Pusing atau Sakit Kepala Saat Bangun Tidur Siang? Mungkin Ini Sebabnya
Lifestyle & Sport

Pusing atau Sakit Kepala Saat Bangun Tidur Siang? Mungkin Ini Sebabnya

Channel9.id-Jakarta. Kamu mungkin baru bangun tidur siang. Namun, alih-alih segar dan bugar, Kamu malah pusing dan sakit kepala. Waduh, padahal masih ada pekerjaan yang harus Kamu selesaikan. Pada ujungnya, Kamu jadi harus minum obat pereda sakit karena pusing dan sakit kepala mengganggu produktivitasmu.

Ketimbang mengatasi masalah itu, lebih baik Kamu mencegahnya dengan mencari tahu penyebab pusing atau sakit kepala datang setelah bangun tidur siang. Dengan begitu, Kamu tak perlu merasa repot saat sedang bekerja. Nah, coba simak penjelasan berikut ini, yang mungkin menjadi penyebab pusing dan sakit kepala saat bangun tidur siang.

1. Gangguan pernapasan
Salah satu penyebab pusing dan sakit kepala setelah tidur siang yaitu gangguan pernapasan. Gangguan ini ditandai dengan kebiasaan mendengkur selama tidur. Adapun mendengkur menjadi salah satu tanda sleep apnea. Sleepa apnea menyebabkan otot belakang tenggorokan mengendur, saluran pernapasan menyempit dan menutup saat bernapas. Ini bisa menurunkan kadar oksigen dalam tubuh, sehingga kadar oksigen yang dibawa darah ke otak juga menurun. Inilah yang membuat seseorang pusing ketika bangun tidur.

Bukan hanya sleep apne, penyakit pernapasan lainnya seperti TBC, emfisema, dan penyakit paru lainnya juga bisa memberi efek yang sama ketika bangun tidur. Kamu sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter.

2. Kebiasaan menggertakkan gigi
Kebiasaan ini terjadi tanpa disadari, dan sering dilakukan oleh orang yang punya gangguan tidur seperti sleep apnea. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit kepala. Ini karena menggertakan gigi bisa menyebabkan otot pipi, dagu, hingga pelipis tertarik lebih dari biasanya dan kaku, yang pada akhirnya bisa membikin sakit kepala.

3. Salah bantal
Salah pilih atau meletakkan bantal juga akan menyebabkan sakit kepala. Misalnya, jika bantal terlalu keras, otot leher bisa tegang hingga terasa pegal dan sakit, yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Maka dari itu, pilihlah bantal yang bisa menopang kepala dan leher dengan nyaman.

4. Kurang tidur
Kurang tidur di malam hari pun akan menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur. Ini karena tidur malam yang kurang tak bisa digantikan oleh tidur siang. Namun, di lain sisi, tubuhmu masih membutuhkan istirahat yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3  +  5  =