Bukan Perokok Tapi Bibir Hitam, Bisa Jadi Ini Sebabnya
Lifestyle & Sport

Bukan Perokok Tapi Bibir Hitam, Bisa Jadi Ini Sebabnya

Channel9.id-Jakarta. Penggunaan masker di masa pandemi COVID-19 memungkinkan bagian bawah wajahmu tak terlihat di mata orang lain. Meski begitu, ada kalanya Kamu harus membuka masker itu, misalnya saat makan. Nah, saat waktu ini tiba, lipstik yang sengaja Kamu torehkan di bibir agar tampak segar, rupanya terhapus dan tertempel di balik masker. Alhasil, bibirmu terlihat lebih pucat bahkan hitam. Tak jarang Kamu jadi tak percaya diri.

Di lain sisi, Kamu heran. Pasalnya, Kamu bukanlah perokok. Kok bisa bibir malah menghitam?

Eits, mesti Kamu ketahui nih, merokok bukanlah satu-satunya penyebab bibirmu hitam, lo. Masih ada beberapa hal yang jadi penyebabnya, di antaranya mungkin sudah menjadi kebiasaanmu sehingga Kamu jadi tak ‘ngeh’. Nah, memangnya apa saja sih penyebab bibir menghitam selain merokok?

1. Bibir kering
Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah sekali kering. Pasalnya, kulit bibir selalu terbuka, sehingga kelembapannya rentan hilang. Terlebih lagi ketika cuaca sedang panas. Adapun di saat kering, bibir jadi mudah pecah-pecah dan bisa menghitam secara perlahan.

2. Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi atau kondisi di mana melanin di dalam tubuh terlalu banyak akan memengaruhi warna kulit—menjadi lebih gelap, termasuk warna bibir. Untuk diketahui, melanin biasanya terbentuk akibat terlalu sering terpapar sinar matahari. Oleh karenanya, kalau Kamu banyak melakukan aktivitas di luar ruang, sebaiknya gunakan pelembab bibir ber-SPF guna mencegah bibir jadi menggelap.

3. Menggunakan kosmetik kedaluwarsa
Beberapa orang merasa sayang membuang lipstik yang kadaluwarsa. Padahal kualitasnya sudah buruk. Adapun kalau dipakai bisa memengaruhi kesehatan bibir, termasuk membuat bibir menghitam.

4. Keracunan
Bibir berwarna gelap juga mengindikasikan bahwa seseorang mengalami keracunan. Racun yang bisa menjadi penyebab bibir hitam, yaitu merkuri, perak, tembaga, alkali kuat, dan berbagai jenis logam yang berbahaya lainnya.
5. Minum alkohol
Minum alkohol juga bisa membuat bibirmu menghitam. Ini karena zat asam yang dikandungnya, dan efek dehidrasi setelah meminumnya. Nah, dehidrasi sendiri membuat bibir pecah-pecah dan mengubah warna bibir menjadi lebih gelap.

6. Sering mengonsumsi kafein
Makanan dan minuman kafein juga bisa menyebabkan bibirmu menghitam. Kafein sebenarnya merupakan zat diuretik yang bisa membuat sering buang air kecil. Adapun zat ini bisa menyebabkan dehidrasi. Nah, telah disinggung sebelumnya, dehidrasi bisa membuat bibir jadi pecah-pecah dan warna bibir menjadi lebih gelap.

7. Anemia
Anemia atau kekurangan hemoglobin juga menjadi penyebab bibir hitam. Diketahui, hemoglobin merupakan zat pembawa oksigen dan zat gizi di dalam darah. Zat ini memberi warna merah pada darah, sehingga kekurangan zat ini juga akan memengaruhi warna kulit di sejumlah bagian tubuh, termasuk bibir—yang bisa jadi menggelap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  56  =  60