Wajib Perhatikan Hal Ini Kalau Mau Olahraga Ketika Puasa
Lifestyle & Sport

Wajib Perhatikan Hal Ini Kalau Mau Olahraga Ketika Puasa

Channel9.id-Jakarta. Alih-alih bikin lemas dan lesu, olahraga saat berpuasa justru malah bikin tubuh bugar dan sehat, lo. Mungkin ini sulit dipercaya, namun hasil berbagai penelitian telah membuktikan demikian. Meski begitu, kalau Kamu memang ingin berolahraga saat berpuasa, ada sejumlah hal yang mesti Kamu perhatikan. Nah, apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Makan dan minum sehat
Selama berpuasa, Kamu hanya punya waktu makan saat buka puasa dan sahur. Sebaiknya Kamu tak makan secara berlebihan, pun tak juga terlalu sedikit. Lalu pastikan pula menu makanmu mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh. Nutrisi ini diperlukan untuk mempertahankan energi selama olahraga hingga membantu memulihkan serta memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika olahraga.

2. Cukupi kebutuhan cairan
Tubuh berisiko mengalami dehidrasi kalau kekurangan cairan. Lebih-lebih bila saat cuaca sedang panas dan sedang berpuasa, di mana Kamu tak boleh minum. Untuk mencegah hal ini, para ahli menyarankan untuk memenuhi asupan cairan paling tidak 1,5-2 liter per hari. Selain itu, sebaiknya batasi pula aktivitas fisik di siang hari.

3. Waktu tepat untuk olahraga
Kamu tak disarankan berolahraga pada siang hari. Pasalnya, Kamu masih jauh dari waktu untuk mengembalikan energi dan cairan yang hilang karena berolahraga. Nah, hal ini dikhawatirkan membuatmu dehidrasi.

Maka dari itu, Kamu disarankan untuk berolahraga sekitar 1 jam menjelang buka puasa. Waktu ini disarankan karena mendekati waktu makan, sehingga tubuh bisa segera mendapat asupan energi kembali. Atau, Kamu bisa berolahraga minimal 2 jam setelah buka puasa, setelah tubuh mendapat energi dari makanan dan minuman.

4. Pilih olahraga intensitas ringan-sedang
Kamu disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan atau sedang. Misalnya berjalan, jogging, dan bersepeda. Kamu juga boleh melakukan olahraga yang biasa Kamu lakukan di hari normal, kalau Kamu sanggup.

5. Tidur cukup
Hal yang tak kalah penting ialah waktu dan kualitas tidurmu. Selama berpuasa, pola tidur memang terganggu karena harus bangun dini hari untuk sahur. Nah, paling tidak, Kamu bisa tidur minimal 4 jam semalam. Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidur siang selama 20-30 menit, tidak lebih. Menjaga ritme ini membantu tubuhmu tetap berenergi sehingga Kamu punya cukup energi untuk berolahraga. Sementara itu, kekurangan atau kelebihan tidur bisa membuat tubuh jadi lesu dan lemas.

Terlepas dari semua hal itu, Kamu harus mengenali tubuhmu sendiri. Pasalnya, setiap orang memiliki kebugaran fisik yang berbeda. Ada yang sanggup berolahraga selama puasa, ada pula yang tidak. Nah, kalau Kamu bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5  +  5  =