Connect with us

Lifestyle & Sport

Cara Jitu Membayar Utang Tidur

Published

on

. Waktu di akhir pekan kerap menjadi waktu untuk membayar utang tidur. Kebanyakan orang sengaja tidur lebih lama di akhir pekan karena merasa jatah tidurnya berkurang di hari kerja. Padahal kebiasaan tidur lebih lama pada akhir pekan sama buruknya dengan kekurangan jam tidur.

Lantas, bagaimana membayar utang tidur yang benar? Berikut ini sejumlah cara yang bisa dipilih. Namun, pastikan Anda berkomitmen dengan cara yang dipilih.

1. Menambah jam tidur
Mula-nula, hitung berapa jam tidur Anda yang hilang. Kemudian alokasikan jam tidur yang hilang itu ke waktu tidur Anda dalam beberapa hari ke depan. Contohnya, jika berutang 10 jam, alokasikan waktu satu jam setiap malam, dan tambahkan waktu tidur satu hingga dua jam di akhir pekan. Lakukan aturan ini hingga utang tidur terbayar.

Berbeda solusinya jika utang tidur Anda sudah menumpuk hingga bertahun-tahun. Cobalah untuk tidam beraktivitas terlalu berat. Lalu tidurlah seperti biasa pada malam hari.

Disarankan untuk tidak menggunakan alarm dan biarkan saja tubuh tertidur dan bangun pada waktunya. Pada awalnya, mungkin Anda akan tidur selama 12 jam atau lebih dalam satu malam. Namun, lama-kelamaan, jam tidur akan kembali normal karena utang tidur sudah terbayar.

2. Tidur siang
Menuru penelitian, membayar utang tidur juga bisa dilakukan dengan tidur siang. Orang umumnya akan tidur selama 15-30 menit pada siang atau sore hari. Untuk diketahui, waktu tidur siang yang disarankan adalah 20 menit. Jika Anda ingin tidur siang lebih lama, waktu paling lama adalah setengah jam saja.

3. Tidur di akhir pekan
Pastikan tidak menambah jam tidur secara berlebihan. Misalnya, cukup tambahkan satu hingga dua jam saja dalam sehari. Pasalnya, jika jam tidur terlalu banyak, pada malam hari di akhir pekan akan kesulitan tidur karena sudah tidur terlalu lama di pagi dan siang hari.

4. Jadwalkan rutinitas
Setelah tahu utang jam tidur, saatnya mengatur ulang jadwal kegiatan Anda sehari-hari.

Pikirkan semua kegiatan dan dampaknya terhadap jam tidur Anda. Lalu, buatlah jadwal untuk memperbaiki rutinitas tidur yang kacau. Dengan begitu, Anda bisa membayar utang tidur yang selama ini menumpuk.

Ingat, lama waktu tidur Anda akan berdampak pada kondisi kesehatan Anda.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Tips Supaya Kamu Tak Mudah Pikun

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kamu gampang lupa? Jika iya, ada sejumlah faktor yang membikin ingatanmu menurun. Misalnya kurang tidur, kondisi medis tertentu, konsumsi obat tertentu, gangguan emosi, terlalu banyak minum alkohol, dan kekurangan vitamin B12.

Selain itu, ada faktor lain yang menjadi keniscayaan bagi semua orang, yaitu menua.

Seiring bertambahnya usia, ingatanmu juga akan menurun karena otakmu membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses dan mempelajari informasi baru. Bahkan Kamu juga jadi kesulitan untuk mengingat. Namun, jangan khawatir, sebab ada cara untuk memperkuat ingatan dan mempelambat efek penuaan terhadap ingatan, lho.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengantisipasi pelupa akibat proses penuaan.

1. Amati dengan seksama
Tumbuhkan minat terhadap apa yang mau Kamu ingat, lalu pikirkan terus. Libatkan semua inderamu saat memproses informasi. Pelajari setiap detailnya dengan lebih dekat, mencium, menyentuh, dan mendengarkan dengan seksama. Di sisi lain, otak harus memilih apa yang harus diingat. Lantas perhatikan apa atau siapa yang ingin Kamu ingat.

2. Hubungkan informasi baru dengan yang lama
Hubungkan sesuatu yang ingin Kamu ingat dengan hal yang sudah Kamu ketahui. Cara menghubungkan informasi lam dengan yang baru akan membuatnya jadi lebih bermakna. Sehingga Kamu jadi lebih mudah mengingatnya.

3. Gunakan imajinasi
Visualisasikan gambaran dalam pikiran Kamu tentang apa yang ingin Kamu ingat. Dengan menggunakan imajinasi—yang mengada-ada atau fantastis, ingatanmu bisa lebih kuat. Namun bagi kebanyakan orang, cara ini memerlukan latihan karena kita cenderung bersikap sangat logis dan serius.

4. Pikirkan terus
Pikirkan dan jabarkan setiap detail yang ingin Kamu ingat. Semakin banyak rincian atau informasi yang bisa Kamu dapatkan—dengan melibatkan indera atau mengajukan pertanyaan, Kamu akan menambah makna dan mengingatknya.

5. Konsentrasi
Kemampuan Kamu untuk berkonsentrasi pada saat ini bisa meningkatkan kemampuanmu untuk belajar dan mengingat informasi baru.

Perlu Kamu ingat, ingatan jangka pendek itu rapuh. Jika pikiranmu terganggu, maka Kamu bisa lupa seketika. Jadi, Kamu disarankan untuk tenang, misalnya, dengan tak memikirkan apa yang ingin Kamu lakukan besok, atau khawatir soal yang terjadi kemarin.

6. Ucapkan berulang informasi yang mau diingat atau tuliskan
Jika ada info, nama, atau nomor yang ingin Kamu pelajari, ulangi beberapa kali baik dengan suara keras atau bicara pada diri sendiri. Cara sederhana seperti ini akan membantumu mengingat informasinya.

Atau, Kamu juga bisa menulis di jurnal atau kertas. Cara ini membutuhkan konsentrasi dan bisa membantumu mengingat, lho. Menulis dengan tangan membantumua mengingat lebih baik daripada mengetikkan informasi ke gawaimu.

Nah, itu dia beberapa upaya yang bisa Kamu lakukan untuk memperkuat ingatanmu. Selain itu, Kamu juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan—seperti buah berry, pisang, apel, dan sayuran hijau—dan omega-3. Menurut para ilmuwan, antioksidan mampu membunuh radikal bebas yang bisa membunuh sel otak. Sementara, omega-3 akan membantu otak memperbaiki dirinya sendiri.

Kamu juga harus tidur cukup. Pasalnya, melewatkan jam tidur malam akan menyebabkan ingatanmu tercampur aduk atau hilang, dan akan sangat sulit untuk dikembalikan.

Upaya lainnya yaitu dengan berolahraga. Jalan kaki, misalnya. Menurut penelitian, orang dewasa yang rutin jalan kaki akan memperoleh tambahan volume pusat memori otak atau hippocampus. Artinya, seseorang yang sudah tua pun masih punya kesempatan memiliki slot ingatan lebih luas.
(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Kiat-kiat Pencegahan Covid-19 Bagi Penderita AIDS

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Dunia memeringati 1 Desember sebagai Hari AIDS Sedunia sejak 1988. Peringatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran tentang infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus), bahwa penyakit ini bersarang di tubuh manusia dalam waktu lama. Infeksi HIV membuat penderitanya memiliki fungsi kekebalan tubuh yang rendah, sehingga rentan terserang virus berbagai penyakit.

Menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga 2019 ada sekitar 38 juta orang di dunia hidup dengan HIV-AIDS. Angka ini terus menaik dan karenanya menjadi perhatian dunia.

Tak heran bila pandemi Covid-19 ini menjadi perhatian para penderita AIDS. Pasalnya, sebagaimana umumnya virus, virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 menyerang orang yang kekebalan tubuhnya rendah dan disertai dengan komplikasi berat.

Baca juga : Covid-19 Disebut Bukan dari Cina

Perlu diketahui bahwa kekebalan tubuh para penderita AIDS bisa menurun bila tak rutin mengonsumsi obat antiretroviral (ARV)—yang digunakan untuk menghambat perkembangan HIV, punya jumlah virus yang tinggi dan CD4 rendah.

Namun, menurut WHO, penderita AIDS belum tentu lebih rentan tertular Covid-19. Sebab hingga saat ini, belum ada bukti yang menyebutkannya. Pun belum ada bukti bahwa komplikasi Covid-19 akan lebih berat bagi penderita AIDS daripada yang tak menderitanya.

Sementara, komplikasi berat biasanya muncul karena penyakit bawaan (komorbid) seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit pernapasan, dan lain-lain. Ketika penderita AIDS mengalami komplikasi Covid-19 berat, penyebabnya bisa jadi faktor ini.

Sebuah data menunjukkan bahwa risiko kematian akibat Covid-19 pada penderita AIDS lebih disebabkan karena penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Faktor-faktor ini juga sama dengan orang negatif HIV.

Nah, adapun cara terbaik untuk melindungi diri dari Covid-19 ialah dengan melakukan pencegahan. Kiat-kiat bagi penderita AIDS pun sama dengan orang lain pada umumnya, di antaranya berikut ini.

1. Rutin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer berbahan alkohol.
2. Terapkan physical distancing
3. Tidak bergerombol
4. Tidak menyentuh wajah sebelum cuci tangan.
5. Selalu gunakan masker, terutama saat ke luar rumah.
6. Menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin menggunakan tisu. Jika tak ada tisu, gunakan lengan.

Tak hanya itu, penderita AIDS pun harus menjalani gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi, tidur cukup, dan mengelola stres dengan baik. Jika tubuhmu sehat, sistem kekebalan tubuh tentu bisa melawan infeksi dengan lebih baik.

Simpanlah persediaan obat ARV dan jangan lupa meminumnya sesuai anjuran dokter. Ikuti jadwal imunisasi secara rutin dan konsultasi dengan dokter.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Tips Berolahraga di Cuaca Dingin Saat Pandemi

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Belakangan ini, sejumlah wilayah di Indonesia diguyur hujan. Bagi Kamu yang rutin berolahraga setiap hari, hujan barangkali bukan alasan untuk absen.

Kalau Anda sudah bisa rutin berolahraga, jangan jadikan musim hujan sebagai alasan untuk absen. Namun begitu, olahraga saat musim hujan juga riskan cedera. Jalanan yang licin dan becek tinggi risikonya membuat Anda jatuh terpeleset. Belum lagi risiko sakit setelah hujan-hujanan. Psstt… Tidak perlu khawatir jika Anda tahu tips amannya.

1. Wajib pemanasan
Apapun kondisi cuacanya, Kamu harus melakukan pemanasan. Pasalnya, berolahraga tanpa pemanasan bisa meningkatkan risiko keseleo atau cedera.

Khusus di cuaca dingin, sesuai saran para ahli, lakukanlah pemanasan minimal 15 menit di dalam ruangan terlebih dulu agar suhu tubuh bisa meningkat lebih cepat. Kemudian ikuti dengan gerakan peregangan untuk mencegah cedera. Jika tidak melakukan pemanasan dalam ruangan, lakukanlah pemanasan dinamis atau yang tidak diam di satu tempat (seperti lari di tempat), hingga tubuh memanas.

2. Pakai baju berlapis
Sebaiknya Kamu gunakan pakaian berlapis, dari baju berbahan sintetis yang paling tipis dulu sampai yang paling tebal untuk menahan terpaan angin kencang dan air hujan.

Hindari menggunakan baju berbahan katun karena baju cepat basah karena menyerap keringat, sehingga akan suhu tubuh menurun dan meningkatkan risiko hipotermia. Belum lagi ditambah suhu udara yang dingin.

