Lifestyle & Sport

Cara Cegah Pegal Akibat Duduk Terlalu Lama Saat Perjalanan Mudik

Channel9.id-Jakarta. Di akhir pekan menjelang Idulfitri ini, banyak orang yang masih dalam perjalanan ke kampung halamannya atau mudik. Ada yang pergi dengan kendaraan pribadi dan ada pula yang pergi dengan kendaraan umum. Bagaimana denganmu?

Apa pun kendaraannya, nyaris pasti Kamu harus duduk di sepanjang perjalanan. Meski terdengar nyaman, duduk di dalam kendaraan ketika Kamu harus menempuh perjalanan yang begitu jauh dan dan memakan waktu berjam-jam, tentu hal yang merepotkan. Kamu bakal merasa pegal dan sakit bokong, dong. Namun demikian, duduk lama ini tak bisa Kamu hindari. Maka dari itu, untuk mencegah pegal dan sakit bokong, coba lakukan tips berikut ini.

1. Duduk dengan postur tepat
Hal pertama yang perlu Kamu lakukan saat duduk di dalam kendaraan yaitu pastikan postur tubuhmu benar. Pastikan layar dan mata sejajar. Jangan terlalu menengadah atau menunduk karena kedua hal ini bisa menyebabkan nyeri leher. Nah, dengan postur yang tepat, Kamu juga bisa lebih nyaman dan efek nyeri pada bokong bisa lebih minim.

2. Peregangan
Coba lakukan peregangan sebelum masuk kendaraan dan duduk supaya otot jadi lebih siap. Hal ini bisa mencegahmu merasa kaku dan nyeri otot. Kemudian, setiap kali merasa tak nyaman ketika duduk, lakukan peregangan. Maka dari itu, setiap kali ada kesempatan—atau ciptakanlah kesempatan itu—cobalah untuk melipir di jalan. Lalu lakukan peregangan. Kalau Kamu menggunkan mobil, keluarlah dan sekalian menghirup udara segar.

3. Gerakkan tubuh
Coba untuk melakukan kegiatan lain di sela-sela dudukmu. Misalnya sesekali berdiri atau berjalan di tempat supaya tubuh tak kaku dan nyeri. Kalau Kamu naik kendaraan umum—seperti kereta, pesawat, atau bus—Kamu bisa berdiri. Sementara itu, kalau Kamu naik kendaraan pribadi, cobalah untuk melipir di pinggir jalan. Cara ini bakal membantu area bokong akan tersirkulasi dengan baik dan potensi pegal juga menurun.

4. Istirahat
Saat menempuh perjalanan jauh, coba tentukan kapan Kamu harus beristirahat. Terutama jika Kamu yang menyetir. Nah, di waktu istirahat ini, coba beranjaklah dari tempat duduk dan lakukan aktivitas fisik ringan, seperti jalan kaki di tempat, jalan kaki mengelilingi kendaran, atau peregangan.

Nah, itu dia empat hal yang bisa mencegah nyeri bokong akibat terlalu lama duduk. Cobalah lakukan tips itu selama perjalan mudik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

7  +  2  =