Di Ramadan Ini Pola Tidur Masih Berantakan? Mungkin Ini Sebabnya
Lifestyle & Sport

Di Ramadan Ini Pola Tidur Masih Berantakan? Mungkin Ini Sebabnya

Channel9.id-Jakarta. Di dua per tiga bulan Ramadan ini, ada saja orang yang masih punya masalah dengan pola tidurnya. Namun, mereka mungkin tak sadar bahwa kebiasaan mereka yang tampaknya sepele rupanya bakal memengaruhi pola tidur mereka. Kebiasaan itu adalah bermain ponsel menjelang waktu tidur.

Entah apapun tujuannya, dari chattingan hingga mengecek media sosial, bakal memengaruhi kualitas tidur dan cenderung memangkas waktu tidur. Hal ini pada gilirannya akan menyebabkan kurang tidur dan kelelahan. Di waktu bulan puasa ini, di mana seseorang rentan diserang kantuk, tentu hal itu bakal membuat tantangan selama puasa lebih merepotkan karena rasa kantuk bisa lebih hebat.

Selain itu, masih ada dampak lain lagi yang bakal menghantui, lo. Untuk lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

1. Gangguan tidur
Di malam hari seharusnya Kamu beristirahat. Namun, kerap kali waktu “istirahat” ini digunakan untuk bermain ponsel, terutama menjelang waktu tidur. Padahal bermain ponsel sebelum tidur bakal membuatmu tetap terjaga dan waspada, alih-alih istirahat betulan. Ini karena ada banyak stimulasi dari berbagai aplikasi di ponsel, misalnya media sosial, layanan streaming, dan sebagainya. Nah, stimulasi ini akan membuat otakmu aktif, dan bahkan membuatmu sulit tidur.

2. Hormon melatonin menurun
Paparan cahaya biru dari layar ponsel bisa membuatmu sulit tidur. Ini karena paparan cahaya tersebut menghambat produksi hormon tidur melatonin. Adapun hormon ini diproduksi saat kondisi gelap. Sementara itu, jika Kamu bermain ponsel sebelum tidur, otak menganggap cahaya biru dari sebagai cahaya siang hari. Imbasnya, kadar melatonin jadi menurun dan pada gilirannya menyebabkan insomnia dan menurunkan kualitas tidur.

Nah, di bulan puasa ini, di mana Kamu punya waktu tidur yang cenderung sedikit, bukankah sebaiknya mendapat tidur yang berkualitas? Maka dari itu, sebaiknya jauhi ponsel ketika menjelang tidur.

3. Waktu tidur tertunda
Di bulan puasa ini, Kamu mungkin ingin tidur lebih cepat karena Kamu harus bangun dini haru untuk sahur, dan kemudian lanjut kerja. Namun, kalau Kamu punya kebiasaan main ponsel sebelum tidur, tekadmu untuk tidur lebih cepat bisa gagal, lo. Sudah disinggung sebelumnya, kebiasaan ini akan merangsang otak sehingga Kamu jadi tak tenang sebelum tidur. Waktu tidur pun jadi tertunda dan Kamu bakal tidur lebih larut dari yang direncanakan. Nah, kalau hal ini terus terjadi, maka Kamu bakal cenderung kelelahan karena kurang tidur, demikian kualitas tidur.

4. Pikiran dan emosi terganggu
Seorang ahli mengatakan bahwa kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur bisa memicu kecemasan sebelum tidur. Pasalnya, Kamu hampir pasti bakal menemukan hal yang membuatmu sedih, marah, atau tidak nyaman. Belum lagi suara notifikasi dan sejenisnya yang memungkinkan Kamu teralihkan.

5. Tidur tak nyenyak
Berbagai dampak bermain ponsel sebelum tidur yang sudah disebutkan sebelumnya, memungkinkan Kamu tak mencapai rapid eye movement (REM). REM sendiri merupakan fase tidur di mana Kamu tertidur lelap dan bermimpi. Fase ini dimulai sekitar 90 menit setelah Kamu tertidur. Nah, ketika Kamu tak mencapai fase ini, Kamu bisa dibilang tak tidur nyenyak.

6. Kelelahan dan sulit fokus
Bermain ponsel sebelum tidur juga memungkinkan Kamu merasa kelelahan ketika bangun. Bagaimana tidak, kualitas tidurmu jadi terganggu karenanya. Kamu mungkin akan merasa tak berenergi dan lebih mudah mengantuk pada siang hari. Duh, belum lagi ketika berpuasa, di mana Kamu juga rentan mengantuk? Kalau Kamu tak membenahi kebiasaanmu, Kamu bakal kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, lo. Pasalnya, fokus, konsentrasi, hingga daya pikirmu juga jadi terganggu sehingga Kamu jadi lebih sulit mengambil keputusan penting.

Nah, itu dia berbagai dampak bermain ponsel menjelang tidur. Sebaiknya Kamu jauhi ponsel dari jangkauanmu di waktu menjelang tidur.
(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  55  =  63