

Pertemuan terjadi di Restoran Shibazakura, Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang (6/1). Wakil Presiden SGI, Hiromasa Ikeda menyambut langsung kedatangan Megawati. Hiromasa diutus langsung oleh Presiden SGI Daisaku Ikeda yang merupakan ayah kandung dari Wakil Presiden SGI tersebut.

Daisaku menugaskan Hiromasa lantaran Presiden SGI itu sudah tua yakni berusia 92 tahun. Di kesempatan itu pula, Hiromasa Ikeda membawa langsung pesan dan cindera mata dari Daisaku Ikeda untuk Megawati.

Tak hanya itu, Megawati juga menyerahkan bouquet bunga sambil menyampaikan pesan selamat ulang tahun untuk Daisaku yang baru ulang tahun pada 2 Januari. Hiromasa tampak kaget dan merasa gembira mendapat kejutan kecil dari putri Proklamator RI Bung Karno ini.

“Saya merasa gembira sekali bisa bertemu Yang Mulia Ibu Megawati,” ucap Hiromasa Ikeda ke Megawati.

Dalam kesempatan itu, Megawati didampingi menteri Kabinet Gotong Royong era Megawati pada periode 2001-2004 di antaranya eks Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, eks Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro.

Tidak hanya itu, Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah, dan politisi PDIP yang juga Ketua Komisi III DPR Herman Hery serta Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bambang Wibawarta turut hadir.

Wakil Rektor Universitas Soka, Tanaka Ryohei menambahkan semua bahagia atas kehadiran Megawati. Untuk diketahui, SGI menginduki Universitas Soka yang ada di Jepang dan Amerika. Soka Gakkai juga memiliki partai di Jepang bernama Partai Komeito. Partai Komeito berkoalisi dengan Partai Liberal Jepang (LDP) dan kedua partai tersebut saat ini adalah partai penguasa di Pemerintahan Jepang.

Soka Gakkai juga merupakan pergerakan agama Buddha Jepang yang didasarkan pada ajaran Nichiren, pendeta Jepang abad ke-13. Daisuke Ikeda merupakan presiden yang ketiga. Presiden pertama yakni Tsunesaburo Makiguchi, Presiden keduanya Jōsei Toda.

Megawati akan menerima gelar doktor Honoris Causa dari Universitas Soka, Tokyo pada Rabu (8/1). Megawati akan mendapat gelar kehormatan untuk bidang kemanusiaan. (vru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

68  +    =  76