Connect with us

Uncategorized

FSGI Menuntut Calon Kepala Daerah Majukan Kualitas Pendidikan

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Heru Purnomo menyampaikan, pasangan calon kepala daerah di Pilkada 2020 yang nanti terpilih memperhatikan pembangunan kualitas pendidikan di daerahnya.

“Intinya, calon kepala daerah memang harus memback up majunya pendidikan. Setiap daerah memiliki kekuatan penuh terhadap pendidikan,” kata Heru, Kamis (29/10).

Heru menjelaskan, untuk pendidikan menengah, pengelolaan sepenuhnya di tingkat provinsi. Sementara untuk tata kelola pendidikan SD dan SMP ada di kabupaten dan kota.

“Jadi, kepedulian pemerintah kabupaten atau kota ikut menentukan kualitas pendidikan,” katanya.

Heru pun berharap paslon di Pilkada 2020 menerapkan kebijakan yang total mendukung kemajuan pendidikan saat terpilih nanti. Heru menilai, selama ini birokrasi pendidikan di daerah justru lebih berfungsi sebagai penghambat kemajuan pendidikan.

“Kenapa seperti itu? Karena banyak sekali regulasi yang tidak mendukung sepenuhnya pemberdayaan guru dan pembangunan infrastruktur pendidikan,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa syarat agar upaya pembangunan mutu pendidikan dapat berjalan dengan baik.

“Pertama, SDM harus mempunyai orientasi membangun pendidikan. Kedua, memberikan perhatian terhadap anggaran terkait pendidikan di APBD,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized

Mendagri Tito: Aparat Tindak Tegas Pelanggaran Prokes Pilkada

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta.  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta aparat keamanan di Provinsi Sulawesi Utara untuk bertindak tegas menegakkan aturan protokol kesehatan pada sisa massa kampanye, pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 sampai rekapitulasi perhitungan suara.

“Kita masih ada dua hari lagi kampanye, jaga agar kampanye ini tidak terjadi kerumunan apalagi konflik, kekerasan, kemudian tanggal 6, 7, dan 8 (Desember) adalah masa tenang,” kata Mendagri pada saat menjadi Inspektur pada Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Polda Sulut, Jumat (04/12).

Tito menekankan agar pada massa tenang Pilkada tidak diijinkan ada kegiatan kampanye.  “Tidak boleh ada kegiatan kampanye dalam bentuk apapun, terjadi pembersihan semua alat peraga, spanduk, baliho yang menampilkan pasangan-pasangan calon, semua sudah harus bersih, dan tanggal 9 (Desember) nanti kita akan memasuki tahapan inti yaitu pelaksanaan pemungutan suara,” tegasnya.

Baca juga: Instruksi Mendagri Sebagai Early Warning Kepala Daerah Tegakkan Prokes

Proses pemungutan suara, sambung Tito, sudah diatur sedemikian rupa agar masyarakat aman dari paparan Covid-19. Misalnya, masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) tidak boleh lebih dari 500 orang. Para pemilih juga akan diundang sesuai dengan jam jam tertentu yang akan dimulai pada 07.00 sampai 13.00 waktu setempat.

“Petugas TPS harus menggunakan alat pelindung Covid-19, mulai dari sarung tangan, masker, face shield, bahkan untuk mereka yang dikarantina di rumah sakit harus memakai APD lengkap,”tandasnya.

Continue Reading

Uncategorized

Jokowi: Kepala Daerah Memegang Kendali Penanganan Corona dan Pemulihan Ekonomi

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mengingatkan  gubernur, bupati, dan wali kota untuk memegang penuh kendali mereka di wilayah masing-masing mengenai penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah. Para kepala daerah dalam hal ini bertugas untuk memberi perlindungan kepada warganya.

“Tugas kepala daerah adalah melindungi keselamatan warganya dan juga sudah saya sampaikan, keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi,” ujarnya saat memimpin rapat terbatas untuk membahas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/11).

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Berlanjut, Jokowi Paparkan 4 Fokus APBN 2021 

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan jajarannya untuk memberi upaya penanganan ekstra di dua wilayah, yakni Jawa Tengah dan DKI Jakarta yang mengalami peningkatan kasus pada beberapa waktu belakangan ini.

“Saya ingin ingatkan bahwa ada dua provinsi yang menurut saya perlu perhatian khusus karena peningkatan dalam minggu ini, dalam dua-tiga hari ini, peningkatannya drastis sekali, yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta,” tuturnya.

Sebagai informasi, per 29 November kemarin, kasus aktif di Indonesia kini berada di angka 13,41 persen. Meskipun angka tersebut masih lebih baik dari angka rata-rata dunia, Presiden tetap meminta jajarannya untuk waspada mengingat angka indikator yang sama pada minggu lalu masih lebih baik di angka 12,78 persen.

Adapun  tingkat kesembuhan pasien yang pada minggu lalu berada di angka 84,03 persen, kini sedikit menurut di angka 83,44 persen. Penurunan tersebut disinyalir karena adanya peningkatan kasus-kasus di beberapa waktu belakangan.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta kepada jajarannya mengenai perkembangan persiapan pelaksanaan vaksinasi dan pemulihan ekonomi secara nasional. “Saya nanti juga minta kepastian mengenai vaksin dan mulainya vaksinasi,” tandasnya.

Continue Reading

Uncategorized

Bima Arya Minta Rizieq Shihab Segera Tes Swab

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan sudah berkoordinasi mengenai Rizieq Shihab dengan RS UMMI, Kota Bogor. Bima meminta agar Habib Rizieq segera menjalani tes swab. Permintaan itu sudah ia sampaikan ke pihak RS UMMI.

“Saya sampaikan lagi agar Habib jalani PCR test. Pihak RS merespons dengan baik dan sudah sampaikan ke pihak keluarga. Saat ini sedang dirundingkan oleh pihak keluarga,” ucap Bima, dikutip Detikcom, Kamis (27/11/20).

Bima menyebut Pemkot Bogor siap memfasilitasi tes swab Habib Rizieq. “Pemkot siap untuk mengirim team swab besok pagi,” lanjutnya.

Baca juga: Rizieq Shihab Dirawat, RS Ummi Bogor: Tidak Mengarah ke Covid-19 

Bima memastikan tidak ada kerumunan di lokasi selama Habib Rizieq dirawat di RS UMMI Bogor. Ia meminta warga dan jemaah lainnya untuk tidak berkumpul di RS UMMI.

“Jamaah diminta tidak berkumpul atau berkerumun. Cukup mendoakan dari rumah saja,” tuturnya.

Pihak RS UMMI Bogor sudah angkat bicara soal kondisi Habib Rizieq. Habib Rizieq disebut saat ini dirawat di president suite rumah sakit tersebut.

“Jadi beliau (Habib Rizieq) ke sini, dari hasil screening di tim kami Alhamdulillah, tidak mengarah ke COVID,” kata Direktur Utama RS UMMI Bogor, Andi Tatat, di RS UMMI Bogor, Jalan Empang II No 2, Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (26/11).

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC