Connect with us

Nasional

Bentengi Ajaran Menyimpang, Erick Thohir Gandeng Ulama NU Jadi Penceramah di Masjid BUMN

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Menteri Badan Usaha Milik Negara atau Meneg BUMN Erick Thohir akan menggandeng ulama dari Nahdlatul Ulama (NU) untuk menjadi khatib dan imam ibadah salat Jumat di 22 masjid perusahaan pelat merah di Jakarta dan Tangerang. Erick telah bekerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Erick berharap program ini membentuk karakter seluruh karyawan BUMN. “Sekaligus membentengi dari pemikiran-pemikiran yang menyimpang dalam Islam,” ucap Erick Thohir dalam keterangannya, Jumat, 20 November 2020.

“Kami melibatkan peran aktif NU agar Islam ramah ala NU dapat mewarnai pemahaman keagamaan di lingkungan seluruh BUMN,” ujarnya.

Baca juga: Kelompok Radikal Jadikan Rohis Tempat Kaderisasi 

Dari 22 masjid yang akan mendatangkan ulama NU, tujuh di antaranya berada di Jakarta Pusat, sembilan di Jakarta Timur, empat di Jakarta Selatan, satu di Jakarta Utara, dan satu lainnya di Tangerang. Semua masjid terdapat di 17 perusahaan pelat merah.

Erick mengatakan kerja sama dalam syiar Islam tersebut merupakan kelanjutan dari kesepakatan antara Kementerian BUMN dan PBNU yang ditandatangani September lalu. Poin kerja sama kedua pihak meliputi pelbagai program, salah satunya pembinaan dan pemberdayaan sumber daya manusia.

“Ajaran Islam yang disyiarkan NU serupa dengan pencanangan nilai Akhlak di BUMN, yakni bertujuan membangun dan mengembangkan insan masyarakat yang bertakwa kepada Allah, cerdas, trampil, berakhlak mulia, tentram, adil, dan sejahtera,” tutur Erick.

IG

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

4 Pegawai Positif Corona, Kantor Imigrasi Palu Tutup

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Sulawesi Tengah terpaksa menutup sementara pelayanan terkait dokumen keimigrasian menyusul empat pegawai terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Palu, Danil Rachman mengungkapkan keempat pegawai itu kini telah menjalani isolasi mandiri sambil menunggu tindak lanjut pemeriksaan dari intansi berwenang yang ada di daerah setempat.

“Mereka sementara ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing,” kata Danil, Jumat (27/11).

Meski pelayanan ditutup, khusus untuk pemohon dokumen perjalanan bagi masyarakat yang akan berobat ke luar negeri karena sakit dan mereka yang akan memperpanjang izin tinggal tetap diprioritaskan. Pelayanan hanya dikhususkan bagi hal-hal yang bersifat darurat.

Beberapa waktu lalu, seluruh pegawai Kantor Imigrasi Palu menjalani swab tes di salah satu laboratorium kesehatan di Kota Palu. Langkah mengehentikan sementara waktu kegiatan di kantor imigrasi semata-mata untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan bersama.

“Ini kebijakan dari kepala kantor agar supaya dilakukan sterilisasi dan baru akan dibuka kembali pelayanan pada 2 Desember 2020,” katanya.

Hari ini suasana Kantor Imigrasi Palu tampak sepi. Hanya ada seorang satpan yang siaga. Padahal, hari-hari sebelumnya terlihat cukup ramai melayani para pemohon paspor dan dokumen keimigrasian lainnya.

IG

Continue Reading

Hot Topic

Rais Aam NU Miftachul Akhyar Resmi Menjadi Ketum MUI

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Miftachul Akhyar resmi terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bakti 2020-2025. Kiai Miftah, begitu ia akrab disapa, sampai saat ini masih menjabat sebagai Rais Aam PBNU sejak 2018 lalu.

Ia terpilih berdasarkan musyawarah yang dilakukan oleh 17 Tim Formatur yang dipilih oleh peserta Munas X MUI yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (26/11) malam.

“Bahwa Ketum Terpilih adalah Almukarom Miftachul Akhyar,” kata anggota Tim Formatur Munas MUI, Ma’ruf Amin, Jumat (27/11) dini hari.

Baca juga: MUI Dukung DPR Untuk Sahkan RUU Minol 

Pengumuman itu lantas disambut tepuk tangan yang meriah dari peserta Munas.

Miftachul menjadi Ketua Umum MUI ke-8 sejak organisasi ini berdiri pada 1975 lalu. Ia menggantikan posisi Ma’ruf Amin menjabat sebagai Ketum MUI 2015-2020. Kini Ma’ruf menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

Diketahui, Miftachul sendiri sempat disebut-sebut masuk dalam bursa calon ketua umum MUI 2020-2025.

Sementara itu, beberapa jajaran pengurus Dewan Pimpinan MUI juga telah terpilih dalam Munas X MUI. Diantaranya Amirshah Tambunan terpilih sebagai Sekretaris Jendral MUI.

Selain itu, Ma’ruf Amin terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI periode 2020-2025. Ia menggantikan posisi Din Syamsuddin yang menjabat posisi tersebut pada periode 2015-2020.

“Ketua Dewan Pertimbangan adalah Ma’ruf Amin,” kata Ma’ruf mengumumkan dirinya sendiri.

Pengumuman itu lantas disambut tepuk tangan yang meriah dari peserta Munas.

Pelaksanaan Munas X MUI kali ini berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya karena digelar di tengah pandemi virus Corona. Munas menggunakan protokol kesehatan pencegahan corona yang ketat. Para peserta Munas diselenggarakan dengan dua cara dengan melalui online dan offline.

IG

Continue Reading

Nasional

BPOM: Vaksin Sinovac Memenuhi Syarat Dapat Label Halal

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menuturkan vaksin Corona Sinovac sudah masuk dalam memenuhi aspek obat dan juga sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan label halal.

“Alhamdulillah, dari aspek mutu dari hasil yang didapatkan inspeksi BPOM, Biofarma dan Majelis Ulama Indonesia, aspek halalnya bisa dikatakan sudah memenuhi, sudah sesuai aspek obat yang baik,” kata Penny seperti dikutip dari Antara (27/11/2020).

Baca juga: Ma’ruf Amin Sebut Vaksin Corona Bisa Digunakan Meski Belum Halal

Penny menuturkan aspek kehalalan vaksin telah diperiksa MUI. Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia sedang dalam proses membahas soal fatwa vaksin Covid-19 dalam Musyawarah Nasional MUI yang digelar pada 25-27 November.

Penny mengungkapkan BPOM selalu memantau perkembangan uji coba vaksin Sinovac yang memasuki uji klinis fase III di Bandung. BPOM juga mengumpulkan data uji klinis Sinovac yang bisa dipadukan dengan data dari negara lain, seperti Brazil.

Untuk itu, dia mengatakan BPOM belum mengambil kesimpulan sehingga memberikan Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) bagi vaksin Covid-19 meski sudah mendapat data aspek keamanan, khasiat dan mutu vaksin. Perlu keseksamaan lebih lanjut untuk memberi EUA bagi Sinovac.

BPOM, kata dia, akan terus memantau perkembangan uji klinis vaksin Sinovac dalam tiga bulan ke depan.

“Aspek keamanan akan terus kita pantau selama tiga bulan, nanti enam bulan penuh ke depan. Kita butuh vaksin yang tidak hanya bermutu dan aman, tapi juga efektif, memiliki khasiat yang baik,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan BPOM mengumpulkan data soal bagaimana vaksin Sinovac dapat memunculkan antibodi ke tubuh manusia sehingga seseorang dapat kebal terhadap Covid-19.

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC