Cara Kembali Berenergi Tanpa Kopi
Lifestyle & Sport

Cara Kembali Berenergi Tanpa Kopi

Channel9.id-Jakarta. Saat suntuk melanda di sela-sela aktivitas, minum kopi kerap jadi pilihan guna mengembalikan konsentrasi dan menghilangkan kantuk. Bahkan secara keseluruhan, minum kopi akan membuatmu jadi lebih berenergi. Manfaat ini bisa didapat karena kopi punya kandungan kafein yang membikin otak jadi waspada.

Baca juga: Amankah Minum Sisa Kopi yang Sudah Ditinggal Beberapa Jam, Bahkan Harian?

Namun, tak semua orang bisa meminum kopi—mungkin karena kondisi medis seperti gangguan lambung atau karena tak suka rasanya. Kalau Kamu termasuk kategori ini, tenang saja. Minum kopi bukan satu-satunya cara untuk membangkitkan energi, kok. Sebab memang ada cara lainnya yang bisa Kamu coba, berikut ini di antaranya.

1. Tidur siang
Tidur merupakan cara terbaik untuk mengusir kantuk, terutama jika Kamu kurang tidur di malam harinya. Sleep Foundation mengatakan bahwa tidur siang 15—20 menit—atau disebut power nap, bisa meningkatkan kemampuan belajar, memperkuat memori, bahkan mengatur mood. Supaya manfaat ini didapat maksimal, cobalah tidur di waktu yang konsisten. Contohnya tidur di rentang pukul 1 hingga 3 siang. Kamu juga disarankan tidur siang di ruang yang sejuk dengan pencahayaan redup agar tidur lebih cepat dan pulas.

2. Tetap terhidrasi
Berbagai studi menunjukkan bahwa 75% otak manusia terdiri atas air. Oleh karena itu, dehidrasi sangat memengaruhi kinerja otak.

Adapun dehidrasi bisa mengganggu mood, memori, dan performa otak. Kemudian dalam jangka panjang, dehidrasi berisiko mengurangi kemampuan berpikir seseorang. Maka dari itu, penuhi kebutuhan cairan agar bisa mendukung fungsi otak. Diketahui, orang dewasa pada umumnya membutuhkan minimal dua liter ai atau delapan gelas per hari.

3. Makan protein
Protein dikenal sebagai zat pembangun tubuh. Struktur penting seperti enzim dan sebagian besar hormon terbuat dari protein. Sebagai contoh, protein menjadi komponen penting sel darah merah, yang bertugas mengangkut oksigen dalam sel darah merah. Sementara itu, kekurangan protein berisiko menyebabkan anemia, dan risiko ini semakin meningkat jika tubuh juga kekurangan zat besi.
Adapun protein bisa didapat dari protein bar, yoghurt, atau kacang kedelai.

4. Menghirup aromaterapi
Kamu bisa menggunakan essential oil atau lilin aromaterapi dan menaruhnya di meja kerja atau di tiap sudut ruangan untuk merasa berenergi. Aromaterapi seperti peppermint bisa mempertajam konsentrasi, mengurangi kelelahan, dan membuat tubuh lebih rileks. Bahkan bisa meningkatkan performa kerja sehingga Kamu jadi lebih produktif.

5. Rutin olahraga
Olahraga bisa memperlancar peredaran darah sehingga oksigen bisa mengalir ke seluruh bagian tubuh, terutama otak. Olahraga juga bermanfaat untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi stres. Dampak positif itu bisa bertambah jika olahraga di luar ruangan, mengingat paparan sinar matahari memicu pembentukan vitamin D dan menstimulasi produksi endorfin yang meningkatkan mood. Inilah yang kemudian pada akhirnya membuat tubuhmu jadi terasa lebih berenergi.

Nah, untuk kembali berenergi, tak harus minum kopi kan?

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  54  =  62