Utusan Khusus AS untuk Tanduk Afrika Akan Mengundurkan Diri
Internasional

Utusan Khusus AS untuk Tanduk Afrika Akan Mengundurkan Diri

Channel9.id-Afrika. Utusan Khusus Amerika Serikat untuk daerah Tanduk Afrika, Jeffrey Feltman, akan menyelesaikan masa jabatannya pada bulan ini setelah menjabat selama lebih dari sembilan bulan, Kamis (6/1/2022). Penggantinya adalah David Satterfield yang saat ini menjabat sebagai duta besar Turki.

Feltman, seorang diplomat veteran AS, mulai menjabat sejak April lalu dan langsung dihadapi dengan dua masalah besar – perang saudara Ethiopia dengan pasukan Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF) dan kudeta militer di Sudan pada bulan Oktober.

Berita pengunduran dirinya ini keluar sebelum ia berangkat ke Ethiopia untuk bertemu dengan pejabat pemerintah senior, rencananya ia akan membahas diskusi perdamaian dalam pertemuan tersebut. Upaya ini merupakan usaha AS untuk mengakhiri konflik disana.

Feltman, 62, mengakan kalau “jiwa mengabdinya” telah membuat ia kembali dari “pensiun sementaranya” setelah lebih dari 25 tahun sebagai diplomat AS ia sudah ditempatkan di PBB, Timur Tengah dan Afrika Utara.

Feltman mengambil jabatan itu dengan niatan hanya akan menjabat selama kurang dari setahun, ungkap seorang narasumber yang familiar dengan isu ini. Narasumber itu menambahkan kalau Satterfield akan meneruskan fokus AS, karena ketidakstabilan dan tantangan yang saling berhubungan di daerah tersebut.

Menlu AS menolak untuk memberikan komentarnya.

Juru bicara pemerintah Ethiopia, Legesse Tulu tak ingin memberikan komentarnya karena persoalan ini adalah masalah internal pemerintah AS.

Feltman telah menghadapi tantangan besar selama ia menjabat. Perang antara pemerintah Ethiopia dengan TPLF di daerah utara Tigray telah menyebabkan ribuan warga sipil meninggal dan jutaan lainnya terlantar. Konflik itu merupakan salah satu konflik paling berdarah di Afrika.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2  +  6  =