Hati-hati, Jangan Minum Kopi Bersamaan dengan Makanan Ini
Lifestyle & Sport

Hati-hati, Jangan Minum Kopi Bersamaan dengan Makanan Ini

Channel9.id-Jakarta. Sehabis makan siang di jam istirahat, Kamu mungkin langsung minum kopi dengan harapan kembali segar. Atau mungkin, Kamu minum kopi sambil makan siang. Saat ini masih ada banyak orang yang punya dua kebiasaan ini. Namun, tahukah Kamu bahwa dua kebiasaan ini bisa berdampak serius pada kesehatanmu?

Mungkin Kamu belum tahu bahwa minum kopi setelah makan bisa mengganggu penyerapan nutrisi dari makan yang Kamu konsumsi. Padahal nutrisi ini seharusnya diserap tubuh agar tubuh berfungsi normal. Pada akhirnya, ini akan berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh, lo. Nah, apalagi jika Kamu minum kopi sambil makan. Dua kebiasaan tersebut punya efek yang serupa.

Baca juga: Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong

Kamu juga perlu tahu bahwa ada sejumlah makanan yang bisa memperparah dampak dari dua kebiasaan itu. Makanan ini tentu saja harus dihindari. Untuk lebih lanjut, simak daftar makanan yang sebaiknya tidak dimakan bersamaan dengan minum kopi.

1. Ikan
Ikan tak boleh dimakan bersamaan dengan kopi, karena kandungan vitamin D dan berbagai mineral di dalam daging ikan akan lebih sulit diserap oleh tubuh.

2. Daging hingga kacang-kacangan
Daging tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Pasalnya, kandungan tannate pada kopi akan menghambat pengeluaran dan penyerapan zinc—dari daging, kacang-kacangan, hingga unggas—yang mestinya diserap oleh tubuh.

3. Susu dan olahan Susu
Jika Kamu meminum kopi bersamaan dengan kopi, kopi akan menghambat penyerapan kalsium dan bahkan mengeluarkannya melalui urin. Efek ini relatif kecil, di mana setiap minum cangkir kopi bisa mengeluarkan 2—3mg dari 1.000mg asupan harian yang disarankan. Namun demikian, jika Kamu tak ingin efek ini terjadi, sebaiknya jangan mengonsumsi susu atau olahan susu bersamaan dengan kopi.

4. Jamur
Jika Kamu baru mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti jamur, sebaiknya hindari kopi. Pasalnya, kopi bisa menghambat penyerapan nutrisi tersebut.

5. Gorengan
Gorengan saja sudah tinggi lemak jahat dan kolesterol. Jika dikombinasikan dengan kafein di dalam kopi, bisa jadi hal ini akan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cepat.

Mau bagaimanapun, kebiasaan minum kopi setelah makan atau sambil makan memang harus dihindari karena bisa menghambat penyerapan nutrisi. Nah, lebih-lebih jenis makanan yang disebutkan di atas.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

6  +  2  =