Tips Supaya Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat di Musim Hujan
Lifestyle & Sport

Tips Supaya Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat di Musim Hujan

Channel9.id-Jakarta. Sebentar-sebentar cerah, tak lama kemudian hujan. Demikian cuaca di berbagai wilayah di Indonesia belakangan ini. Tampaknya memang saat ini kita mau memasuki musim penghujan.

Ketika musim hujan tiba, Kamu perlu melakukan hal ekstra supaya tubuhmu tetap sehat. Kenapa? Pasalnya, virus dan bakteri cenderung lebih mudah berkembang biak dan menyebar di saat udara lembab dan tak menentu seperti saat musim hujan. Hal inilah yang memperbesar peluang penyakit dari satu orang ke yang lainnya.

Adapun salah satu penyakit yang kerap menyerang saat musim hujan adalah pilek dan demam berdarah dengue (DBD). Belum lagi adanya kekhawatiran tertular virus COVID-19 yang bisa menular cepat, yang saat ini masih jadi pandemi.

Untuk mencegah tumbang dan jatuh sakit, Kamu harus menjaga kesehatan agar daya tahan tubuhmu yang kuat. Dengan begitu, Kamu bisa melawan infeksi bakteri dan virus. Nah, untuk itu, cobalah lalukan hal ini supaya kesehatanmu terjaga.

1. Mencuci tangan
Mengingat penularan bakteri dan virus begitu mudah melalui kontak fisik, Kamu tak boleh lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Cucilah tangan hingga bersih untuk mencegah penyebaran penyakit, terutama saat mau makan dan keluar dari toilet. Sementara itu, kalau sedang tak ada air, Kamu bisa menggunakan hand sanitizer.

2. Konsumsi makanan bernutrisi
Mengonsumsi makanan bernutrisi juga membantumu menjaga daya tahan tubuh. Tentunya ini sangat membantu saat musim hujan tiba. Oleh karenanya, pastikan Kamu rutin mengonsumsi sayur dan buah pada makanan agar daya tahan tubuhmu terjaga dengan baik.

Sementara itu, kalau Kamu kekurangan nutrisi seperti zat besi, zinc, asam folat, serta vitamin A, B6, C, dan E, daya tahan tubuhmu cenderung menurun dan Kamu jadi mudah terinfeksi penyakit.

3. Konsumsi vitamin C
Kekurangan vitamin C bisa meningkatan potensi infeksi penyakit. Oleh karenanya, pastikan asupan vitamin C harianmu tercukupi. Dengan begitu, daya tahan tubuhmu tetap kuat, serta mampu melawan infeksi penyakit seperti flu, batuk, dan pilek. Adapun kebutuhan vitamin C per hari orang dewasa ialah 90 mg. Kamu bisa memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi suplemen atau buah-buahan, seperti jambu biji dan jeruk.

4. Rutin olahraga
Cobalah olahraga dengan rutin meski sedang musim hujan. Kamu bisa berolahraga di dalam rumah. Aktivitas ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga daya tahan tubuh bisa bekerja sebagaimana mestinya. Bahkan, menurut studi, olahraga 20 menit bisa menstimulasi daya tahan tubuh dalam memproduksi respons anti peradangan.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  49  =  54