Connect with us

Politik

Banjir Jakarta, Sekjen PDIP: Menteri PUPR Saja Marah dengan Anies

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai banjir di Jakarta semakin parah karena ada asumsi keliru yang disampaikan Gubernur DKI Anies Baswedan soal air akan selalu masuk ke bumi.

Selain itu, Hasto menyebut bahwa Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono bahkan sempat marah-marah karena sulit bekerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menangani banjir Jakarta.

“Pak Basuki, Menteri PU pun sampai marah-marah karena betapa sulitnya bekerja sama dengan pemimpin DKI tersebut,” kata Hasto saat sebelum memulai acara Program Gerakan Penghijauan dan Bersih-Bersih Daerah Aliran Sungai (DAS), Cinta Ciliwung Bersih, di Waduk Cincin, Jakarta Utara, Minggu (21/2).

Karena menurut Hasto, banjir sangat merugikan warga. Dia pun bisa merasakan bagaimana kerugian warga yang terdampak banjir.

Pasalnya, kediaman Hasto di Villa Taman Kartini, Bekasi, pun ikut kebanjiran. Ini sudah tahun ketiga dia merasakan kebanjiran.

“Selain lumpur di mana-mana, barang rusak, yang paling membuat khawatir adalah ular sering terbawa. Selain itu kecoa ada dimana-mana. Tempat menjadi terasa kumuh dan tentu saja ancaman penyakit,” ucap Hasto.

“Jadi saya bisa merasakan betapa susahnya warga Jakarta yang sering terdampak banjir,” sambungnya.

Hasto mengatakan banjir di Jakarta adalah persoalan manajemen, persoalan tata ruang, dan persoalan keberanian mengambil keputusan.

Hasto mengaku pihaknya belajar dari apa yang terjadi di Jakarta. Karena itulah, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, kata dia, meminta agar jajaran partai sering bertemu dengan pihak BMKG untuk memberikan orientasi yang menyeluruh tentang perubahan iklim.

Dengan langkah itu diharapkan muncul kesadaran terhadap perubahan iklim tersebut, dampaknya terhadap kenaikan muka air laut, yang ujungnya mempengaruhi politik tata ruang hingga politik pertanian.

“Itu harus betul-betul memperhatikan aspek cuaca tersebut. Ini yang kemudian kepala daerah PDI Perjuangan, karena mendapat kesempatan yang begitu luas untuk membahas aspek-aspek lingkungan, maka juga otomatis terbangun suatu kultur untuk merawat lingkungan dengan baik,” ujarnya.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

KLB Demokrat Deli Serdang: Moeldoko Ketum Partai Demokrat

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kepala staf kepresidenan Moeldoko resmi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat, versi Kongres Luar Biasa atau KLB Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3). KLB Partai Demokrat juga memutuskan secara aklamasi bahwa Marzuki Alie menjadi Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.

Dalam sidang pleno KLB Partai Demokrat di The Hill Hotel and Resort Sibolangit, Jumat siang, Moeldoko didaulat menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021 – 2025 menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono.

Keputusan itu dibacakan oleh pemimpin sidang pleno KLB Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun.

“Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, menetapkan Jenderal (Purn) DR Moeldoko sebagai Ketua Umum DPP Demokrat hasil kongres luar biasa periode 2021-2025,” kata Jhoni Allen Marbun membacakan hasil siding, dilansir Suara.com.

Baca juga: KLB Bentrok, DPC PD Medan: Tidak Begini Kalau Pemerintah Proaktif 

Peserta KLB awalnya mengusulkan dua nama sebagai calon ketua umum, yakni Marzuki Alie dan nama Moeldoko.

Namun, Marzuki Alie mengundurkan diri dan dengan demikian secara otomatis menyatakan Moeldoko sebagai calon tunggal dan dinyatakan sebagai Ketua Umum DPP Partai Demorat hasil kongres luar biasa.

Sementara itu, Marzuki Alie ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Periode 2021-2025.

Moeldoko melalui sambungan telepon, mengatakan berterimakasih telah memilih dan mempercayakannya sebagai Ketua Umum DPP Partai Demorat.

“Saya berterimakasih, tapi sebelumnya ada beberapa pertanyaan saya kepada peserta forum, apakah pemilihan di kongres sudah dilakukan sesuai AD/ART partai?” kata Moeldoko yang disambut sorakan peserta forum.

Moeldoko juga menanyakan komitmen para kader dalam membesarkan partai. Dia berharap seluruh kader bersama-sama bahu membahu dalam situasi pandemi Covid-19.

“Apakah kalian siap membangun partai dan memegang teguh komitmen demi bangsa dan negara tanpa kepentingan pribadi?” tanya Moeldoko.

Continue Reading

Hot Topic

KLB Bentrok, DPC PD Medan: Tidak Begini Kalau Pemerintah Proaktif

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara, diwarnai bentrokan, Jumat (5/3/2021). Kedua kubu yang menolak dan mendukung KLB terlibat aksi saling lempar batu di Jalan Lintas Medan-Berastagi, Kecamatan Sibolangit.

Ketua DPC PD Medan Burhanuddin Sitepu menilai seharusnya pemerintah memberikan sikap atas adanya klaim sepihak KLB Partai Demokrat.

“Ini namanya kerumunan massa, mana lagi judulnya kongres luar biasa. Kalau kongres luar biasa ini kan sudah katakanlah demokrasi setinggi-tingginya di partai. Kalau saya bilang seharusnya, ini tidak menjadi kejadian kayak begini kalau ada proaktif pemerintah menyikapi yang namanya kongres,” kata Burhanuddin di lokasi KLB, The Hill Hotel and Resort, Deli Serdang, Jumat (5/3).

Baca juga: Moeldoko Calon Kuat Ketua Demokrat Hasil KLB

Adanya aksi pelemparan botol dan pengusiran di lokasi KLB Partai Demokrat dinilai karena adanya pembiaran. Burhanuddin kemudian menyinggung lagi peran aktif pemerintah.

“Ini sepertinya ada pembiaran keributan, kerusuhan. Kalau pemerintah menyikapi persoalannya, proaktif menyikapinya, laksanakan tugasnya sesuai dengan fungsi dan tupoksinya, saya kira tidak ada masalah,” ujarnya.

Burhanuddin di lokasi datang bersama dengan puluhan kader Partai Demokrat Sumut lainnya. Kedatangan mereka ke lokasi tak bisa membuka ruang dialog dengan kubu pro KLB.

“Karena situasi dan kondisinya sekarang ini tidak memungkinkan kita berbicara panjang, karena masyarakat sini kita juga tahu, jangan nanti orang-orang lain ini saya tahu orang Demokrat, ini saya sengaja saya tidak pakai atribut partai, karena sebagai tanggung jawab moral saya, kalau tahu apa yang sesungguhnya terjadi, mohon pengertian kawan-kawan,” imbuhnya.

Massa Demokrat Sumatera Utara sebelumnya mendatangi lokasi hajatan politik KLB Partai Demokrat di Deli Serdang. Massa yang mengklaim bagian dari KLB Partai Demokrat menghadang dan terjadi aksi saling lempar.

Selain itu, massa pro-KLB tampak mengusir massa dari PD Sumut yang ada di SPBU itu. Mereka meminta massa dari PD Sumut untuk pulang ke Medan. Tampak ada 2 bus PD Sumut yang putar balik. Sempat terjadi lempar-lemparan di lokasi.

Massa dari PD Sumut kemudian terlihat menjauh. Massa dari kedua pihak kemudian bubar setelah warga setempat datang mengusir mereka.

IG

Continue Reading

Hot Topic

Moeldoko Calon Kuat Ketua Demokrat Hasil KLB

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kepala staf kepresidenan Moeldoko merupakan sosok yang menjadi calon kuat untuk menduduki kursi Ketua Umum Partai Demokrat pada Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar di The Hill Hotel dan Resort Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Hal itu diungkapkan politisi Partai Demokrat Max Sopacua pada Jumat (5/3). Meski begitu, ia memastikan akan berupaya tidak terjadi calon tunggal dalam kongres yang rencananya digelar 5 hingga 7 Maret 2021.

“Saya kira semua tahu dan teman teman wartawan juga tahu bahwa sejak KLB ini dicetuskan, tokoh pertama yang diusung sebagai ketua umum adalah Moeldoko. (Namun) Siapa saja boleh mencalonkan diri. Termasuk Hasnaini yang merupakan Ketua Partai Emas. Tapi kan itu semua tergantung peserta kongres,” ujarnya ” katanya di Sibolangit, Jumat (5/3).

Max melanjutkan, meski begitu pihaknya mempersilakan dan membuka pintu selebar lebarnya bagi siapa saja yang memiliki keinginan dan berniat untuk maju sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada KLB yang menurut

Bisa saja, lanjut dia, Marzuki Alie yang merupakan mantan Sekretaris Partai Demokrat dan mantan Ketua DPR berkeinginan untuk maju, bahkan ia juga menyebutkan dirinya kemungkinan bisa saja maju dalam bursa calon ketua umum.

“Nah itu semua tergantung pada peserta kongres. Kita tidak bisa bicara semata aklamasi. Kembali saya tegaskan itu semua tergantung peserta kongres,” katanya.

IG

Continue Reading

HOT TOPIC