Connect with us

Lifestyle & Sport

Debut Perdana, Egy Maulana Dielu-elukan Suporter FK Senica

Published

on

Debut Perdana, Egy Maulana Dielu-elukan Suporter FK Senica

Channel9.id – Jakarta. Egy Maulana Vikri tampil perdana untuk FK Senica ketika menjamu FK Pohronie dalam lanjutan pekan ke-7 Liga Slovakia di Stadion OMS Arena, Sabtu 11 September 2021 atau Minggu dini hari WIB.

Pemain timnas Indonesia itu Egy Maulana Vikri langsung mendapat sambutan meriah dari suporter FK Senica.

Dalam sebuah video dari akun instagram @egymv10, terlihat para suporter menyambut Egy saat berada di lapangan.

Di tribune belakang gawang, suporter FK Senica mengelu-elukan nama Egy.

Egy Maulana Vikri mengawali penampilan dari bangku cadangan saat laga sudah berjalan 59 menit. Egy menggantikan M Ladislav dan memakai nomor punggung 17.

Baca juga: FK Senica Perlihatkan Gol Indah Egy Maulana Vikri

Ketika Egy masuk, FK Senica masih ditahan imbang tamunya dengan skor 0-0. Keputusan pelatih FK Senica, Pavel Sustr memasukkan Egy berbuah manis.

Egy mencatatkan assist untuk membantu rekan setimnya, Sukisa Elvis Mashike mencetak gol kemenangan pada menit ke-76.

Egy yang mendapat ruang di sebelah kanan langsung mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti. Sukisa dengan satu sontekan menjebol gawang Pohronie sambil menjatuhkan diri.

Gol Sukisa jadi satu-satunya gol yang tercipta pada laga ini. FK Senica menutup laga dengan kemenangan 1-0 atas FK Pohronie.

Dengan kemenangan ini, FK Senica sejauh ini sudah mengumpulkan 12 poin dari 7 laga. Mereka berada di peringkat ke-5 klasemen sementara.

HY

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Tentang Kerokan, Dari Manfaat Hingga Efek Sampingnya

Published

on

By

Tentang Kerokan, Dari Manfaat Hingga Efek Sampingnya

Channel9.id-Jakarta. Kamu tentunya tak asing dengan kerokan. Bagi sebagian orang Indonesia, kerokan menjadi solusi “masuk angin” supaya badan kembali bugar. Untuk diketahui, “masuk angin” bukanlah istilah medis, melainkan istilah dari masyarakat awam untuk menggambarkan keluhan demam, menggigil, nyeri otot, pegal-pegal, perut kembung, serta hilangnya nafsu makan.

Perihal kerokan, prinsipnya sebetulnya mirip dengan akupuntur. Saat akupuntur, jarum tipis akan ditancapkan ke kulit untuk meningkatkan temperatur dan energi pada bagian tubuh tertentu. Demikian pula dengan kerokan. Hanya saja, untuk kerokan, bagian tubuh yang sudah dibaluri pelicin, seperti minyak zaitun, cukup dikerok dengan koin atau alat khusus kerokan.

Biasanya bagian leher, pundak, punggung, hingga pinggang yang mendapat kerokan. Saat dikerok, akan muncul warna merah dan ini dipercaya sebagai tanda bahwa “angin sudah keluar”. Sebetulnya, warna merah ini merupakan tanda bahwa pembuluh darah kapiler di bawah permukaan kulit melebar akibat kerokan.

Meski begitu, rupanya pelebaran pembuluh darah kapiler itu bisa meningkatkan aliran darah pada area tubuh yang mendapat kerokan. Bahkan efek samping kerokan ini disebut bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kerokan bisa meringankan peradangan dan mempercepat proses pemulihan tubuh, terutama masalah otot seperti pegal linu dan nyeri otot leher, bahu, kaki, dan punggung.

Bukan cuma itu, kerokan juga bisa membuat tubuh lebih nyaman dan segar. Ini karena kerokan merangsang pelepasan endorfin, yaitu hormon yang memberi efek rasa senang dan nyaman. Pun bisa meringankan sakit kepala.

Selama proses kerokan, Kamu mungkin akan merasa agak sakit akibat kerokan di kulit. Jika Kamu punya memar atau merasa nyeri, coba sampaikan pada orang yang mengerok atau terapis. Sehingga mereka bisa menyesuaikan cara mengerok.

Perihal efek sampingnya, kerokan akan memberi efek kemerahan pada kulit. Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari ke depan. Namun, sebagai catatan, setiap orang punya sensitivitas kulit yang berbeda. Adapun bagi orang yang kulitnya sangat sensitif, dikerok cenderung mendatangkan luka dan menimbulkan infeksi.

Catatan lainnya, orang dengan kondisi medis tertentu tak bisa mendapat kerokan, misalnya penderita diabetes, baru mengonsumsi obat pengencer darah, atau memiliki gangguan pembekuan darah. Kondisi ini juga bisa memperparah efek samping kerokan. Misalnya, jika kerokan membikin kulit luka, bagi penderita diabetes, hal ini membuat luka kerokan sulit sembuh.

Cara mendapat kerokan dengan aman
Pastikan Kamu mendapat kerokan dari orang yang berpengalaman seperti terapis. Dengan begitu, Kamu bisa mendapat manfaatnya secara maksimal, aman, bahkan mengurangi efek samping. Meski begitu, Kamu juga bisa minta kerokan dari orang yang bisa diandalkan di rumah. Namun, jangan lupa untuk memberi beberapa catatan.

Pertama, sebelum kerokan dimulai, pastikan menggunakan alat kerokan, seperti koin atau sendok, yang bersih. Lalu siapkan juga minyak zaitun atau krim untuk dioleskan ke bagian tubuh yang akan dikerok.

Saat mengerok bagian tubuh yang tegang, lakukanlah secara lembut dan perlahan—dari atas ke bawah atau dari dalam ke luar—tingkatkan intensitas tekanan agar sirkulasi darah meningkat. Setelah selesai, usapkan bagian punggung dengan minyak angin agar tubuh lebih hangat. Ingat, jangan langsung mandi setelah kerokan. Kamu butuh waktu hingga tubuh kembali normal sebelum akhirnya mandi.

Jika Kamu merasa tubuhmu lebih baik, artinya kerokan sudah benar. Kalau sebaliknya, coba periksakan diri ke dokter.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Bangkitkan Pariwisata, Hari Ini Festival Jazz Gunung 2021 Kembali di Gelar

Published

on

By

Channel9.id-Surabaya. Usai tidur panjang akibat dilanda pandemi Covid-19, Hari ini festival Jazz Gunung Bromo 2021 akan kembali digelar di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur.

Konser musik jazz yang digelar atas kolaborasi bersama pemerintah ini sangat diharapkan dapat mendongkrak gairah masyarakat untuk berwisata khususnya di zona BST( Bromo, Tengger, Semeru).

Jazz Gunung 2021 ini akan diramain Ring of Fire Project feat Fariz RM, JANAPATI (Dewa Budjana dan Tohpati), Dua Empat, Surabaya Pahlawan Jazz dan The Jam’s (Otti Jamalus dan Yance Manusama).

Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jatim, Heru Tjahyono menyebut, pagelaran musik yang berlokasi di kawasan amfiteater wisata Gunung Bromo itu telah mendapat izin dan tentukan dengan syarat penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Provinsi hanya memberikan dukungan. Sekali lagi bu gubernur mengingatkan tentang prokes. Selama izinnya sudah dikeluarkan, maka pemerintah harus memfasilitasi agar masyarakat tetap aman dan tidak terkonfirmasi positif Covid. Maka prokesnya harus jalan,” ucap Her.

Heru menambahkan, konser musik pertama di tengah pandemi ini merupakan uji coba. Sehingga perlu pengawasan lebih dari pemerintah dan Satgas Covid-19 setempat.

Konser ini memiliki tiga tarif yang dapat diakses di www.jazzgunung.com dengan tarif Tribune Rp 750 ribu, VIP Rp 1 juta dan VVIP Rp 1,25 juta. Semua penonton wajib memakai masker berstandar SNI lengkap dengan protokol kesehatan.

Sebelum masuk, penonton juga diwajibkan melakukan rapid test antigen untuk menghindari klaster. Selain itu, penyelenggara juga menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer dalam jumlah yang memadai.

“Nanti ada PeduliLindungi dan sudah dicek sama dokter Kohar dari dinkes. Itu sudah dilihat dari depan, nanti alur masuk bagaimana, alur keluar bagaimana. Lalu nanti BPBD juga melakukan sweeping kepada orang-orang yang berkerumun, nanti akan diingatkan dan ini memang harus hati-hati betul,” terang dia.

Diketahui Kabupaten Probolinggo yang menaungi Gunung Bromo tercatat telah turun level 2. Sehingga pengoperasian tempat-tempat wisata dan pertunjukan bisa kembali digelar dengan kapasitas terbatas.

“Sesuai Inmendagri, kalau level dua kapasitasnya 25 pesen. Level satu 50 persen dan itu harus diikuti dan harus izin,” tegas dia.
Heru juga menjelaskan, Provinsi Jatim telah siap kembali membuka tempat-tempat wisata, salah satunya wisata alam. Apalagi, warga di sekitar Bromo telah tervaksin 100 persen.

“Vaksinasi masyarakat di sini sudah 100 persen. Tadi sudah mau kita coba dan ini perlu dicatat. Pesennya ibu gubernur juga harus dimasukkan ke Aplikasi PL (PeduliLindungi). Karena aplikasi itu adalah alat untuk mereka melakukan kegiatan, masuk pasar, masuk mal,” terangnya.

Dalam kunjungannya, selain meninjau kesiapan prokes di sana, Heru yang didampingi sejumlah kepala OPD Pemprov Jatim juga menyerahkan bantuan Gubernur Khofifah Indar Parawansa kepada warga Tengger.

“Bantuan-bantuan ini adalah bantuan dari Pemprov Jawa Timur, termasuk ada bantuan puspa, terus desa berdaya. Semua itu disampaikan oleh ibu (gubernur) melalui kami, diutus di sini. Dan yang ketiga adalah ini rangkaian Hari Ulang Tahun Pemprov Jatim yang ke-76,” ucapnya.

“Harusnya ibu hadir di sini. Tapi karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggal, maka ini diwakilan pada kami,” tambah Heru.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Sinarto menyebut bahwa Jazz Gunung akan digelar dengan kapasitas 25 persen dari kapasitas normal 2000 penonton.

“Kalau jumlahnya sekitar 2000 kata Pak Sigit (ketua panitia). Lha kemarin hanya dapat jatah 300 penonton,” jelas Sinarto.

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Muenchen Kokoh di Puncak Klasemen Usai Kalahkan Greuther Fuerth

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Bayern Muenchen menang melawan tuan rumah Greuther Fuerth 3-1 dalam pertandingan pekan keenam Liga Jerman.

Bayern Muenchen mampu menundukkan lawannya walau harus menuntaskan laga dengan sepuluh pemain di Stadion Sportpark Ronhof, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Sang juara bertahan sudah memimpin 2-0 berkat gol-gol Thomas Mueller dan Joshua Kimmich ketika mereka harus kehilangan Benjamin Pavard yang diganjar kartu merah oleh wasit pada menit ke-48.

Namun, situasi 10 lawan 11 itu mampu diatasi Bayern yang kemudian memaksa Sebastian Griesbeck mencetak gol bunuh diri dan tuan rumah cuma bisa mencetak satu gol balasan melalui Cedric Itten.

Bayern melanjutkan tren positif dengan lima kemenangan beruntun dan belum terkalahkan sejak awal musim. Tim besutan Julian Nagelsmann itu memantapkan posisi mereka di puncak klasemen dengan koleksi 16 poin.

Baca juga: Bayern Muenchen Gelar Pesta Gol Saat Menjamu VfL Bochum

Bayern selanjutnya akan menjamu tim Ukraina, Dynamo Kiev, dalam lanjutan penyisihan Grup E Liga Champions di Allianz Arena pada Rabu pekan depan sebelum menghadapi Eintracht Frankfurt di tempat yang sama empat hari kemudian untuk pertandingan Liga Jerman.

Sementara Fuerth masih memburu kemenangan perdana mereka saat bertandang ke Stadion RheinEnergie menghadapi FC Cologne pada Jumat pekan depan.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC