Connect with us

Politik

Anggota Komisi V DPR Bambang Suryadi Meninggal Dunia

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Bambang Suryadi meninggal dunia, Senin 4 Januari 2021. Bambang meninggal pukul 03.40 WIB di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menyampaikan, Bambang meninggal dunia usia positif Covid-19. Bambang juga memiliki penyakit bawaan lainnya alias komorbid.

“Kena Covid-19, tapi ada bawaan penyakit lain,” kata Sudin, Senin 4 Januari 2021.

Diketahui Bambang Suryadi adalah anggota DPR 2019-2024 yang terpilih dari Daerah Pemilihan Lampung II. Sebelum menjadi angota DPR, dia tercatat pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah lalu menjadi anggota DPRD Lampung.

(HY)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Irwan Ardi Hasman Dilantik, Resmi Gantikan Ariza Sebagai Anggota DPR

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. DPR melantik anggota pengganti antarwaktu (PAW) Irwan Ardi Hasman untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Irwan menggantikan Ahmad Riza Patria (Ariza) yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Irwan Ardi Hasman dari Fraksi Partai Gerindra daerah pemilihan Jawa Barat III, menggantikan Ahmad Riza Patria,” kata Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin rapat paripurna ke 12 masa sidang III tahun sidang 2020-2021 yang disiarkan langsung YouTube DPR RI, Kamis (21/1).

Saat upacara pelantikan, Irwan Ardi bersumpah akan menjalankan kewajibannya sebagai anggota DPR. Sumpah tersebut dilakukan dengan tata cara agama Islam.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota dewan perwakilan rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945,” ujar Irwan.

Baca juga: Dirotasi dari Komisi IX DPR RI, Ribka: Lucu Juga Dokter Urus Minyak 

Dalam sesi pemberian sumpah tersebut, Irwan mengatakan akan mengutamakan kepentingan bangsa dan di negara, dari pada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan.

“Bahwa saya akan memperjuangankan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Ahmad Riza Patria mundur dari jabatannya sebagai anggota DPR karena terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia dilantik secara langsung oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada Rabu 15 April 2020.

Riza menduduki kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah Sandiaga Uno mundur pada Agustus 2018 lalu. Kala itu, Sandiaga Uno mundur untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2019.

IG

Continue Reading

Politik

DPR: Hoaks Vaksin Covid-19 Meresahkan Masyarakat

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menilai, hoaks mengenai vaksin Covid-19 sangat menganggu dan bisa menimbulkan keresahan di masyarakat. Karena itu, dia meminta penegak hukum khususnya polisi menangkap penyebar hoaks karena meresahkan masyarakat.

“Hoaks seperti ini mengganggu dan bisa menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Kami menyayangkan masih ada saja orang-orang yang menyebarkan hoaks atau berita bohong di tengah upaya keras yang dijalankan pemerintah untuk menanggulangi dampak pandemi Covid,” ujar Christina, Kamis 21 Januari 2021.

Christina mengaku sering mendapat pertanyaan dari masyarakat yang khawatir dengan akibat yang akan dialami jika menerima vaksin. Masyarakat resah karena banyak informasi bohong beredar di media sosial.

“Kondisi seperti ini tentu tidak ideal di saat pemerintah berjuang mengerem penyebaran Covid-19 melalui program vaksinasi,” katanya.

Baca juga: Platform Jejaring SOsial Gencar Tangkal Hoaks dengan Fitur Baru   

Terlebih, menurut Christina, situasi yang saat ini dialami sangat serius. Kapasitas fasilitas kesehatan, terutama ICU, di beberapa daerah sudah mendekati 100%. Kasus positif Covid-19 secara nasional sudah mencapai 939.948, per Rabu, 20 Januari.

Karena itu, vaksin merupakan salah satu cara untuk meredam lonjakan kasus itu.

“Kami di Komisi I tahu pasti pemerintah berupaya keras menjalankan upaya diplomasi untuk memastikan ketersediaan vaksin bagi masyarakat,” tuturnya.

Dia pun menghimbau supaya masyarakat mendukung upaya yang dijalankan pemerintah. Seluruh elemen bangsa perlu bersama-sama melakukan segala daya upaya menghadapi situasi sulit ini.

“Jangan mudah percaya informasi yang belum jelas kebenarannya, cek dan kroscek ke otoritas yang mumpuni,” ujar Christina.

Dalam hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) cukup aktif menurunkan berita hoaks dan memberikan klarifikasi. Klarifikasi tersebut bisa diamplifikasi agar dapat menjangkau lebih banyak masyarakat. Namun di sisi penegakan hukum, polisi juga harus bergerak.

“Ada baiknya aparat penegak hukum memproses kasus hoaks hingga masuk pengadilan dan berkekuatan hukum tetap agar dapat menjadi pembelajaran yang mencerahkan bagi setiap orang untuk tidak melakukan penyebaran berita bohong yang bisa menimbulkan keresahan publik,” kata Christina.

HY

Continue Reading

Politik

Dirotasi dari Komisi IX DPR RI, Ribka: Lucu Juga dokter Urus Minyak

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Ribka Tjiptaning mendadak dirotasi dari Komisi IX DPR RI. Menguat isu, jika kepindahan Ribka tak lepas dari komentar pedasnya soal vaksin. Politikus PDIP itu secara terbuka tak mau divaksin. Mantan Ketua Komisi IX itu justru rela membayar denda ketimbang disuntik vaksin.

Ia kini tak lagi menjadi legislator di bidang Kesehatan, Ketenagakerjaan, dan Kependudukan. Ribka yang berlatar dokter itu kini dipindahkan ke Komisi VII untuk bidang Energi, Riset & Teknologi.

Lantas, apa tanggapan Mbak Ning, sapaan karibnya, usai dipindah komisi?

“Komen saya? Lucu juga dokter urus minyak. Harus belajar nih,” kata Ribka, saat dimintai tanggapan oleh wartawan, pada Selasa (19/1), seperti dilasir Kumparan.

Baca juga: Ribka Tjiptaning Dirotasi, PDIP: Lakukan Retrospeksi dan Introspeksi

Ditanya lebih jauh perihal spekulasi kepindahannya lantaran menolak divaksin, Ribka menolak berkomentar banyak.

“Tanya ke yang mindahin saya, pimpinan fraksi. Jangan (tanya) saya,” balas Ribka.

Selain Ribka ada sejumlah nama yang juga dirotasi Fraksi PDIP. Mereka antara lain: Ihsan Yunus dari pimpinan Komisi VIII menjadi anggota Komisi II, lalu Johan Budi dari Komisi II ke Komisi III. Lalu ada Marinus Gea dari Komisi III ke Komisi XI, dan Gilang Dhielafararez dari Komisi VI ke Komisi III.

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC