Politik

Gerindra dan PKB Jajaki Peluang Koalisi Pilpres 2024

Channel9.id – Jakarta. Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjajaki peluang berkoalisi pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (pilpres) 2024. Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di sela-sela Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung, Kamis 23 Desember 2021.

“Gerindra dan PKB sama-sama partai yang memiliki orientasi untuk kemajuan rakyat bangsa dan umat. Kita sama-sama memiliki ketajaman bagaimana perjuangan terhadap rakyat, orang kecil terus diasah dan kita sama-sama memiliki orientasi-orientasi kebangsaan. Kita bicara dengan Pak Muhaimin tentang Pancasila, termasuk beberapa perkembangan-perkembangan politik di Tanah Air kita bicarakan,” kata Muzani.

“Dikit-dikit kita sudah mulai bicara tentang, Pak Muhaimin bertanya kepada kami tentang apakah Pak Prabowo maju (Pilpres 2024), kami jawab Pak Prabowo insyaallah maju. Kami juga bertanya kepada Pak Muhaimin, apakah Bapak maju 2024? Pak Muhaimin juga mengatakan, ya insyaallah juga,” imbuh wakil ketua MPR tersebut.

Baca juga: Gerindra Sumut Sepakat Prabowo Subianto Capres 2024

Pertemuan ini tidak lain silaturahmi sekaligus menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar NU atas dipercayakannya Lampung menjadi tuan rumah penyelenggaraan muktamar. Pertemuannya dengan Muhaimin, kata Muzani, sebagai upaya untuk menjaga tradisi kebangsaan sekaligus menghadirkan suasana yang damai di tengah muktamar.

“Saya hari ini ketemu ketua umum PKB, seperti saudara-saudara tahu saya ini anggota DPR dari Dapil (daerah pemilihan) Lampung I. Lampung sekarang sedang menjadi tuan rumah muktamar. Karena itu, kami merasa ikut berbahagia mendapat kehormatan atas dipercayanya Lampung sebagai tuan rumah muktamar,” ucap Muzani.

“Lebih dari itu di muktamar ini kami kerawuhan (kedatangan) ketua umum PKB, Pak Muhaimin Iskandar, sehingga sebagai sesama pimpinan partai politik saya merasa perlu untuk mangayubagyo (berbahagia) dan merasa perlu untuk menemui beliau untuk menyampaikan rasa terima kasih,” tutur Muzani.

Meski demikian, Muzani tidak bisa memastikan kepastian koalisi Gerindra dengan PKB. Muzani mengatakan itu semua bergantung pada proses politik ke depan.

Sementara itu, Muhaimin mengatakan PKB dan Gerindra memiliki kepentingan yang sama untuk menyukseskan penyelenggaraan muktamar.

“Pak Muzani sebagai nahdliyin juga, tentu kita saling bahu membahu menyukseskan muktamar. Tentu sebagai bagian dari partai politik yang penting di Tanah Air, kita terus bersinergi di DPR dan pemerintahan guna suksesnya pemerintahan periode ini sampai 2024,” ujar Gus Muhaimin.

Disinggung mengenai kemesraan yang terjalin dengan Gerindra, Gus Muhaimin mengatakan bahwa hubungan baik PKB dengan Gerindra sudah terjalin sejak dulu. Terkait dengan koalisi pun Muhaimin tak menampik ada peluang untuk itu.

“Kemesraan sudah dari dulu dan moga-moga kemesraan itu abadi. (Peluang koalisi 2024) tipis-tipis lah,” kata wakil ketua DPR itu.

Dalam pertemuan ini, Muzani turut didampingi oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Gus Irfan Yusuf, Ketua DPP Gerindra Prasetyo Hadi, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Lampung Rahmad Mirzani Djauzal, Sekretaris DPD Gerindra Lampung Pattimura dan Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Sementara itu, Muhaimin didampingi Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid, Sekjen Hasanuddin Wahid, Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Ermarini, dan mantan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

39  +    =  44