Connect with us

Ekbis

Catat! Inilah Yang Perlu Dilakukan Pebisnis Pemula

Published

on

Channel9.id-Jakarta.  PT Pegadaian(Persero) menyelenggarakan Webinar menggandeng Perkumpulan Bumi Alumni, dengan Ketua Umum Dr. Ary Zulfikar SH MH, yang juga penggagas dan inisiator Alumni Unpad  sekaligus penggiat kewirausahaan atau dikenal dengan UMKM Alumni Unpad.

Kali ini PT Pegadaian (Persero) mengajak Perkumpulan Bumi Alumni untuk berkolaborasi melakukan kegiatan webinar yang bertajuk “Strategi Branding Agar Bisnis Makin Bersaing dan Eksisting!” pada tanggal 22 Oktober 2020 melalui virtual zoom.

Baca juga: Risma Resmikan Eks Lokalisasi Dolly Menjadi Sentra UMKM

Kolaborasi PT Pegadaian (Persero) dan UMKM Alumni Unpad, menghadirkan narasumber Elvi Rofiqotul Hidayah, SVP Marketing Division PT Pegadaian (Persero), Hariyanto Chung, Marketing Director PT Digital Kaliber Int., dan Faidano Malik, Founder Foto Produk Katalog. Dr. Dewi Tenty Septi Artiany hadir sebagai moderator acara webinar ini yang juga merupakan Ketua Bidang 6 Hubungan Antar Lembaga di Perkumpulan Bumi Alumni.

Dewi Tenty menyampaikan pengantar bahwa di masa pandemi saat ini masyarakat menjadi terbatas dalam perilaku konsumsinya di mana sebelumnya pola belanja masyarakat adalah dengan mendatangi pasar, namun sekarang lebih beralih berbelanja secara online.

“Konsumen yang sebelumnya melihat hingga memeriksa secara langsung produk pilihannya di toko atau pasar, kini kebiasaan tersebut semakin beralih kepada belanja online. Maka menjadi penting bagi UMKM untuk memaksimalkan branding produknya sehingga lebih menarik minat para calon pembeli”, kata Dewi.

Direktur Marketing PT Digital Kaliber Hariyanto Chung menyampaikan, langkah pertama yang harus dilakukan supaya bisnis bisa sukses adalah mencari dan menentukan pasar.

Pebisnis pemula perlu mencari tahu apa yang dicari dan dibutuhkan konsumen. Kemudian, pebisnis bisa menawarkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Hariyanto pun mewanti-wanti supaya pebisnis pemula tidak membeli produk lebih dahulu. Baginya, mengidentifikasi kebutuhan pasar adalah awalan yang paling penting dalam memulai bisnis.

“Untuk awalan yang harus dicari marketnya dulu, bukan produknya. Karena lebih mudah menjual ketika ketemu marketnya,” kata Hariyanto dalam Webinar yang digelar Komunitas Alumni UMKM UNPAD, Kamis (22/10) malam.

Menurut Hariyanto, menentukan pasar nantinya juga berguna untuk menyusun strategi pemasaran. Sehingga, produk yang dijual bisa laku dengan cepat.

Namun, sebelum sampai ke sana, pebisnis pemula perlu melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memperkuat analisis kebutuhan pasar.

“Di saat ini kita butuh riset. Namun, risetnya jangan kaya buat paper. Kita lihat konsumen itu lagi butuh apa. Lalu kita berpikir untuk menemukan jawaban dari kebutuhan itu. Di saat ini kita butuh menggunakan kemampuan problem solving,” lanjutnya.

Di kesempatan sama, SVP Marketing Division PT Pegadaian (Persero) Elvi Rofiqatul Hidayah menambahkan, strategi riset dalam melihat kebutuhan pasar sangat penting.

Elvi mencontohkan riset awal sebelum Pegadaian meluncurkan program Pembiayaan Haji. Mulanya, pihaknya melakukan riset untuk melihat berapa banyak target pasar.

“Kami melihat pasarnya berapa banyak, yang beragama muslim ada berapa. Kemudian baru dicari lagi dari muslim itu yang membutuhkan pembiayaan haji berapa porsinya dan siapa saja,” katanya.

Elvi menambahkan, riset juga dibutuhkan untuk menentukan strategi pemasaran.

“Apakah nanti disampaikan melalui komunitas, dilakukan secara offline atau online. Itu ada risetnya termasuk itu harapanya mereka itu seperti apa,” katanya.

“Jadi memang perlu dilakukan tapi disesuaikan dengan kebutuhan. Oh, ini mungkin dibutuhkan, kira kira berapa orang dan sebagainya,” pungkasnya.

Dewi tenty menegaskan bahwa strategi branding dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari menyelenggarakan acara, membuat program promosi untuk menarik perhatian target konsumen supaya mau mencoba dan mengkonsumsi produk yang ditawarkan, strategi branding menjadi bagian penting dan menjadi prioritas utama dari sebuah perusahaan untuk menciptakan kompetitif advantage yang bermanfaat untuk pelaku umkm sebagai produsen dalam persaingan usaha pada saat ini.

Strategi branding bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan menjadikan brand tersebut sebagai top of mind di pasar, ujar Dewi.

Manfaat2 ini akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang yang baik dan akan membuat strategi branding hingga mencapai suatu brand awareness di masyarakat.

Webinar ini merupakan dukungan PT Pegadaian (Persero) terhadap langkah pemerintah dalam mengembangkan sektor umkm di indonesia dan sekaligus menciptakan ekosistem umkm yg mampu menjadi penopang pemulihan ekonomi nasional.

Kegiatan ini pun mendapatkan perhatian yang sangat besar bagi pelaku-pelaku UMKM. Hal ini dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir yakni lebih dari 150 orang.

HY

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekbis

Gairahkan Pariwisata Flores, Kemenparekraf Gelar Molas Trip 2020

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kemenparekraf akan melakukan Molas Trip atau Perjalanan Cantik dengan konsep touring motor, yang akan melintasi destinasi-destinasi cantik yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Molas Trip akan dilaksanakan awal Desember 2020.

Rencananya, rute yang akan dilalui peserta akan meliputi jalur utama trans Flores, seperti Labuan Bajo, Ruteng, Aimere, Bajawa, Ende sampai ke Moni – Kelimutu. Selanjutnya tim akan mengeksplorasi jalan-jalan di Kota Mbay, Riung, Pota, Reo dan ke Labuan Bajo melalui Rego.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, mengatakan Molas Trip digelar untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata. “Molas Trip menjadi salah satu upaya Kemenparekraf untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata. Kita kombinasikan dengan aktivitas touring motor yang memang sedang tren,” tuturnya dalam pernyataan tertulis, Selasa (2/12/2020).

Baca juga: Menparekraf: Rp33 Triliun Dana Hibah Untuk Bangkitkan Pariwisata 

Menurut pria yang akrab disapa VJ itu, jumlah orang yang menggunakan sepeda motor dalam kegiatan wisatanya semakin banyak.

“Kita melihat ada peluang bagus dari kegiatan itu. Touring dengan sepeda motor memiliki potensi kontribusi ekonomi yang cukup besar. Kita coba memanfaatkan ini untuk menghidupkan kembali perekonomian masyarakat sekitar destinasi,” tuturnya.

Scenic Route atau rute wisata, bukan hal baru. AKtivitas ini sudah dimulai pada permulaan abad ke 21. Contohnya di Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa seperti Inggris, Jerman dan Norwagia telah lama mengembangkan scenic road atau scenic route untuk menarik pada wisatawan.

Mengenai rute yang dipilih untuk Molas Trip 2020, Vinsen menilai diperlukan kendaraan khusus.

“Yang harus digunakan adalah motor dengan tipe dual purpose atau dualsport, yaitu campuran antara touring aspal dan semi offroad,” katanya.

Oleh karena itu, Molas Trip 2020 juga melibatkan Dualsport Adventure Indonesia. Komunitas ini juga yang merekomendasikan jalur yang akan dilalui peserta.

“Flores punya segalanya, mulai dari Komodo sampai Kelimutu, keramahan masyarakat sampai tradisional budaya yang unik, serta lansekap yang membuat jalananya berkelok-kelok yang sangat cocok untuk wisata touring motor,” kata Vinsen.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya dalam menciptakan akftivitas wisata baru di Mainland (Flores), agar wisatawan tidak hanya terkonsentrasi di Taman Nasional Komodo.

“Seharusnya Flores itu menyediakan banyak pilihan aktivitas wisata. Semakin banyak aktivitas wisata, maka akan semakin baik bagi ekonomi masyarakat Flores dan turut mengurangi beban daya dukung di Taman Nasional Komodo. Jadi wisatawan itu terdistribusi dan menyebar keseluruh Flores,” tandas Vinsen.

IG

Continue Reading

Ekbis

Ambrol, Emas Antam Dibanderol Rp938.000 per Gram

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Mengawali Desember, harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melanjutkan tren penurunan. Logam mulia Antam diperdagangkan Rp938.000 per gram atau turun Rp5.000 pada perdagangan hari ini, Selasa (01/12).

Baca juga: Tak Bergerak, Emas Antam Dibandero Rp953.000 

Sementara itu, harga buy back atau beli kembali pun ikut turun Rp5.000 ke posisi Rp811.000 per gram. Berikut daftar harga emas Antam pada Selasa, 1 Desember 2020:

1 gram Rp 938.000

2 gram Rp 1.816.000

3 gram Rp 2.699.000

5 gram Rp 4.465.000

10 gram Rp 8.875.000

25 gram Rp 22.062.000

50 gram Rp 44.045.000

100 gram Rp 88.012.000

Continue Reading

Ekbis

BPS: November 2020 Inflasi 0,28 Persen, Tertinggi di Tual

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) pada November 2020 terjadi inflasi 0,28 persen. Angka ini lebih tinggi daripada inflasi bulan yang sama 2019 sebesar 0,14 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto menjelaskan, inflasi sejak awal tahun (year-to-date/YTD) sebesar 1,23 persen. Sementara itu, inflasi secara tahunan (year-on-year/YOY) mencapai 1,59 persen.

“Perkembangan inflasi ini berlanjut setelah Oktober mengalami deflasi. Kenaikan inflasi karena harga makanan dan minuman naik,” katanya di Jakarta, Selasa 1 Desember 2020.

Baca juga: BPS: Inflasi 0,07 Persen pada Oktober

Dari 90 kota yang disurvei oleh BPS, IHK di 7 kota deflasi. Sementara 83 kota lainnya inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Tual sebesar 1,15 persen dan terendah terjadi Bima sebesar 0,01% persen

Sementara deflasi tertinggi terjadi di Kendari minus 0,22 persen dan terendah terjadi di Meulaboh dan Palopo minus 0,01 persen.

“Inflasi di kota Tual ini andil kenaikan harga komoditas perikanan, ikan, ayam, dan tongkol harganya naik,” kata Setianto.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC