Connect with us

Lifestyle & Sport

Tanda-tanda Rambut Rusak yang Mesti Diwaspadai

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Masalah kerusakan rambut biasanya baru disadari jika sudah parah. Adapun rambut rusak di antaranya karena paparan sinar matahari, alat pengering rambut, hingga cara menyisir yang salah.

Untuk mencegah kerusakan yang parah, Anda harus tahu tanda-tanda rambut rusak. Kerusakan pada rambut bisa berdasarkan warna, kelembapan, kelenturan, dan kekuatan rambut. Berikut adalah kondisi yang perlu diwaspadai.

Baca juga: Pola Makan yang Bikin Bebas Stres

1. Mengembang
Lapisan kutikula juga berfungsi mengunci kelembapan setiap helai rambut. Jika lapisan kutikula rusak, maka rambut lebih mudah kehilangan kelembapan. Akibatnya, rambut menjadi lebih kering, ringan, dan mengembang.

2. Kering dan kusam
Hal ini terjadi karena rambut kehilangan minyak alami yang berfungsi sebagai pelembap. Rambut akhirnya tidak hanya menjadi kering, tapi juga kehilangan kilau alaminya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh perawatan rambut yang salah. Misalnya, terlalu sering keramas, mengecat rambut, dan memanaskan rambut.

3. Kusut
Lapisan pelindung rambut, kutikula, biasanya terlepas dan patah membentuk ujung yang tajam pada rambut rusak. Kondisi ini memungkinkan rambut kusut, ketika satu helai bergesekan dengan helai lain. Hal ini pun menandakan bahwa kelembabannya juga menurun.

4. Mudah patah dan bercabang
Saat lapisan kutikula rambut rusak, kelenturan rambut pun akan turut berkurang sehingga menjadikannya mudah patah. Selain itu, rambut pun menjadi bercabang.

5. Menipis
Menipisnya helai rambut adalah tanda sekaligus dampak berkepanjangan dari rambut yang rusak. Selain keliru dalam merawat rambut, stres dan pola makan yang salah juga bisa memicu kerusakan rambut.

Lebih lanjut, Anda bisa mendeteksi apakah rambut benar-benar rusak atau tidak dengan cara berikut ini.

1. Uji penyerapan air
Untuk diketahui, rambut rusak lebih mudah menyerap air karena helainya telah patah. Cabutlah rambut dari kepala Anda, lalu jatuhkan ke permukaan air. Jika rambut tenggelam, artinya rambut telah rusak.

2. Uji porositas
Dengan tes ini, Anda bisa tahu kondisi lapisan kutikula. Jepitlah beberapa helai rambut dengan jari tengah dan telunjuk, lalu susuri dari pangkal hingga ujung rambut. Jika terasa kasar dan tidak seragam, artinya rambut telah rusak.

3. Uji tarik
Dari sini Anda bisa mengetahui kelenturan rambut. Basahi 3 helai rambut Anda, jepit ujungnya dengan ibu jari dan telunjuk, lalu tarik perlahan. Jika rambut tidak bisa meregang atau langsung putus, artinya rambut telah rusak.

Guna menghindari kerusakan yang semakin parah, telaah kembali bagaimana Anda merawat rambut. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan yang bisa merusak rambut dan cobalah mencari perawatan yang tepat untuk rambut Anda.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Voli Putri AS Berhasil Melaju ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim voli putri Amerika Serikat (AS) berhasil melaju ke babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020 usai menyingkirkan Republik Dominika.

AS yang berstatus nomor satu dunia ini, mengalahkan Dominika yang merupakan peringkat keenam dunia dengan skor 3-0.

Pada babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020, Jumat 6 Agustus 2021, AS akan bertemu pemenang antara Serbia versus Italia.

AS yang pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 menempati peringkat ketiga, berpeluang memperbaiki catatan tersebut.

Bukan tak mungkin AS menjadi juara Olimpiade untuk kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaan mereka.

Sedangkan, Korea Selatan yang lebih dulu memastikan tiket semifinal akan bertemu pemenang antara Komite Olimpiade Rusia (ROC) vs Brasil.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Bahaya Makan Kentang Goreng Terlalu Banyak

Published

on

By

Bahaya Makan Kentang Goreng Terlalu Banyak

Channel9.id-Jakarta. Oleh karena rasanya yang gurih dan lezat, kentang goreng disukai banyak orang. Tak jarang bila makanan ini kerap dijadikan pilihan untuk ngemil, untuk mengganjal perut sebelum jam makan tiba.

Namun, Kamu harus hati-hati jika punya hobi makan kentang goreng. Meski kentang sejatinya menyehatkan, mengolahnya dengan cara digoreng justru mengurangi kandungan nutrisinya. Bahkan membahayakan kesehatan.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa makan kentang goreng terlalu sering bisa memperpendek masa hidup seseorang. Orang yang makan kentang goreng setidaknya 2-3 porsi seminggu bisa meningkatkan risiko kematian lebih cepat hingga dua kali lipat.

Adapun terlalu banyak makan kentang goreng, justru membuatmu semakin berisiko terkena penyakit kronis, seperti serangan jantung, gagal jantung, diabetes, hingga ginjal.

Perlu Kamu ketahui, makan kentang setara dengan mengonsumsi makanan pokok lainnya yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, mie, atau bihun yang biasa dimakan saat makan besar. Jadi, kalau Kamu makan kentang sebagai camilan, Kamu bisa kelebihan karbohidrat, yang bisa menaikkan berat badanmu. Demikian kalorinya yang juga banyak, di mana 100 gram kentang goreng mengandung 312 kalori yang setara dengan satu porsi sarapan.

Selain karbohidrat dan kalori, asupan lemak Kamu juga jadi berlebihan kalau terlalu sering makan kentang goreng. Sebab biasanya kentang digoreng dengan cara deep frying atau merendam seluruh bagian kentang ke dalam minyak. Hal ini membikin kentang menyerap banyak lemak. Padahal lemak ini merupakan lemak trans dan jenuh, yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Nah, jika Kamu memang ingin menjaga pola hidup sehat dan mencegah risiko penyakit kronis, sebaiknya hindari kentang goreng. Pasalnya, kandungan nutrisi pada kentang jadi hilang karena kalah dengan kandungan lemak yang jutsru berisiko membuatmu mengalami gangguan kesehatan.

Sebagai gantinya, Kamu bisa mengolah kentang dengan cara yang lebih sehat, seperti merebus, memanggang, atau menumisnya. Kamu juga harus menghindari penggunaan minyak yang terlalu banyak.
Harus terpatri di pikiranmu bahwa mengonsumsi kentang sama saja seperti makan nasi atau mie. Artinya, kandungan karbohidratnya nyaris sama.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Voli Putri Korsel ke Semi Final usai Kalahkan Turki

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim voli putri Korea Selatan (Korsel) berhasil menaklukan tim Turki dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Tampil di Ariake Arena, Tokyo, Rabu 4 Agustus 2021, Korsel menekuk Turki, 3-2 (17-25, 25-17, 28-26, 18-25, 15-13).

Kemenangan ini membawa Korsel melaju ke babak semi final pada Jumat 6 Agustus 2021. Tim asuhan Stefano Lavarini itu akan bertemu dengan pemenang antara ROC atau Brasil.

Korea Selatan, yang kini berada di peringkat ke-13 dunia, mampu menghentikan dominasi Turki atas tim-tim besar pada Olimpiade Tokyo 2020.

Sepanjang tampil di Olimpiade Tokyo, Turki yang menempati urutan keempat dunia, menumbangkan Cina, Italia, dan Komite Olimpiade Rusia (ROC).

Adapun pertandingan antara ROC dan Brasil juga akan berlangsung di Ariake Arena, Tokyo, hari ini, sekitar pukul 21.30 waktu setempat.

Sebagai informasi, ROC berada di urutan kelima dunia sedangkan Brasil di posisi kedua atau hanya kalah dari Amerika Serikat (AS).

HY

Continue Reading

HOT TOPIC