Connect with us

Lifestyle & Sport

Cerita Seru WNI Jadi Relawan Olimpiade Tokyo (1)

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Tenaga perbantuan atau relawan merupakan salah satu kunci suksesnya suatu perhelatan berskala besar. Termasuk pula gelaran Olimpiade Tokyo yang berlangsung 23 Juli – 8 Agustus 2021.

Tenaga mereka dibutuhkan untuk membantu pihak panitia penyelenggara yang umumnya terkait dengan tenaga kebersihan, pendamping, pengendara, penerjemah dan lainnya.

Salah satunya adalah Sulistyana Arianti seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Tokyo. Ia  mengaku senang bisa menjadi relawan. Arianti bertugas mengantar jemput tim media yang melakukan peliputan Olimpiade Tokyo.

“Aku ingin turut berpartisipasi dalam acara bersejarah ini. Alhamdullilah mudah dan tidak ada kendala sejauh ini,” ujar Arianti ibu 1 anak yang sudah 21 tahun tinggal di Jepang.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, ia mengaku sempat ada rasa khawatir dengan suasana keramaian di Olimpiade Tokyo. Namun ia mencoba untuk selalu berpikir positif.

“Kalau saya pribadi berpikir positif saja. Walau ada perasaan deg-degan juga, yang jelas selalu jaga kebersihan, minum vitamin, dan berpikir bahagia. Tentunya berserah pada Allah SWT. Itu yang utama,” ucapnya.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi berpesan kepada seluruh WNI yang menjadi relawan Olimpiade Tokyo agar disiplin menjaga protokol kesehatan.

“Jaga kesehatan dalam bertugas. Disiplin dan tertib, ikuti instruksi dari panitia penyelenggara. Jaga nama baik Indonesia dan pelajari apa yang anda lihat dan kerjakan sebagai pengalaman berharga,” pesan Dubes Heri.

Baca juga: Anthony Ginting Lolos ke Babak 16 Besar Olimpiade Tokyo 2020 

Sebagai informasi, pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo telah merekrut 80 ribu relawan untuk diperbantukan dalam berbagai aktivitas. Pemerintah Tokyo juga membuka perekrutan untuk 30.000 relawan yang ditugaskan memperlancar berlangsungnya Olimpiade Tokyo.

Untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan, pihak penyelenggara dan pemerintah Tokyo mewajibkan para relawan untuk melakukan tes PCR secara berkala selama penyelenggaraan Olimpiade Tokyo. Termasuk mengenakan masker dan sarung tangan plastik.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Gol Semata Wayang Tammy Abraham Antarkan AS Roma Menang Atas Udinese

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tammy Abraham mengantarkan AS Roma meraih kemenangan lewat gol semata wayangnya saat mereka menundukkan Udinese 1-0 dalam laga pekan kelima Liga Italia di Stadion Olimpico, Jumat WIB.

Abraham mencetak golnya pada menit ke-36 dengan sontekan kaki kanan jarak dekat menyelesaikan umpan kiriman Riccardo Calafiori.

Roma seharusnya bisa unggul lebih cepat bila saja bola sundulan Nicolo Zaniolo tak membentur tiang gawang saat laga baru berusia delapan menit.

Di luar gol Abraham dan tandukan Zaniolo yang ditolak tiang gawang, penyelesaian sepertiga akhir tim besutan Jose Mourinho kurang tajam karena hanya dua kali menemui sasaran dari 12 percobaan tembakan sepanjang laga.

Kendati demikian, kerja mereka di lini belakang cukup disiplin termasuk keberhasilan kiper Rui Patricio mementahkan tembakan sudut sempit Gerard Deulofeu pada menit ke-73.

Baca juga: Hasil Conference League: AS Roma Bantai CSKA Sofia

Patricio juga melakukan penyelamatan krusial lain pada menit pertama injury time kala mengantisipasi tendangan jarak jauh Deulofeu yang melesat tajam dan menepisnya ke atas mistar gawang demi mengunci kemenangan Roma.

Sayangnya, kemenangan Roma diwarnai pengusiran gelandang serang Lorenzo Pellegrini yang harus menerima kartu kuning kedua semenit jelang bubaran.

Roma kembali menempati peringkat keempat klasemen dengan raihan 12 poin, setelah sempat disalip Atalanta (10) dua hari lalu.

Sementara Udinese yang gagal menambah raihan tujuh poin turun ke posisi ke-10, digusur oleh Torino, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Di pertandingan selanjutnya pada Minggu nanti, Roma akan melakoni Derbi della Capitale kontra Lazio berstatus tim tandang sedangkan Udinese menjamu Fiorentina di Friuli.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Barcelona Lawan Cadiz Berakhir Tanpa Gol

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Barcelona ditahan imbang tanpa gol di kandang Cadiz dalam lanjutan La Liga pekan keenam di Estadio Nuevo Mirandilla pada Jumat dini hari WIB.

