Connect with us

Techno

Baru Tampung Aspirasi, Regulasi Soal SMS Penawaran Segera Disusun

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Aturan soal registrasi ulang SIM card prabayar disebut longgar. Buktinya, registrasi ini tak mampu menghentikan SMS spam.

Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menampik soal longgarnya registrasi ulang SIM card prabayar.

Komisioner BRTI I Ketut Prihadi Kresna meyakinkan bahwa sampai saat ini, penggunaan milik nomor telepon seluler masih dibatasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Sesuai aturan, 1 NIK (red: Nomor Kartu Keluarga) maksimal tiga nomor untuk setiap operator. Jadi, sudah dibatasi,” tandas Ketut.

Diketahui, berdasarkan aturan registrasi ulang SIM card prabayar, masyarakat yang ingin mengaktifkan nomor teleponnya, maka harus memvalidasinya dengan nomor Kartu Keluarga (KK) dan NIK.

Menurut pemaparannya, aturan kepemilikan nomor telepon itu tertuang di Peraturan Menteri Kominfo no.12 Tahun 2016 Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, pada Pasal 11 yang berbunyi: (1) Calon Pelanggan Prabayar hanya dapat melakukan Registrasi sendiri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) paling banyak 3 (tiga) Nomor MSISDN atau Nomor Pelanggan untuk setiap NIK pada setiap Penyelenggara Jasa Telekomunikasi.

Baca juga : Strain Baru Virus Corona Mendominasi

Ketut kemudian menyampaikan bahwa untuk saat ini, melalui Forum Group Discussion (FGD) pada Rabu (23/9), pihak BRTI, operator seluler, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Badan Perlindungan Konsumen Indonesia (BPKN), hingga Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) kemarin, memutuskan untuk menampung dahulu aspirasi dari setiap peserta FGD.

“Dalam FGD kemarin, kami menampung terlebih dahulu masukan-masukan dari BPKN, YLKI, KKI dan pendapat para operator seluler. Masukan-masukan ini akan kami diskusikan internal BRTI/Kominfo sebagai materi untuk penyusunan regulasi SMS penawaran. Bentuk regulasinya masih akan kami pertimbangkan, apakah dalam peraturan menteri, peraturan dirjen atau ketetapan BRTI,” jelasnya.

“Jika nanti konsep/rancangannya sudah ada, biasanya dilakukan konsultasi publik terhadap rancangan peraturan tersebut,” tandas Ketut.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Techno

WhatsApp Business Akan Pungut Biaya dari Pengguna

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Layanan perpesanan WhatsApp berencana memungut uang dari pengguna WhatsApp Business. Nantinya, layanan ini tak lagi gratis sepenuhnya. Para pebisnis yang menggunakannya diharuskan membayar jika ingin menggunakan beberapa fiturnya.

Hal itu diumumkan berbarengan dengan peluncuran seumlah fitur baru WhatsApp Business, di antaranya layanan hosting, fitur Shopping yang lebih luas, membantu mitrabmengelola pesan, inventaris, dan lain-lain.

Chief Operating Officer WhatsApp Matt Idema menuturkan bahwa fitur Shopping akan dirilis tahun ini, dikutip dari Reuters, Jumat (23/10). Sementara layanan hosting baru tersedia di 2021.

Idema menuturkan, WhatsApp akan memberi layanan hosting secara gratis kepada pebisnis yang ingin mencobanya. Setelahnya, WhatsApp akan memungut biaya 0,5 sen hingga 9 sen untuk tiap pesan yang dikirimkan.

Ia melanjutkan chat dengan akun bisnis menggunakan layanan hosting akan disimpan di tempat lain dan tak dilindungi enkripsi end-to-end. Informasi ini akan diberitahu kepada pengguna sebelum mereka memulai chat.

Baca juga : Generasi Z Mudah Adaptasi Saat Belajar Online

Pemiliki akun WhatsApp Business bisa membayar untuk mengirimkan jenis pesan tertentu, seperti boarding pass atau struk belanja. Namun, biayanya tergantung pada wilayah dan jumlah pesan yang dikirim.

Sayangnya, induk WhatsApp, Facebook tak merinci lebih lanjut tentang layanan lainnya yang akan diubah menjadi layanan berbayar dan berapa biaya yang ditetapkan.

Untuk diketahui, jumlah pengguna WhatsApp Business cukup sedikit jika dibandingkan dengan pengguna WhatsApp. Menurut Idema, saat ini ada puluhan ribu pengguna WhatsApp Business dan lebih dari 175 juta orang berinteraksi dengan akun bisnis tersebut.

“Pendapatannya kecil saat ini, jika dibandingkan dengan Facebook secara keseluruhan, tapi kami pikir peluangnya cukup besar,” tutur Idema.

Sebagai informasi, sejak mengakuisisi WhatsApp pada 2014, Facebook mengaku kesulitan mendapat keuntungan dari aplikasi perpesanan ini. Bahkan, selama ini pendapatan mereka bergantung pada iklan di Facebook dan Instagram.

Perusahaan ini mengatakan akan menggunakan sebagian pendapatan dari WhatsApp Business untuk terus menawarkan layanan gratis kepada lebih dari dua miliar pengguna WhatsApp.

(LH)

Continue Reading

Techno

Generasi Z Mudah Adaptasi Saat Belajar Online

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Selama pandemi Covid-19 ini, kegiatan belajar siswa di sekolah dialihkan ke rumah. Pembelajaran akhirnya dilakukan secara online. Adapun yang mengalami kondisi sekolah seperti ini ialah generasi Z, yang lahir di rentan 1996-2010.

Aplikasi edutech Kelas Pintar membeberkan bagaimana pengaruh belajar online terhadap generasi Z. Generasi ini disebut lebih akrab dengan teknologi, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Berdasarkan hasil penelitian IBM Institute, 74% generasi Z menghabiskan waktu luangnya untuk online dengan menggunakan smartphone (75%), laptop (45%), desktop (30%), dan tablet (10%).

“Lahir dan tumbuh di era digital, membuat para siswa di generasi Z lebih matang dan mandiri dalam hal pemanfaatan teknologi. Termasuk, saat pandemi mengharuskan mereka untuk belajar secara online,” terang Head of Academic dari Kelas Pintar Maryam Mursadi, Kamis (22/10).

Baca juga : Dituding Memonopoli Bisnis oleh Pemerintah AS, Google Tak Terima

Ketika pandemi melanda dan hampir semua aktivitas pembelajaran dialihkan ke online, lanjut Maryam, generasi Z mudah beradaptasi. Pasalnya, mereka sudah terbiasa berinteraksi di dunia maya.

“Hanya kebiasaannya saja yang berubah, jika sebelumnya mungkin mereka lebih aktif di sosmed, kini porsi untuk belajar online dan mencari informasi jadi lebih tinggi,” sambungnya.

Maryam menuturkan, umumnya, yang menjadi kendala adalah para siswa tak bisa bertanya atau sulit berinteraksi dengan guru karena minimnya waktu.

“Di masa pandemi ini, waktu belajar para siswa berubah atau tidak sama seperti saat mereka bersekolah. Waktu mereka bertanya atau berinteraksi dengan guru juga jadi lebih sedikit,” kata Maryam.

Lebih lanjut, ia menyoroti tentang pentingnya pendampingan belajar bagi para siswa untuk membantu Guru di sekolah dalam menyampaikan materi sesuai kurikulum secara optimal. Khususnya saat siswa melanjutkan proses belajarnya selepas jam sekolah.

Menimbang kondisi itu, Maryam mengatakan, tantangan penyedia solusi belajar online di masa pandemi ini ialah bagaimana menghadirkan engagement lebih dan membuat belajar online lebih menyenangkan.

(LH)

Continue Reading

Techno

Dituding Memonopoli Bisnis oleh Pemerintah AS, Google Tak Terima

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) menggugat Google karena memonopoli bisnis. Perusahaan raksasa ini dituding melanggar hukum guna mempertahankan posisinya, sebagai yang paling teratas dalam penelusuran dan periklanan di internet.

Google dituding membayar miliaran dolar yang di dapat dari pengiklan kepada perusahaan ponsel seperti Apple. Tujuannya agar Google menjadi mesin pencari utama di browser pengguna internet.

Diketahui, Alphabet Inc menaungi Google, Android dan YouTube. Sementara Google menguasai 90% pencarian global.

Baca juga: Cegah Bunuh Diri Dengan Google Adwords

Menanggapi tudingan itu, Google tidak terima dan pasang badan.

Kepala Bagian Hukum Google Kent Walker menuturkan pihaknya menilai gugatan ini cacat hukum. Google juga, lanjutnya, mesti bersaing dengan Amazon dan telah membantu banyak usaha kecil.

“Orang memakai Google karena mereka memilihnya, bukan dipaksa atau tidak bisa menemukan alternatif lain,” ujar Kent Walker dikutip dari New York Times, Kamis (22/10).

Menurut Walter, gugatan itu akan mendorong munculnya situs pencarian yang tidak berkualitas. “Harga ponsel akan naik dan orang akan lebih susah mendapatkan layanan pencarian yang ingin mereka gunakan,” pungkasnya.

Perihal kesepakatan dengan Apple, Google membantahnya. Pihak Google menilai kerja sama keduanya bukanlah masalah. Sebab, konsumen tetap bisa mengganti setelan pencarian lain selain Google di perangkat mereka.

Perihal ingin menjadi prioritas, Google menilai wajar. Perusahaan mengibaratkan perusahaan sereal yang ingin produknya ditaruh di stok depan.

Google menilai tuduhan monopoli politis, sebab pemerintahan Trump kerap menyerang Google dan YouTube.

Untuk diketahui, tak hanya di AS, Google sebenarnya menghadapi tuduhan monopoli di Uni Eropa, Inggris dan Australia.

(LH)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC