Alasan Tidur Siang Jangan Terlalu Lama dan Tak Boleh Dilakukan Berkali-Kali
Lifestyle & Sport

Alasan Tidur Siang Jangan Terlalu Lama dan Tak Boleh Dilakukan Berkali-Kali

Channel9.id-Jakarta. Akhir pekan memang waktu yang tepat untuk beristirahat. Tak heran bila waktu ini diisi dengan tidur siang, yakni sebuah momen yang sulit didapatkan saat hari kerja. Nah, saat momen ini bisa didapatkan, entah karena terlalu capek, tak ada kerjaan, atau apa pun itu, ada saja orang yang sengaja tidur siang seharian di akhir pekan. Mungkin Kamu salah satunya. Jadi, tak lama setelah bangun tidur siang, Kamu malah tidur lagi. Hal ini dilakukan beberapa kali hingga sore tiba. Nah, apakah hal ini boleh dan aman dilakukan?

Sejatinya, tidur siang bermanfaat bagi tubuh. Aktivitas ini bakal membuat Kamu lebih segar dan bugar, serta meningkatkan fokus. Bahkan memperbaiki suasana hati. Sayangnya, tidur siang kelamaan atau berkali-kali justru malah menjauhkanmu dari manfaat ini dan memberi efek yang kurang baik.

Baca juga: Pusing atau Sakit Kepala Saat Bangun Tidur Siang? Mungkin Ini Sebabnya

Apalagi kalau hal ini sudah menjadi kebiasaanmu. Jika durasi tidur siangmu terlalu lama, misalnya lebih dari satu jam, Kamu bisa mengalami inersia tidur—yakni tidak nyaman setelah bangun dari tidur nyenyak.

Selain itu, Kamu juga bakal susah tidur pada malam harinya. Jika Kamu mengalami insomnia, tidur siang yang terlalu lama bisa membuatmu makin sulit tidur.

Bahkan, menurut penelitian, tidur siang terlalu lama berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian ini menyebutkan bahwa tidur siang lebih dari 1 jam bisa meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung. Namun selain kebiasaan tidur, faktor lain seperti usia seseorang dan kesehatan tubuh secara keseluruhan juga turut andil sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Maka dari itu, Kamu sebaiknya tidur siang dengan waktu yang cukup saja yakni 20-30 menit saja sehari—sebagaimana dilansir dari National Sleep Foundation. Dengan begitu, Kamu bisa mendapat manfaat tidur siang secara optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  46  =  54