Baca juga : Bukan Hanya Baik Untuk Jantung, Olahraga Rutin Bisa Percantik Kulit

Di lain sisi, berpakaian terlalu tebal bisa membuatmu berkeringat lebih banyak dan membuat baju basah, sehingga Kamu bisa menggigil kedinginan. Jika Kamu sudah berkeringat deras, sebaiknya kurangi lapisan baju agar tak terkena hipotermia.

3. Gunakan tabir surya
Jangan lewatkan tabir surya. Awan memang menghalangi sinar matahari, namun tidak radiasi UV. The Skin Cancer Foundation mengatakan bahwa awan hanya menghalangi sedikitnya 20% dari sinar UV. Paparan sinar UV berlebihan adalah faktor risiko yang menyebabkan penuaan dan kanker kulit.

Maka dari itu, Kamu disarankan menggunakan pelembab kulit, lip balm dan sunscreen dengan minimal SPF 15-30 saat mau olahraga ke luar rumah.

4. Tetap minum
Cuaca dingin biasanya membikin kita lupa untuk minum. Padahal tubuh berkeringat ketika olahraga saat musim hujan. Karenanya, Kamu harus tetap minum air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang agar tidak dehidrasi. Agar tak lupa, Kamu bisa alarm untuk istirahat dan minum setiap 15-20 menit sekali.

5. Pakai sarung tangan dan topi
Selama cuaca dingin, tubuh akan memusatkan aliran darah lebih banyak di inti tubuh. Kondisi ini membuat ujung-ujung tubuh, seperti kepala, tangan, dan kaki jadi rentan kedinginan.
Maka dari itu, Kamu disarankan menggunakan sarung tangan dan topi saat berolahraga di cuaca dingin. Pun topi bisa menghalau gerimis.

6. Wajib pendinginan
Sebagaimana pemanasan, pendinginan pun wajib dilakukan. Lakukanlah 5-10 menit untuk pendinginan setelah berolahraga. Misalnya, Kamu bisa berjalan santai setelah lari. Ini bisa memperlancar aliran darah dari otot-otot ke jantung.

Untuk diketahui, pendinginan membantu mengurangi kekakuan otot, menurunkan suhu otot yang tadinya panas agar pulih lebih cepat dan bebas nyeri setelah olahraga.

Waspada Covid-19
Menimbang, dunia saat ini dilanda pandemi Covid-19, sebaiknya Kamu berolahraga di dalam ruangan saja. Pasalnya, risiko penyebarannya semakin besar di cuaca dan suhu dingin. Droplets atau cipratan air liur bisa saja terhempas di udara dari penderita dan menularkannya padamu.

Namun, jika Kamu terpaksa berolahraga di luar ruangan, ada beberapa hal yang mesti Kamu perhatikan dengan seksama agar Kamu tetap aman saat berolahraga dan terhindar dari penularan Covid-19.

Pertama, gunakanlah masker yang tak terlalu tebal. Masker medis memang lebih aman digunakan daripada masker kain. Namun masker ini mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, Kamu disarankan menggunakan masker kain saja. Jangan lupa membawa lebih dari satu masker untuk ganti.

Selain itu, Kamu harus memerhatikan kondisi tubuh dengan baik. Misalnya, memantau detak jantung hingga kecepatan bernapas ketika berolahraga lewat aplikasi di ponsel. Dari sini, Kamu bisa mengetahui apakah tubuhmu kekurangan oksigen atau tidak. Kamu pun jadi tahu kapasitas diri dalam berolahraga,

Hal lain yang penting ialah selalu terapkan jaga jarak. Terlebih di cuaca dingin, di mana Covid-19 lebih cepat menular. Kalau perlu, carilah tempat publik yang tidak terlalu ramai.

Nah, itu dia sejumlah catatan untuk Kamu yang mau atau terpaksa berolahraga di luar ruangan di masa pandemi saat cuaca dingin. Jangan sampai lupa dan tetap waspada, ya!

(LH)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC