Google Bakal Tunjukkan Bagaimana Aplikasi Berdayakan Data Pengguna
Techno

Google Bakal Tunjukkan Bagaimana Aplikasi Berdayakan Data Pengguna

Channel9.id-Jakarta. Saat ini, pengguna bakal bisa melihat catatan baru di Play Store yang menampilkan informasi tentang cara aplikasi mengumpulkan, menyimpan, dan membagikan data. Informasi ini akan ditampilkan di “data safety section.”

Google pertama kali memperkenalkan fitur tersebut pada Mei 2021 lalu, dan membocorkan tampilannya pada Juli kemudian. Dilansir dari Engadget, di “data safety section”, pengguna bakal melihat jenis data apa saja yang akan dikumpulkan oleh aplikasi. Selain itu, pengguna juga bisa melihat apakah aplikasi memerlukan data tersebut, dan apakah pengumpulan data tersebut bersifat opsional. Dijelaskan pula mengapa data dikumpulkan dan apakah pengembang membagikan data tersebut ke pihak ketiga.

Pengembang aplikasi juga bisa menambahkan informasi terkait tindakan keamanan apa yang mereka praktikkan—seperti apakah mereka mengenkripsi data dan apakah pengguna bisa meminta aplikasi untuk menghapus data tersebut. ”Data safety section” ini juga akan menunjukkan apakah praktik keamanan tersebut sudah sesuai standard global.

Hal yang tak kalah penting, melihat berbagai informasi tersebut, orang tua atau wali dari anak kecil bisa memastikan apakah aplikasi cocok untuk anak-anak.

Google mengatakan akan meluncurkan fitur tersebut secara bertahap. Adapun “data safety section” akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang. Namun, perlu dicatat, belum tentu semua pengguna bisa langsung melihat fitur tersebut. Sebab bisa jadi beberapa aplikasi masih belum memiliki “data safety section”.
(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

50  +    =  54