Internasional

Jaipong Hingga Musik Koplo Indonesia Warnai Gelaran The Enchanting Indonesia Evening

Channel9.id-Tokyo. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan Bank Indonesia menyelenggarakan resepsi The Enchanting Indonesia Evening: Road to the World Expo 2025 Osaka di Bellesale Shiodome, Tokyo, pada 5 Juni 2024 sebagai acara puncak dari rangkaian promosi terpadu ‘The Enchanting Indonesia 2024.’

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi, dalam sambutannya memastikan acara ini merupakan penegasan atas komitmen kehadiran Indonesia di Jepang menjelang World Expo 2025 di Osaka.

“Acara malam ini tidak hanya perayaan atas kekayaan dan potensi perdagangan, pariwisata, investasi, seni, dan budaya Indonesia, tetapi juga merupakan tonggak penting partisipasi Indonesia jelang World Expo 2025 di Osaka. Melalui rangkaian acara Indonesia Investment Forum, Pameran UMKM, serta acara malam ini, the Enchanting Indonesia Evening, saya berharap warga Jepang akan semakin aware dan tertarik dengan Pavilion Indonesia di Osaka nanti yang akan mengusung tema Alam, Budaya, dan Masa Depan,” ujarnya.

“Di acara ini saya juga memberikan ‘Ambassador Award’ kepada sejumlah institusi penting yang telah berkontribusi signifikan dalam memperkuat diplomasi Indonesia di Jepang,” tambah Dubes Heri.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta yang didampingi oleh Kepala Perwakilan BI Tokyo Imaduddin Sahabat dan sejumlah pejabat BI lainnya menyampaikan apresiasi atas kehadiran para investor Jepang serta menegaskan optimisme kegiatan ini akan semakin memperkuat kerja sama Indonesia dan Jepang. BI juga menyampaikan penghargaan BI Appreciation Award kepada Kementerian Keuangan Jepang, Bank of Japan, ASEAN Japan Centre, dan Bank Negara Indonesia Tokyo.

Lebih dari 200 tamu undangan dihibur oleh duo penyanyi Indonesia Forysca dan Saskia dengan lagu Koplo Rungkad dan Ninuninu dalam bahasa Jepang. Duo ini tampil apik dalam balutan gaun Griya Ageman Jogja.

Tamu undangan juga tampak berinteraksi langsung dengan pelaku usaha kecil menengah yang menampilkan produk kopi dan kriya binaan Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan di area foyer aula pertunjukan.

Tari Saman yang dibawakan oleh siswi Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) juga berhasil memukau para tamu undangan dengan gerakan dinamis nan kompak. Hadirin juga dihibur dengan  tampilan Tari Jaipong, Rindik Bali, alunan Sasando, serta peragaan busana Tenun Sutra Isam, Batik Ciwaringin, Batik Jawa, Calla the Label, dan Jember Fashion. Selain itu, tamu undangan dimanjakan dengan hidangan aneka ragam kudapan Indonesia terpilih di antaranya Bingka Kalimantan, Nasi Tumpeng Jawa, Jalangkote Sulawesi, Lalampa Maluku serta Bubur Sagu Papua.

Acara ditutup dengan penampilan penyanyi dan penulis lagu asal Jepang Hiroaki Kato yang membawakan “Satu Hati’ yang merupakan lagu tema persahabatan Indonesia Jepang.

Gelaran The Enchanting Indonesia Evening: Road to the World Expo 2025 Osaka adalah puncak dari dua acara yang saling berkaitan yaitu Indonesia Investment Forum pada 5 Juni 2024 dan pameran produk kreatif Indonesia ‘Karya Kreatif Indonesia’ yang berlangsung di Harakado, Harajuku, 4 – 10 Juni 2024.

Baca juga: Princess Hitachi Hanako Kunjungi Stan Promosi DWP KBRI Tokyo di Bazaar ALFS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  6  =  9