Connect with us

Lifestyle & Sport

Hujan di Pagi Hari, Harusnya Jangan Tergoda Tidur Lagi!

Published

on

Hujan di Pagi Hari, Harusnya Jangan Tergoda Tidur Lagi!

Channel9.id-Jakarta. Pagi-pagi ini, sebagian wilayah di Indonesia diguyur hujan. Suasana yang menyejukkan ini membikin Kamu bikin malas beranjak dari tempat tidur, ‘kan? Alih-alih bangun, Kamu malah tidur lagi saking nyamannya.

Untuk Kamu yang gabut di pagi hari, kemungkinan besar “tidur lagi” jadi pilihan hari ini. Apalagi jika malam harinya Kamu memang kurang tidur.

Baca juga: Insomnia Selama Pandemi? Ini Teh Herbal yang Bantu Kamu Cepat Tidur

Meski tampak sepele, perlu Kamu ketahui kalau tidur di pagi hari bisa berdampak buruk buat kesehatanmu, lo. Lebih-lebih risikonya jika Kamu Kamu punya kebiasaan ini. Jadi, sebaiknya hindari kebiasaan tidur di pagi hari mulai dari sekarang.

Kalau Kamu belum tahu apa saja dampak buruk tidur di pagi hari, coba simak ulasan berikut ini.

1. Sulit berkonsentrasi
Tidur pagi atau kurang tidur membuat seseorang lebih sulit untuk fokus bekerja dan memusatkan perhatian. Ini tentunya akan mengganggui kinerja dan produktivitas kerjamu seharian.

Untuk itu, sebaiknya cukupi juga kebutuhan tidurmu, agar tak mudah tergoda untuk tidur lagi di pagi hari. Apalagi di saat cuaca pagi saat hujan begitu sejuk. Adapun dengan tidur cukup, Kamu bisa berpikir lebih jernih, dan lebih mampu memecahkan masalah.

2. Sakit kepala hingga depresi
Kurang tidur akibat begadang atau gangguan tidur biasanya membikin Kamu cenderung tidur di pagi hari. Kebiasaan ini bisa membuatmu rentan mengalami sakit kepala, pusing, atau bahkan stres. Sejumlah studi telah membuktikan hal ini.

3. Berisiko terkena obesitas
Tidur di pagi hari akan mengganggu metabolisme tubuhmu, lo. Saat Kamu tidur di pagi hari, proses metabolisme “dipaksa” untuk melambat. Sementara, normalnya di pagi hari metabolisme bekerja dengan normal, sebagaimana jam biologis atau ritme sirkadian.

Adapun saat tidur di pagi hari, Kamu nyaris pasti melewatkan sarapan. Selain itu, di saat bangun, perutmu dalam keadaan yang sangat kosong, jadi Kamu cenderung makan lebih banyak karena sangat lapar. Hal ini bisa memicu kenaikan berat badan dan obesitas. Sementara itu, saat Kamu tidur setelah sarapan, memicu penumpukan makanan di perut karena makanan yang baru dimakan belum selesai dicerna—yang berujung pada kenaikan berat badan bahkan obesitas.

4. Berisiko terkena penyakit jantung
Membayar utang tidur di malam hari dengan tidur pada siang hari membuat seseorang rentan terkena penyakit jantung. Hasil riset menyebutkan bahwa kurang tidur di malam hari—termasuk akibat gangguan tidur seperti insomnia—bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini terjadi karena terjadi peradangan dan peningkatan tekanan darah ketika tidur pada pagi hari—mengingat berdasarkan jam biologis, seharusnya manusia aktif beraktivitas pada pagi hari.

Itu dia sejumlah dampak buruk tidur di pagi hari. Coba pastikan cukupi kebutuhan tidurmu—paling tidak, 7-9 jam per malam—agar Kamu bisa beraktivitas dengan normal dan menghindari berbagai risiko penyakit. Selain itu, Kamu juga jadi lebih mudah melawan godaan untuk tidur lagi, di saat cuaca pagi begitu sejuk saat hujan.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

PSIS Siapkan Taktik Hadapi Arema FC

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. PSIS Semarang sudah mengantongi taktik yang akan diterapkan saat menghadapi Arema FC pada lanjutan kompetisi BRI Liga 1 Indonesia 2021 pada akhir pekan nanti.

“Kelebihan dan kekurangan Arema FC sudah kami pelajari,” kata pelatih sementara PSIS Semarang Imran Nahumarury dalam siaran pers di Semarang, Kamis.

Menurut dia, Arema FC merupakan salah satu tim di Liga 1 yang memiliki kedalaman skuad yang cukup baik.

“Arema tim kuat, pemainnya berkualitas,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata dia, para pemain PSIS diminta untuk fokus untuk menyiapkan diri dalam menjelang laga melawan Arema.

Baca juga: PSIS Petik Kemenangan Kedua

Wallace Costa dan kawan-kawan menjalani latihan di Lapangan Yonif 305/Tengkorak, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Dalam latihan tersebut tim pelatih memberi materi taktikal yang disesuaikan dengan persiapan saat melawan Arema FC.

“Mudah-mudahan anak-anak bisa mengaplikasikan yang dilatihkan saat pertandingan nanti,” katanya.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Suka Ngupil? Tak Masalah, Tapi Ini Risikonya

Published

on

By

Suka Ngupil? Tak Masalah, Tapi Ini Risikonya

Channel9.id-Jakarta. Banyak orang yang punya kebiasaan ngupil atau mengorek kotoran hidung dengan jari. Hal ini dilakukan dengan harapan bisa bernapas lebih lega, mengingat kotoran hidung sudah menghalangi lubang hidung. Atau, sekadar iseng.

Kebiasaan itu sebetulnya tak berbahaya. Namun, kalau dilakukan terlalu sering dan tak memerhatikan kebersihan tangan, justru bisa berisiko bagi kesehatan, lo. Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, di mana virus penyebabnya, Corona, bisa bertahan beberapa jam bahkan hari di permukaan benda.

Bisa saja, tanpa Kamu sadari Kamu menyentuh benda yang terkontaminasi virus tersebut. Hal ini memungkinkan perpindahan virus tanganmu. Nah, kalau Kamu ngupil tanpa membersihkan tangan, nyaris pasti virus juga bakal berpindah dari jari ke hidung. Ini tentunya meningkatkan risiko terinfeksi COVID-19. Bahkan, ini juga berlaku untuk beberapa penyakit tertentu, lo.

Nah, selain itu, berikut ini dampak buruk lainnya dari kebiasaan mengupil. Mari disimak.

1. Infeksi
Kebanyakan orang mengupil dengan jari. Kamu mungkin salah satunya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika jari yang digunakan untuk mengupil tak bersih, maka kemungkinan besar bakteri dari jari berpindah ke hidung. Nah, ini meningkatkan risiko infeksi hidung, lo, mengingat bagian atas di dalam hidung cukup sensitif.

Selain infeksi hidung, bukankah mengupil dengan jari yang kotor, tanpa mempertimbangan COVID-19-yang saat ini masih jadi pandemi—merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan? Bahkan, bukan cuma COVID-19. Bisa saja Kamu berisiko terkena penyakit lain, mengingat Kita tak tahu bakteri atau virus apa yang menempel di jari. Maka dari itu, pastikan tanganmu harus bersih sebelum mengupil. Cucilah tangan!

2. Muncul jerawat atau bisul dalam hidung
Menggunakan jari yang kotor saat ngupil memungkinkan munculnya jerawat atau bisul di dalam hidung. Ini terjadi akibat bakteri Staphylococcus Aureus, yang umumnya ditemukan di dalam hidung orang yang suka ngupil. Jika jerawat atau bisul ini muncul, hidungmu jadi tersumbat dan bahkan bisa mempengaruhi sistem pernapasan.

3. Mimisan
Kebiasaan ngupil juga bisa membikin mimisan, lo. Hal ini sering terjadi pada anak-anak. Saat mengupil dengan jari, kuku jari mereka melukai bagian dalam hidung dan bisa menyebabkan perdarahan. Jika ini terjadi, maka peluang terkena infeksi jadi lebih besar.

4. Perforasi septum
Jika Kamu terlalu sering mengupil terlalu dalam, risiko mengalami perforasi septum semakin besar. Adapun perforasi septum ialah kondisi di mana sekat antara lubang hidung sebelah kanan dan kiri terbuka atau mengalami luka. Nah, kondisi ini bisa menyebabkan mimisan, bahkan pada kasus tertentu memerlukan operasi untuk mengobatinya.

Nah, itulah beberapa risiko ngupil. Meski kadang banyak orang merasa perlu ngupil, paling tidak, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kembali membersihkan tangan setelah ngupil. Kamu juga jangan terlalu sering melakukannya dan, saat melakukannya, pastikan tidak terlalu dalam. Lalu upil pun mestinya tak dibuang sembarangan, misalnya ditaruh di tisu kemudian langsung dibuang ke tong sampah.

Selain itu, di masyarakat, perilaku ngupil dianggap jorok. Untuk itu, jika ingin ngupil, pastikan Kamu di tempat yang aman dari penghakiman orang lain. Kamu bisa memilih kamar mandi sebagai tempat yang aman untuk ngupil.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Gol Diaz dan Hernandez Kerek AC Milan ke Posisi 2 Seri A

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Brahim Diaz dan Theo Hernandez mencetak gol dan membawa AC Milan menang 2-0 atas Venezia, Rabu (Kamis dinihari WIB). Hasil ini juga mengangkat peringkat AC Milan ke urutan kedua klasemen sementara Liga Italia Seri A.

Milan yang menjadi tuan rumah malam itu memulai pertandingan tanpa striker utama karena belum pulihnya pemain veteran Zlatan Ibrahimovic dan Olivier Giroud dari cedera.

Berjuang sejak awal laga untuk mengatasi tim promosi tersebut, Rossoneri akhirnya dapat mencetak gol pada menit ke-68 melalui Diaz setelah mendapat umpan dari Hernandez.

Hernandez yang baru masuk di menit ke-59, menggandakan keunggulan Milan delapan menit menjelang waktu normal babak kedua usai.

Kemenangan tersebut mengantar tim asuhan Stefano Pioli mengumpulkan 13 poin, atau sama dengan yang didapat rival sekota Inter Milan yang bertengger di puncak klasemen, sedangkan Venesia masih terpuruk di urutan 18.

Baca juga: Hasil Liga Champions: Liverpool Menang Atas AC Milan

Usai pertandingan Hernandez, seperti dilansir Reuters, mengakui bertekad membawa AC Milan ke posisi yang lebih baik dibandingkan musim lalu, ketika Rossoneri finis di urutan dua.

“Kami harus memenangkan semua pertandingan,” kata Hernandez kepada Sky Sport Italia. “Pada hari Sabtu melawan Spezia kami membutuhkan tiga poin lagi. Kami bermain untuk sesuatu yang lebih, untuk memenangkan Scudetto,” lanjutnya.

Pelatih Milan Pioli memberikan pujian khusus untuk Diaz, yang kini telah mencetak tiga gol musim ini di semua kompetisi.

“Dia adalah pemain yang selalu sangat percaya pada kualitasnya sendiri, tetapi dia membutuhkan sedikit aklimatisasi di liga yang berbeda dari biasanya,” kata Pioli.

“Dia adalah gelandang serang murni, dengan kualitas nyata. Dia harus terus seperti ini. Saya sangat senang karena dia memiliki keinginan besar untuk bekerja dengan kami dan dia pantas mendapatkan pujian,” kata sang pelatih.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC