Sidang MPR, Jokowi Sebut IKN Jadi Motor Penggerak Ekonomi Baru
Hot Topic Politik

Sidang MPR, Jokowi Sebut IKN Jadi Motor Penggerak Ekonomi Baru

Channel9.id – Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus terus dijaga keberlanjutannya. IKN nantinya bukan hanya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), tetapi untuk inovator dan wirausaha. IKN diharapkan akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“IKN bukan hanya untuk para ASN, tetapi juga para inovator dan para wirausahawan. Bukan hanya berisi kantor-kantor pemerintah, tetapi motor penggerak ekonomi baru,” kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR di Ruang Rapat Paripurna DPR-MPR, Jakarta, Selasa 16 Agustus 20222.

Dia mengatakan, IKN Nusantara tidak hanya menjadi kota biasa, tetapi kota rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia. Meski Kawasan Inti Pusat Pemerintahan dibangun lewat APBN, tetapi pemerintah akan melibatkan investor swasta untuk ikut terlibat. “Sekitar 80% investasi swasta diundang untuk berpartisipasi,” imbuh Jokowi.

Baca juga: Sidang Tahunan MPR, Bambang Soesatyo: Presiden Jokowi Tunjukkan Sikap Kenegarawanan

Sementara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan upaya pembangunan IKN Nusantara membutuhkan perencanaan dan manajemen sumber daya yang baik. IKN Nusantara diharapkan akan meningkatkan pemerataan dan menjadi penggerak perekonomian domestik.

“IKN Nusantara, diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, menjadi simbol identitas nasional, dan menjadi kota dunia ideal yang dapat menjadi acuan dunia,” kata Puan.

Dia mengatakan pembangunan IKN Nusantara juga harus dijalankan secara sinergis antarpemangku kepentingan. Pembangunan IKN sangat ditentukan oleh dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan seluruh anak bangsa.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5  +  5  =