Alasan Ngemil Itu Perlu!
Lifestyle & Sport

Alasan Ngemil Itu Perlu!

Channel9.id-Jakarta. Siapa bilang ngemil itu haram bagi para pejuang diet? Kamu perlu tahu, ngemil tak selalu buruk. Kamu bahkan disarankan untuk ngemil setiap hari.

Meski begitu, ada hal yang mesti Kamu catat: harus ngemil sehat. Nah, jangan sembarangan pilih camilan. Pilihlah camilan yang sehat, yang kaya akan protein dan serat, yang bisa menunda lapar sekaligus menyehatkan. Alih-alih bikin gemuk, camilan ini justru membantu berat badanmu tetap terjaga, lo.

Baca juga: Tips Sehat Ngemil Makanan Ringan dalam Kemasan

Selagi Kamu ngemil secara sehat, ada sejumlah manfaat lain yang bisa Kamu dapat, lo. Berikut ini di antaranya.

1. Mengurangi perut keroncongan
Organ pencernaan terus bekerja meski perut kosong. Di saat perut kosong, biasanya perut akan bersuara atau keroncongan—yang kerap kali membikin malu ketika di depan umum. Untuk mengakali hal ini, Kamu disarankan ngemil, terutama di saat jam ke makan besar masih jauh. Ingat, pilihlah camilan yang sehat, ya!

2. Tunda lapar
Ngemil sehat membantu menunda rasa lapar di luar jam makan. Ini karena ngemil mengisi perutmu yang kosong sehingga rasa lapar bisa ditunda hingga jam makan tiba.

Selain itu, ngemil memungkinkan Kamu mengontrol porsi makan karena perut tak terlalu lapar. Ini tentu membantu program dietmu. Disadari atau tidak, saat sangat lapar, Kamu jadi cenderung lebih banyak makan. Ini berpotensi menggagalkan dietmu, lo.

3. Bantu penuhi kebutuhan nutrisi
Ngemil sehat juga memungkinkan Kamu mendapat gizi yang diperlukan atau gizi tambahan. Misalnya, ngemil buah-buahan membuat tubuhmu mendapat sejumlah vitamin dan mineral.

4. Stabilkan gula darah
Ngemil sehat akan membantu kadar gula darahmu tetap stabil. Sebab camilan bisa mencegah penurunan kadar gula darah terlalu banyak, sebelum jam makan tiba. Untuk mendapat manfaat ini, pilihlah camilan dengan serat dan protein yang tinggi karena camilan ini lebih lambat dicerna, sehingga bisa mencegah ketidakseimbangan kadar gula darah.

5. Percepat pemulihan setelah berolahraga
Ngemil juga bisa memulihkan energi bagi mereka yang baru selesai olahraga. Jika pilihan camilannya sehat, energi dan pemulihan otot bisa terjadi lebih cepat. Adapun camilan yang direkomendasikan setelah olahraga ialah karbohidrat yang diperkaya dengan protein, seperti apel dan keju.

Itulah sejumlah manfaat ngemil sehat. Nah, saat memilih camilan, pastikanlah untuk selalu membaca informasi nilai gizi pada label makanan. Pilih camilan sehat dengan kalori yang bisa memuaskan tubuh, rendah lemak, dan tinggi serat atau banyak air. Atau, Kamu bisa pilih buah, sayuran, dan makanan ringan gandum. Dengan pilihan camilan ini, perutmu bisa merasa kenyang lebih lama dan manfaat dari kebiasaan ini pun bisa diperoleh.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64  +    =  70