Tips Atasi Pegal Saat Kerja
Lifestyle & Sport

Tips Atasi Pegal Saat Kerja

Channel9.id-Jakarta. Banyak pekerja kantoran yang harus duduk lama di belakang meja. Mereka biasa menghabiskan waktu seharian dengan duduk, dari pagi hingga sore. Kiranya mereka beranjak dari duduk ketika mencari makan saat istirahat saja.

Bagaimana denganmu? Kebiasaan itu nyaris pasti membuatmu pegal-pegal. Apalagi jika posisi dudukmu tak nyaman. Pasalnya, kelamaan duduk akan menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram penyusun tulang belakang. Imbasnya, leher-bahu hingga punggung bawa jadi tegang serta pegal-pegal.

Efek duduk lama itu bikin Kamu tak nyaman, bukan? Meski begitu, Kamu bisa mengatasi hal itu, salah satunya, dengan melakukan olahraga di sela-sela pekerjaanmu di kantor. Bagaimana caranya? Mari simak ulasan berikut.

1. Putar bahu
Coba gerakan bahumu. Duduklah dengan tegap, kemudian angkat kedua bahu setinggi telingamu. Tahanlah sebentar, dan lepaskan bahu ke posisi semula. Lakukanlah hal ini berkali-kali.

2. Putar badan
Coba juga putar badanmu. Kamu bisa memutarkan tubuh ke kanan dan ke kiri, sambil mempertahakan posisi tegap. Saat ke kiri, coba tahan beberapa detik. Demikian pula sebaliknya. Ulangilah hal ini beberapa kali.

3. Peregangan punggung
Coba duduk tegap di atas lantai dan selonjorkan kedua kaki ke depan. Lalu coba raih jari-jari kaki dan tahan hingga 30 detik. Lakukan hal ini secara bergantian, dari kaki kiri dan kaki kanan.

4. Peregangan kaki
Saat duduk di kursi, coba bersandar. Kemudian tariklah salah satu kaki, dan peluklah dengan tangan. Tahanlah posisi ini selama 10-30 detik. Ulangi untuk sisi satunya.

5. Peregangan badan atas
Coba duduk dengan tegap. Lalu ulurkan kedua tangan ke atas kepala dan luruskan. Kemudian miringkan tubuh bagian atas ke kiri, dan tahan posisi ini selama 10-30 detik. Ulangi untuk sisi lainnya.

6. Peregangan leher
Duduklah dengan tegap. Kemudian angkat tangan kanan ke atas kepala dan luruskan. Kemudian dengan tangan kanan tarik kepala ke arah bahu sampai terasa ada peregangan pada otot leher. Tahan pose selama 10-15 detik. Lakukan pula untuk sisi satunya.

7. Duduk dan berdiri
Kamu bisa bolak-balik ganti posisi dari duduk ke berdiri terus-menerus, tapi tanpa bantuan tangan. Dari posisi duduk, coba berdiri. Kemudian pelan-pelan kembali duduk tegak. Ulangilah hal ini 5—10 kali.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

32  +    =  34