Connect with us

Nasional

IDI Minta Menkes Tidak Terburu-buru Dalam Vaksinasi Corona

Published

on

Channel9.id-Jakarta. PB IDI meminta Menkes Terawan Agus Putranto tidak terburu-buru dalam proses vaksinasi corona. Hal itu disampaikan IDI dalam sebuah surat yang ditandatangani Ketua Umum PB IDI dr Daeng M Faqih.

“Perlu diadakan persiapan yang baik dalam hal pemilihan jenis vaksin yang akan disediakan serta persiapan terkait pelaksanaannya. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden agar program vaksinasi ini jangan dilakukan dan dimulai dengan tergesa-gesa,” tulis IDI dalam surat tertanggal 21 Oktober 2020.

Baca juga: Demo IDI Ciptaker, IDI: Jakarta Harus Siap Tarik Rem Darurat Lagi

Surat ini disampaikan humas PB IDI Halik Malik dan diunggah akun Twitter IDI, Kamis (22/10). Dalam surat tersebut, IDI menyebut ada syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam pemilihan vaksin. Apalagi tenaga kesehatan menjadi kelompok yang akan disuntik pertama pada November nanti.

BPOM juga telah menyebutkan syarat mutlak vaksin sebelum diberikan ke masyarakat, yakni efektivitas, imunogenitas, serta keamanannya. Syarat itu harus dibuktikan dengan hasil yang baik melalui uji klinik fase III yang dipublikasikan.

Saat ini uji klinis III salah satu kandidat vaksin yakni Sinovac masih diuji klinis di sejumlah negara, yakni Brasil, Bangladesh, Chile, dan Indonesia.

“Dari data yang ada, saat ini uji coba vaksinasi Sinovac di Brasil sudah selesai dilaksanakan pada 9.000 relawan. Namun hasilnya baru akan dikeluarkan segera setelah selesai dilakukan vaksinasi pada 15.000 relawan,” ungkap IDI.

IDI melihat bahwa unsur kehati-hatian juga dilakukan negara lain dengan tetap menunggu data lebih banyak lagi dari hasil uji klinis fase III. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa program vaksinasi adalah sesuatu program penting, tetapi tidak bisa tergesa-gesa.

Sementara uji klinis III di Indonesia baru dimulai Agustus. Dan diproyeksikan selesai Januari 2021.

IDI menyebutkan, dalam situasi pandemi ini WHO memang memperkenankan pembuatan dan penyediaan obat atau vaksin dapat dilakukan melalui proses Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin COVID-19 kepada lembaga yang memiliki otoritas. Di Indonesia, ada BPOM.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Contact Tracing Anies dan Riza, Hasilnya 24 Positif Corona

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta melakukan pelacakan kontak erat (contact tracing) secara aktif kepada orang-orang di lingkungan kegiatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Sebanyak 437 orang pun menjalani tes usap atau swab test usai Anies dan Riza positif Covid-19.

“Hingga Selasa kemarin, kami di Dinkes DKI Jakarta dan jajaran telah mencatat 158 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti dalam keterangan tertulis, Rabu (02/12).

Baca juga: Kronologi Anies Baswedan Terinfeksi Covid-19 

Hasilnya adalah 5 orang positif. Sedangkan 111 lainnya negatif dan 42 orang masih menunggu hasil.

Sementara itu, 279 orang yang diketahui melakukan kontak erat dengan Riza selama 28 November hingga 1 Desember juga telah dilakukan tes usap. Hasilnya 19 positif, 185 negatif, dan 75 orang lainnya masih menunggu hasil.

“Mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 kemudian menjalani isolasi mandiri ataupun perawatan sesuai dengan derajat gejala yang dialaminya,” jelas Widyastuti.

Namun, Widyastuti menegaskan kasus positif bukan berarti ditularkan dari Anies atau Riza, namun menentukan klaster kasus yang bersamaan terjadi selama masa inkubasi Covid-19.

“Saat ini belum ditemukan kasus positif di antara mereka yang berinteraksi langsung dengan gubernur baik dari keluarga maupun tim kerja setelah gubernur dikonfirmasi positif,” imbuhnya.

Widyastuti mengimbau, agar masyarakat dapat melaporkan ke Puskesmas dan dilakukan tes usap PCR secara gratis apabila termasuk kontak erat Anies maupun Riza.

Continue Reading

Nasional

Sambut Nataru, KAI Madiun Siap Operasikan 4 KA

Published

on

By

Channel9.id-Madiun. Sambut libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur, akan mengoperasikan empat kereta api (KA) selama liburan.

KAI Daop 7 Madiun telah membuka layanan pemesanan tiket KA libur Natal dan tahun baru. Bagi para calon penumpang dapat melakukan pemesanan secara daring yang bisa dipesan H-30 keberangkatan untuk KA jarak jauh dan H-14 untuk KA lokal melalui aplikasi KAI Access serta mitra eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI.

“KAI Daop 7 Madiun mengoperasikan empat KA pada Desember 2020 untuk melayani penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, Rabu (2/12).

Adapun Kereta yang dioperasikan Daop Madiun adalah KA Brantas relasi Blitar–Pasarsenen, KA Kahuripan relasi Blitar–Kiaracondong, KA Singasari relasi Blitar-Pasarsenen Jakarta, dan KA Anjasmoro relasi Jombang-Pasarsenen Jakarta.

Ixfan menjelaskan dari empat KA tersebut, ada dua KA yang beroperasi pada hari-hari tertentu yakni KA Singasari yang berangkat dari Blitar dan KA Anjasmoro keberangkatan Stasiun Jombang, keduanya tujuan Pasarsenen Jakarta.

Selain empat KA dengan keberangkatan wilayah Daop 7 Madiun, juga terdapat beberapa KA yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun guna melayani liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Yaitu KA Bima, Gajayana, Argo Wilis, Turangga, Malabar, Jayakarta, dan Matarmaja.

Ixfan menjelaskan untuk pengoperasian KA tersebut akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti mewajibkan para penumpang menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan di tempat yang disediakan ataupun menggunakan penyanitasi tangan.

Selain itu, penumpang KA jarak jauh juga diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan berupa tes cepat atau surat bebas gejala influenza, serta menggunakan face shield selama berada di atas KA hingga tiba di tujuan.

“KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat bertujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh penumpangnya sehat sampai di tujuan,” ujarnya.

Continue Reading

Nasional

Respon Generasi Milenial IAIN Metro Gelar Diklatpim

Published

on

By

Channel9.id – Metro. Sebanyak 40 Aktivis Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (Diklatpimda).

Ida Umami Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Metro mengatakan pengurus organisasi kemahasiswaan harus dibekali wawasan kepemimpinan yang cukup untuk menjawab masalah-masalah yang dihadapi.

“Pengurus Ormawa yang notabene generasi millennial harus paham situasi nasional dan global agar kelak menjadi sarjana yang mampu menjawab tantangan zaman,” kata Ida didampingi Lucki Kasubbag Kemahasiswaan, Rabu (1/12).

Kepada mahasiswa Mantan Direktur Pascasarjana IAIN Metro ini berharap agar mahasiswa menjadikan kampus sebagai laboratorium kepemimpinan yang efektif.

“Saya berharap kalian banyak belajar memimpin dan dipimpin di kampus IAIN Metro ini, karena di sini gudangnya SDM,” katanya.

Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Diktis Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Ruchman Basori sebagai salah satu nara sumber mengatakan mahasiswa sepanjang sejarah bangsa telah memainkan fungsi perubahan sehingga muncul fakta angkatan kebanhgkitan nasional 1908, sumpah pemuda 1928, kemerdekaan 1945, pejuang ampere 1966, Angkatan 1974 hingga melahirkan reformasi 1998.

Atas peran sejarah inilah lanjut Mantan Aktivis ’98 ini mahasiswa disebut the agent of change, the agent of intelectual, dan the agent of development.

“Regenerasi kepemimpinan harus terus dilakukan karena pemimpin bukan lahir dengan sendirinya tetapi harus diciptakan,” lanjut Ruchman.

Ruchman mengutip Imam Al-Mawardi dalam Al-ahkam Al Sulthoniyah, kepemimpinan dalam pandangan Islam adalah sebuah keharusan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Keberadaan pemimpin (imamah) sangat penting, karena imamah mempunyai dua tujuan: Pertama, li khilafati an-nubuwwah fi-harosati ad-din, yakni sebagai pengganti misi kenabian untuk menjaga agama; dan kedua: Wa sissati ad-dunnya, untuk memimpin atau mengatur urusan dunia,” terangnya.

Kepada pemimpin mahasiswa millennial Mantan Ketua I Senat Mahasiswa Mahasiswa IAIN Walisongo menegaskan mahasiswa adalah Indonesia Masa Depan dan Masa Depan Indonesia.

“Jangan sia-siakan studi di perguruan ntinggi hanya dengan kuliah di kelas, jadilah aktivis untuk merubah dunia dan memberikan manfaat untuk kemanusian,” tegasnya.

Di akhir sessi Ruchman menyampaikan 3 peran utama pemimpin mahasiswa yaitu Path-Finding yaitu terus mencari alur/benang merah keberadaan organisasi; aligning: penyelarasan terhadap semua aspirasi anggota dan peran empowerment, yaitu pemberdayaan terhadap semua sumber daya anggota.

Diklatpimda adalah jenjang pengkaderan pemimpin Ormawa tingkat dasar. Pada level menengah adalah Diklatpim Lanjutan (Diklatpimlan) dan untuk jenjang tertinggi adalah Diklatpimnas.

RB

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC