Connect with us

video

(Video) Sempat Positif Covid-19, Guru Ini Bikin Wayang Untuk Semangati Siswa dan Nakes

Published

on

Pasien pengidap Covid-19 harus diisolasi guna memutus rantai penularannya. Selama diisolasi, mereka harus absen dari kebiasaan sehari-hari, terutama aktivitas fisik

Channel9.id-Jakarta. Pasien pengidap Covid-19 harus diisolasi guna memutus rantai penularannya. Selama diisolasi, mereka harus absen dari kebiasaan sehari-hari, terutama aktivitas fisik yang berat. Mereka harus lebih banyak beristirahat agar segera pulih.

Tak jarang para pasien itu membagikan kisahnya melalui media sosial dalam memerangi Covid-19. Di antara kisah-kisah tersebut, ada satu yang unik, yaitu kisah pasien Covid-19 di RS Pertamina yang menyulap kotak makan bekasnya menjadi wayang.

Pada Selasa (23/2) lalu, kisah unik itu diunggah oleh akun TikTok @itsnatsir dan sempat viral di jagat maya. Video ini disukai lebih dari 75 ribu orang dan dikomentari ratusan orang per Senin (1/3) ini.

Melalui video tersebut, seorang petugas kesehatan berbagi cerita tentang pasien tersebut. “Jadi ini cerita seorang pasien yang bikin kita semakin semangat. Meski dirawat, bapak ini sangat kreatif. Dia bikin wayang dari bekas kotak makan tiap harinya,” tulis dalam video tersebut.

Selain itu, nampak pula tokoh pewayangan Pandawa Lima dalam wujud kertas tengah berjejer. Ada pula Semar, Petruk, hingga Bagong. Selain karya itu, ada kertas bertuliskan “terima kasih” dari pasien kepada para tenaga kesehatan.

Setelah ditelusuri, diketahui bahwa si pasien adalah guru mata pelajaran Antropologi, Sosiologi, dan Teater di HighScope Indonesia. Ia adalah Ahmad Zayad.

Zayad mengatakan bahwa dirinya memang selalu terpikirkan untuk membuat suatu karya ketika melihat barang bekas.

“Ini hal yang selalu saya kembangkan dan selalu saya jaga, saya selalu memanfaatkan barang-barang bekas di sekolah, di kelas Bahasa Indonesia,” tuturnya saat dihubungi Channel9, Jumat (26/2).

Prinsip itu pun berlaku saat ia melihat tutup kotak makan di tempat isolasi. “Karenanya, saya minta dibawakan beberapa alat dari rumah, seperti spidol, gunting, solatip, sumpit kayu, dan sebagainya,” sambung Zayad.

Dengan menggunakan alat yang tersedia, Zayad kemudian membikin wayang. Ia sendiri mengaku bahwa membikin wayang adalah salah satu cara ia mengajar.

“Sebelumnya, saya minta anak-anak untuk membuat wayang kertas. Saat saya membuatnya di tempat isolasi, itu menjadi sarana untuk pendekatan kepada anak-anak. Saya juga mencontohkan jalan ceritanya (wayang),” kata dia.

Hasil pelatihan dan pengalaman mengajar belasan tahun, membikin pria lulusan Universitas Negeri Jakarta ini sadar bahwa menjadi guru harus mampu mengatur waktu, alur, hingga kelas. Berangkat dari semangat ini, meski ia sedang tak mengajar karena sakit, ia ingin memotivasi siswa-siswanya agar tetap semangat.

“Saya ingin memberi contoh kepada anak-anak, meski saya sakit, saya bisa mengerjakan apa yang mereka kerjakan (wayang)—tetap bisa melakukan sesuatu. Saya ingin membuat mereka semangat,” tutur Zayad.

Selain itu, ia ingin pembuatan dan hasil karyanya bisa menyenangkan hati para relawan dan tenaga kesehatan di RS.

“Mungkin mereka juga jenuh dan sebagai macamnya. Saya mau coba lakukan hal kecil saja untuk mereka. Waktu itu orang pantry, saya dibawakan kotak kertas nasi. Saya mengaku senang. Itu memang hal simpel, namun mereka bisa saja senang karena sadar bahwa dirinya dinanti-nanti oleh pasien. Lalu saya tuliskan terima kasih kepada seluruh tim dokter dan kawan-kawan melalui kotak nasi,” tutur Pria dengan tiga anak ini.

Perihal bagaimana ia tertular, ia tak tahu pasti. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dirinya baru keluar dari RS pada 17 Februari, setelah 11 hari diisolasi. Sepulangnya dari RS, ia harus isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Saat ini, Zayad telah dinyatakan negatif dari Covid-19 dan masa isolasinya berakhir. Mulai Senin (1/3) ini, ia sudah mengajar dan tentunya secara daring. “Walaupun belum fit 100%,” imbuh Zayad.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

video

(Video) Gempa Susulan,Tempat Ibadah Rusak Parah

Published

on

By

Gempa Susulan,Tempat Ibadah Rusak Parah

Channel9.id-Malang. Gempa Bumi Susulan Berkekuatan 6,1 Magnitude Yang Mengguncang Wilayah Jawa Timur Mengakibatkan Sejumlah Bangunan Di Lumajang, Jawa Timur Rusak Parah, Tak Terkecuali Tempat Ibadah, Padahal. Di Desa Ini Saja Misalnya, Terdapat Dua Masjid Dan Tiga Mushollah Rusak Parah.

Masjid Yang Rusak Ini Berada Di Dusun Ibu Raja, Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Lumajang. Bangunan Masjid Yang Baru Dibangun Sejak Tiga Bulan Hancur Lalu Ini Harus Luluh Lantah Akibat Guncangan Gempa Bumi Berkekuatan 6,1 Magnitude.

Lihat juga : (Video) Gempa Berkekuatan 6,7 Magnitudo Guncang Lumajang

Tidak Hanya Masjid Nurul Hidayah, Masjid Al Huda Di Dusun Yang Sama Juga Rata Dengan Tanah.
Akibatnya, Ratusan Warga Di Dusun Ini Pun Kesulitan Melakukan Ibadah Berjamaah, Apalagi, Bulan Ramadhan Sebentar Lagi Tiba.

Susanto Takmir Masjid Warga Bersama Berencana Akan Mendirikan Masjid Darurat Dari Tenda Dan Alas Seadanya, Untuk Persiapan Sholat Tarawih Mendatang, ungkapnya.

Data Terkini Dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB Gempa Sabtu Lalu Menyebabkan 915 Bangunan Di Lumajang Rusak, 85 Diantaranya Rusak Berat. Kerusakan Juga Dialami Fasilitas Umum Termasuk Tempat Ibadah.

Continue Reading

video

(Video) Gempa Berkekuatan 6,7 Magnitudo Guncang Lumajang

Published

on

By

(Video) Gempa Berkekuatan 6,7 Magnitudo Guncang Lumajang

Channel9.id-Lumajang. Gempa berkekuatan 6,7 magnitudo yang terjadi di laut selatan, barat daya Malang, mengakibatkan sejumlah rumah di empat kecamatan dilaporkan roboh. Bahkan, selain rumah, gempa juga mengakibatkan longsor di jalur perbukitan piket nol. kini tim reaksi cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, atau (BPBD) Lumajang diterjunkan untuk memastikan dampak gempa ini, sabtu siang (10/04/2021).

Terjadi kepanikan warga Lumajang di salah satu pusat perbelanjaan saat terjadi gempa bumi berkekuatan 6,7 Skala Ricter, di laut selatan barat daya Malang – Lumajang.

Data dari laman badan Meteorology, Klimatologi dan Geofisika atau (BMKG) menyatakan pusat gempa ini berada laut selatan, barat daya malang, dengan kedalaman 25 kilo meter, 8,95 lintang selatan dan 112,48 bujur timur, pada pukul 14.00. 15 detik.

Akibatnya, sejumlah rumah warga di empat kecamatan di Lumajang rusak parah, bahkan, sebagian lagi rata dengan tanah. yakni di kecamatan Pronojiwo, kecamatan Candipuro, kecamatan Pasrujambe dan kecamatan Tempursari.

Selain berdampak pada rumah, tebing setinggi lebih dari lima meter di jalur perbukitan piket nol, desa Sumberwuluh, kecamatan Candipuro Lumajang, longsor.

Wawan hadi siswoyo, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang

Kini tim reaksi cepat dari badan penanggulangan bencana daerah atau BPBD Lumajang diterjunkan untuk melakukan asesment soal dampak material dan korban jiwa ungkapnya.

Continue Reading

video

(Video) Ayo Wisata Bahari di Pulau Putri, Kepulauan Seribu

Published

on

By

Ayo Wisata Bahari di Pulau Putri (Kepulauan Seribu

Channel9.id-Jakarta. Tak perlu jauh untuk melepas kepenataan kota Jakarta. Pulau Putri Kepulauan Seribu bisa jadi pilihan.

Sabtu pagi kami sudah bersiap perjalanan sekitar satu setengah jam saat laut perairan teluk Jakarta sedang bersahabat. Kapal  boat melaju dari Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara, segera aroma laut dengan pemandangan pulau-pulau menghiasi tiap sudut pandang.

Tujuan kami, Pulau Putri Kabupaten Kepulauan Seribu. Perlahan boat kami mendekat dermaga, kami berombongan bersama Tim Master Selam kali ini membawa peserta training untuk advanced open water diver.

Di Pulau Putri, semua peralatan selam cukup dan snorkling tersedia. Beberapa spot scuba diving berada tak jauh dari Pulau Putri, seperti di Matahari Island dan Papateo Rec Island. Jika hanya snorkling pemandangan bawah laut yang jernih dengan karang dan tarian ikan warna-warni di sekitar dermaga cukup memanjakan mata.

Jika tak ikut menyelam, istirahat di resort yang asri dapat mengusir kepenataan Jakarta. Suara merdu burung liar seperti jalak, kepodang, juga ada biawak besar yang jinak.

Jika sore rombongan bisa keliling kepulauan. Dari atas dek King Fisher anda bisa menikmati sunset nan menawan. Selamat menikmati akhir pekan, tak perlu jauh-jauh dengan ongkos masih terjangkau, apalagi membawa serta keluarga.

Continue Reading

HOT TOPIC