Tim tamu langsung tampil menyerang sejak awal pertandingan. Barcelona nyaris membuka skor pada menit ke31 lewat sepakan melengkung Memphis Depay, yang masih bisa digagalkan kiper Cadiz Jeremias Ledesma.

Cadiz merapatkan pertahanan mereka dan membuat Barcelona sulit memberikan ancaman berarti hingga turun minum. Kedudukan 0-0 menjadi penutup babak pertama.

Tuan rumah hampir mencetak gol saat babak kedua baru berjalan satu menit melalui tendangan Alvaro Negredo ke pojok atas gawang, tetapi bola masih bisa diselamatkan Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona balas mengancam pada menit ke-52 lewat sepakan Depay dari luar kotak penalti, yang masih bisa dipatahkan oleh Ledesma dan mengamankan gawang Cadiz.

Baca juga: Barcelona Ditahan Granada 1-1

Malapetaka menimpa tim tamu saat mereka harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-65 karena Frenkie de Jong mendapat kartu kuning kedua dan diusir wasit usai melanggar Alfonso Espino.

Unggul jumlah pemain, Cadiz berbalik menggempur pertahanan Barcelona.

Pada menit ke-81, Salvi Sanchez mendapat peluang emas saat berhadapan satu lawan satu dengan Ter Stegen. Namun, kiper asal Jerman tersebut masih bisa mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Menjelang berakhirnya laga, Barcelona mendapatkan peluang untuk mencetak gol melalui skema tendangan bebas yang diambil Philippe Coutinho.

Namun, bola tendangan Coutinho melebar dari gawang Cadiz.

Tak lama berselang, giliran Depay yang gagal mengonversi peluang menjadi gol setelah tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti berakhir di samping gawang.

Kedudukan 0-0 tidak berubah hingga wasit meniup pluit akhir pertandingan. Cadiz dan Barcelona harus puas berbagi angka di laga ini.

Hasil ini membuat Barcelona tertahan di posisi ketujuh dengan raihan 8 poin. Sementara itu, Cadiz berada di urutan ke-14 dengan 8 poin.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Dua Gol Ciro Alves, Tira Persikabo Raih Kememgan Perdana

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Dua gol dari pemain asal Brazil, Ciro Alves sukses membawa Tira Persikabo mencicipi kemenangan perdananya di Liga 1 Indonesia 2021-2022 dengan menundukkan Barito Putera 3-0 dalam laga di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat.

Selain Ciro, gol Tira Persikabo lainnya dilesakkan oleh Muhammad Dimas Drajad, yang baru masuk ke lapangan pada menit ke-37 menggantikan Ahmad Nufiandani.

Sebelum pertandingan tersebut, Tira Persikabo menorehkan dua hasil seri, kontra Madura United dan Persik, serta menderita kekalahan dari Persebaya.

Baik Barito Putera dan Tira Persikabo sejatinya tampil terbuka sejak pertandingan dimulai.

Kedua tim sempat membuat masing-masing dua peluang berbahaya, tetapi penampilan disiplin dari lini pertahanan mereka membuat gol tak terjadi setidak-tidaknya pada 40 menit awal.

Baca juga: Bali United Bekuk Barito Putera 2-1

Namun, Tira Persikabo membuka skor melalui sepakan penalti Ciro Alves pada menit ke-45. Penalti diberikan wasit setelah bek Barito Putera, Dandi Maulana menyentuh bola dengan tangannya.

Unggul 1-0, Tira Persikabo langsung “tancap gas” usai jeda. Dua menit setelah bola bergulir pada paruh kedua, giliran Muhammad Dimas Drajad yang mencatatkan namanya di papan skor.

Dimas dengan tenang menendang bola hasil operan Roni Sugeng ke pojok kiri bawah kiper Barito Putera, Adhitya Harlan.

Setelah itu, Barito Putera terus berusaha membuat gol tambahan. Akan tetapi, justru Tira Persikabo yang menjauhkan keunggulan pada menit ke-59.

Dimas Drajad kali ini berperan sebagai pengirim “assist” untuk Ciro Alves yang menghadirkan gol keduanya dalam pertandingan tersebut. Total, Ciro Alves sudah membuat tiga gol di Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Setelah itu, tidak ada gol lain yang dihasilkan kedua tim. Skor 3-0 untuk kemenangan Tira Persikabo pun tak berubah sampai laga.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC