Yusron Ihza Mahendra Dianugerahi Bintang Jasa oleh Kaisar Jepang
Nasional

Yusron Ihza Mahendra Dianugerahi Bintang Jasa oleh Kaisar Jepang

Channel9.id-Jakarta. Duta Besar RI untuk Jepang periode 2013-2016 Yusron Ihza Mahendra dianugerahi bintang jasa “Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star” dari Kaisar Jepang Naruhito, Selasa (10/5). Penghargaan ini diberikan kepada Yusron lantaran dirinya dianggap berjasa pada hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang.

“Saya merasa gembira sekali mendapat anugerah bintang jasa ini langsung dari Kaisar Jepang,” ujar Yusron saat konferensi pers daring. Ia menambahkan bahwa penganugerahaan ini melengkapi catatan sejarah hidupnya yang sudah berkiprah di Jepang sejak 1990-an.

Untuk diketahui, Yusron mengenyam studi magister dan doktoralnya di Universitas Tsukuba Jepang pada 1991 hingga 1998. Selanjutnya, ia sempat bekerja sebagai koresponden dan kepala perwakilan surat kabar Kompas, serta pengamat ekonomi Asia Timur untuk stasiun TV NHK. Ia pun pernah menjadi Konsultan Politik Departemen Kehakiman Jepang. Kemudian di periode 2013 hingga 2016, ia menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia.

“Mungkin karena itu (kiprah di Jepang) saya mendapat bintang jasa ini. Jadi, saya tidak tiba-tiba diberikan penghargaan bintang jasa karena sjearah ini panjang,” imbuh Yusron.

“Makna dari bintang jasa ini adalah kepercayaan dan pengakuan saya sebagai putra bangsa indonesia yang diakui oleh Jepang,” katanya. Ia berharap, ke depannya, ia bisa berkontribusi lebih banyak lagi untuk hubungan kedua negara. “Saya juga berharap bintang jasa ini bisa menjadi pendorong bagi Indonesia untuk berlomba-lomba dalam berkarya, yang pada akhirnya akan berujung pada prestasi, termasuk penghargaan bintang jasa ini.”

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menuturkan bahwa pemberian penghargaan ini menunjukkan adanya hubungan saling percaya antara dua bangsa dan dua negara. “Semakin banyak penghargaan, maka misi untuk mempromosikan persahabatan kedua negara bakal lebih mudah,” tambahnya.

“Selain itu, saya kira, upaya untuk mempertahankan hubungan kedua negara akan lebih kuat kalau dukungan rakyat antardua negara juga lebih baik,” lanjut Heri.

Sebagai informasi, selain Yusron, ada dua tokoh Indonesia lainnya yang mendapat penghargaan dari Kaisar Jepang Naruhito. Mereka adalah Sri Sultan Hamengkubuwono X yang mendapat penghargaan serupa dengan Yusron, dan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mendapat “Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.”

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  1  =  3