Uncategorized

Daftar 4 Perjalanan KA yang Dibatalkan dan 14 Dialihkan Imbas Banjir Semarang

Channel9.id – Jakarta. Sejumlah titik rel kereta api yang melintas di jalur pantura mengalami banjir dikarenakan tingginya curah hujan sejak Rabu (13/3/2024) hingga hari ini, Kamis (14/3/2024). Imbasnya, sejumlah perjalanan kereta PT KAI Daop 4 Semarang dibatalkan dan melaksanakan rekayasa pola operasi bagi perjalanan kereta api lainnya.

Genangan air saat ini masih terjadi di tiga titik di wilayah Daop 4 Semarang, yaitu di petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng – Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng – Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang – Kaliwungu. Ketinggian air melebih 10 sentimeter dari rel, sehingga perlu perubahan pola operasi kereta api.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan ada empat perjalanan kereta yang dibatalkan hari ini, di antaranya:
1. KA Ambarawa ekspres relasi Semarang Poncol – Surabaya pasarturi.
2. KA Blora jaya relasi Cepu- Semarang Poncol.
3. KA Kedungsepur relasi Semarang Poncol – Ngrombo.
4. KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solobalapan

Sementara, ada juga rekayasa pola operasi jalan memutar untuk 14 kereta api yang melintas di jalur Utara ke jalur Selatan, yaitu:
1. KA Pandalungan sebanyak 2 KA
2. KA Argo Bromo anggrek sebanyak 2 KA
3. KA Majapahit sebanyak 2 KA
4. KA Brawijaya
5. KA Sembrani
6. KA Kertajaya sebanyak 2 KA
7. KA Harina
8. KA Darmawangsa
9. KA Gumarang
10. KA Jayabaya

Franoto menjelaskan, karena ada beberapa kereta api yang mengalami kelambatan tinggi akibat banjir tersebut, KAI memberikan service recovery (SR) kepada penumpang yang terdampak.

“Service recovery atau SR yang diberikan kepada penumpang yang terdampak yaitu berupa minuman, makanan ringan, dan makanan berat,” kata Franoto dalam keterangannya, Kamis (14/3/2024).

KAI juga memberikan kompensasi kepada pelanggan baik berupa service recovery maupun pengembalian tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan.

“KAI mohon maaf atas pembatalan KA-KA tersebut, bagi para calon penumpang yang telah memiliki tiket bisa mengembalikan di Loket Stasiun dan bea akan di kembalikan 100% di luar bea pesan,” tuturnya.

Pembatalan dapat dilakukan hingga 7 hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Saat ini, KAI terus melakukan upaya untuk perbaikan jalur akibat genangan air tersebut dan mengalihkan aliran air agar tidak menggenangi jalur KA agar jalur Kereta Api yang terdampak banjir kembali normal dan perjalanan KA dapat beroperasi dengan lancar.

“Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan dan kami sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal,” pungkasnya.

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2  +  7  =