TikTok Bikin Hub Alat Monetisasi dan Perluas Cara Cari Cuan di Platform
Techno

TikTok Bikin Hub Alat Monetisasi dan Perluas Cara Cari Cuan di Platform

Channel9.id-Jakarta. TikTok mengumumkan peluncuran “Creator Next”, yaitu hub untuk semua alat monetisasi platform. Perusahaan juga membeberkan sejumlah pembaruan fitur, dikutip dari The Verge (2/11). Salah satunya, perusahaan memperkenalkan fitur pemberian tip, yang memungkinkan pengguna mengirim uang langsung ke konten kreator favorit mereka.

Langkah itu merupakan upaya TikTok untuk membuat konten kreator betah di platform dan mencegah mereka berpaling ke platform lain—yang juga membayar mereka, seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan Snapchat.

Baca juga: TikTok Kini Tersedia di TV Android

Ketika TikTok baru berusia satu tahun di 2019 lalu, pengguna berupaya untuk menemukan cara untuk mendapat uang melalui aplikasi, selain mencari penawaran dan sponsor di luar aplikasi. Untuk itu, TikTok kemudian meluncurkan “Creator Fund” senilai $200 juta pada 2020 lalu, dan membagikannya sebagai penghargaan kepada para konten kreator populer di platform.

TikTok mulai menguji “Tips” sebagai cara lain bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang Oktober ini, tetapi sekarang tampaknya fitur tersebut tersedia untuk semua pembuat konten yang memenuhi syarat. Kualifikasinya termasuk harus berusia di atas 18 tahun, akun bereputasi baik, dan punya 100.000 pengikut atau lebih. TikTok mencatat bahwa konten kreator akan menerima 100% dari setiap tip, dan tip akan diproses melalui layanan pembayaran Stripe, dengan dikenakan sedikit biaya. Sebagaimana menurut TechCrunch, melalui Stripe, TikTok tak perlu membayar komisi 30% kepada Apple untuk pembelian dalam aplikasi.

Selain itu, TikTok juga memperluas fitur “Live Gifts” yang memungkinkan pemirsa memberi hadiah berlian—yakni uang virtual yang bisa ditukarkan dengan uang tunai—selama live streaming. TikTok sekarang memasukkan “Video Gifts” ke dalam campuran, yang memungkinkan pengguna untuk menyumbangkan berlian selama video reguler dan tak langsung. Sama seperti Tips, pembuat konten harus memiliki 100.000 pengikut atau lebih supaya bisa memenuhi syarat. Ini cukup berbeda dari “Live Gifts”, yang hanya mengharuskan kreator memiliki 1.000 pengikut atau lebih.

Kemudian TikTok juga memberi lebih banyak akses konten kreator ke “Creator Marketplace”—yaitu portal tempat konten kreator bisa menemukan dan berkolaborasi dengan mitra bisnis untuk mendapat uang melalui video bersponsor. Kini, untuk mengakses fitur ini, konten kreator membutuhkan 10.000 pengikut.

Semua alat ini, termasuk Creator Fund, Creator Marketplace, Live Gifts, Video Gifts, dan Tips, akan muncul di portal Creator Next. TikTok mencatat bahwa pembuat konten harus memenuhi persyaratan pengikut minimum, yang bervariasi tergantung pada wilayah, serta 1.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir untuk menggunakan Creator Next.

Fitur ini baru hadir di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol. Kemudian di beberapa bulan mendatang, fitur akan tersedia di Kanada dan Australia. Pun tak menutup kemungkinan akan hadir juga untuk wilayah lain yang lebih luas.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  35  =  38