Connect with us

Hot Topic

FPI Dibubarkan, KH Halim Machfudz Minta Pemerintah Lebih Merangkul Kelompok Islam Moderat

Published

on

Channel9.id-Jakarta. KH Halim Machfudz meminta pemerintah untuk lebih merangkul organisasi keagamaan yang moderat dan loyal mendukung persatuan-kesatuan bangsa, setelah kebijakan pembubaran Front Pembela Islam (FPI). Sebab, kata dia, hal itu belum menyelesaikan masalah lantaran tidak lama setelah pembubaran Front Pembela Islam muncul Front Persatuan Islam.

“Negara sudah benar melarang FPI. Tapi negara harus waspada karena (Pembubaran FPI-red) tidak akan menyelesaikan masalah. Ini berlangsung terus. Yang harus dilakukan negara adalah merangkul kelompok-kelompok yang paham agama, beragama dengan benar dan bekerja sama membangun masyarakat dengan penuh toleransi, tepo seliro dan saling menghargai satu sama lain,” ujarnya, Ahad (3/1).

Baca juga : PWNU Jatim Dukung Langkah Pemerintah Bubarkan FPI

Menurutnya, pembubaran FPI tidak akan menghilangkan kelompok-kelompok intoleran di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan kemunculan Front Persatuan Islam pasca pembubaran Front Pembela Islam.

“Ini tidak akan berhenti di sini. Mereka akan berganti nama, logo dengan cara-cara yang sama untuk kepentingan mereka sendiri. Ini belum berakhir, ini satu titik perjalanan waktu,” imbuh Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Seblak, Jombang, Jawa Timur itu.

Kyai Halim pun mengungkapkan, kelompok intoleran di Indonesia sebenarnya adalah kelompok kecil namun bersuara paling keras. Meskipun begitu, kelompok bersuara vokal tersebut bukan berarti benar. Sebab, kelompok tersebut justru merupakan kelompok-kelompok penunggang agama untuk kepentingan politik.

“Kalau membela Islam tapi dengan melanggar perintah Allah, seperti bicara keras, mencaci maki itu tidak sama sekali bukan membela Islam. Itu bukan kepentingan agama. Ini bukan masalah agama tapi masalah politik. Masalah kepentingan sekelompok orang yang menggunakan agama untuk mencapai kepentingan mereka. Nah, itu untuk ukuran manusia tidak ada ujungnya,” pungkasnya.

Tokoh NU tersebut menilai bahwa membela Islam tidak harus teriak-teriak di jalan. “Membela Islam yang paling tepat adalah melaksanakan amaliah sesuai perintah Islam. Toleransi dan mengamalkan perintah Allah dan meninggalkan larangan Allah. Itu baru membela Islam,” pungkasnya.

 

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekbis

Dugaan Korupsi Asabri, Kejaksaan Terbitkan Perintah Penyidikan

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung menerbitkan Surat Perintah Penyidikan (Spindik) perkara dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau PT Asabri (Persero) periode tahun 2012 – 2019. “Ssprindik (kasus dugaan korupsi Asabri) telah diterbitkan,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Jumat, 15 Januari 2021.

Surat Perintah Penyidikan ditandatangani oleh Direktur Penyidikan Febrie Adriansyah atas nama Jampidsus. Sprindik Nomor: Print-01/F.2/Fd.2/01/2021 tertanggal 14 Januari 2021 tersebut memerintahkan beberapa orang jaksa penyidik untuk melakukan penyidikan perkara dugaan korupsi di manajemen PT Asabri.

Leonard menjelaskan selama 2012-2019, PT Asabri bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mengatur dan mengendalikan dana investasi berupa pembelian saham sebesar Rp10 triliun melalui pihak-pihak yang terafiliasi. Selain itu investasi penyertaan dana pada produk reksadana sebesar Rp13 triliun melalui beberapa perusahaan manajemen investasi (MI) dengan cara menyimpang dari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perbuatan tersebut diduga telah mengakibatkan kerugian keuangan negara sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. “Selanjutnya, tim jaksa penyidik dalam waktu dekat segera menyusun jadwal pemanggilan saksi-saksi dan tindakan hukum lainnya yang diperlukan serta rencananya akan mulai dilakukan pemeriksaan saksi-saksi pada minggu depannya,” tutur Leonard.

Continue Reading

Ekbis

Dampak Covid, Perekonomian Kuartal IV-2020 Diproyeksikan Minus Dua Persen

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memproyeksikan perekonomian Indonesia pada kuartal IV 2020 mengalami kontraksi antara minus 1-2 persen. “Kami harapkan kuartal IV ini tidak terlalu jelek yaitu minus kami range-nya ya tekan konsesus minus 1 persen sampai dengan minus 2 persen,” ujarnya dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, Jumat, 15 Januari 2021.

Wimboh menyatakan perekonomian Indonesia sepanjang 2020 mengalami tekanan luar biasa yang menyebabkan kontraksi terdalam mencapai 5,32 persen pada kuartal II. Pada kuartal I masih mampu tumbuh positif 2,97 persen. “Kami tahu bahwa pandemi Covid-19 ini luar biasa dan tentunya kami harus mengambil kebijakan yang luar biasa yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya,” kata dia.

OJK bersama pemangku kepentingan lainnya terutama Menteri Keuangan, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memperbaiki perekonomian. Kebijakan yang dikeluarkan adalah Perppu Nomor 1 Tahun 2020 yang saat ini menjadi Undang-undang Nomor 2 Tahun 2020 sehingga pihaknya bersama pemerintah dapat dengan leluasa memberikan stimulus untuk menjaga stabilitas sistem keuangan.

Menurut dia, berbagai stimulus telah mampu secara perlahan memperbaiki perekonomian nasional pada kuartal III meskipun masih dalam zona negatif yaitu terkontraksi 3,49 persen. “Minus 5,32 persen di kuartal II dan juga lebih baik minus 3,49 persen pada kuartal III,” ujarnya.

Wimboh memastikan stabilitas sektor jasa keuangan terjaga dengan baik sepanjang 2020 meski terdapat tekanan ekonomi yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Hal itu terjadi sebagai hasil dikeluarkannya berbagai kebijakan forward looking dan countercyclical policies yang ditujukan untuk mengurangi volatilitas pasar dan memberikan ruang bagi sektor riil untuk dapat bertahan.

Continue Reading

Hot Topic

Merapi Luncurkan Awan Panas sejauh 1.500 Meter

Published

on

By

Channel9.id-Yogyakarta. Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan awan panas guguran dengan tinggi kolom 500 meter dari puncak pada Sabtu, 16 Januari 2021. Arah luncuran awan panas mengarah ke hulu Kali Krasak sejauh 1.500 meter.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan awan panas guguran yang terekam di seismogram pada pukul 04.00 WIB itu memiliki durasi 150 detik dengan amplitudo maksimum 60 milimeter. “Angin saat kejadian bertiup ke timur,” kata dia.

Selain awan panas guguran, selama periode pengamatan pukul 00:00-06:00 WIB, BPPTKG mencatat satu kali guguran material dengan jarak luncur 500 meter mengarah ke barat daya. Satu kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 500 meter ke arah hulu Kali Krasak.

BPPTKG juga merekam satu kali gempa awan panas guguran dengan amplitudo 60 mm dan durasi 150.6 detik, 35 kali gempa guguran dengan amplitudo 4-15 mm dan durasi 17.9-116.5 detik, 11 kali gempa hybrid/fase banyak dengan amplitudo 3-12 mm, dan durasi 6.5-8.2 detik, serta dua kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 30-70 milimeter, dan durasi 9.5-22.2 detik.

Berdasarkan pengamatan visual, asap kawah tidak teramati keluar dari puncak kawah Merapi. Cuaca di gunung itu berawan dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dengan suhu udara 13-21 derajat Celsius, kelembaban udara 66-88 persen, dan tekanan udara 625-686 mmHg.

BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Potensi bahaya akibat letusan Merapi diperkirakan maksimal dalam radius lima kilometer dari puncak.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC