Jangan Biarkan Konsentrasi Buyar, Coba Cukupi Asupan Ini
Lifestyle & Sport

Jangan Biarkan Konsentrasi Buyar, Coba Cukupi Asupan Ini

Channel9.id-Jakarta. Kalau hari Jumat tiba, biasanya ide untuk rebahan pada akhir pekan suka muncul di benak. Tak jarang pula hawa seperti ini membikin konsentrasimu jadi buyar, bahkan malah jadi ngantuk melulu. Sebab pikiranmu sudah melayang ke tempat untuk bersantai. Belum lagi, setelah makan siang biasanya seseorang jadi semakin rentan diserang kantuk.

Kalau sudah begini, rasanya sulit sekali melanjutkan aktivitas. Padahal masih tengah hari, lo, dan masih ada pekerjaan atau tugas yang harus Kamu selesaikan. Produktivitasmu malah jadi terganggu. Kamu tentu tak mau hal ini terjadi, kan? Tanggung, lo. Sabar sedikit saja.

Untuk meminimalisasi risiko ngantuk, coba pilih asupan yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Terutama untuk menu makan siang. Nah, apa saja sih?

1. Air putih
Seluruh fungsi tubuh bergantung pada cairan, mengingat 70% tubuh adalah air. Saat kekurangan cairan, Kamu jadi mudah lelah, sulit fokus, turun daya ingat, bahkan sakit kepala, dan mengalami gangguan tidur. Untuk mencegah hal ini, penuhilah kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari.

2. Kafein
Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein bisa meningkatkan aktivitas otak dalam proses perencanaan, perhatian, pemantauan, dan konsentrasi. Namun, efek ini berebeda-beda pada setiap orang. Kafein sendiri bisa Kamu temukan di kopi, teh hijau, dan coklat hitam.

3. Pisang
Suatu penelitian juga membuktikan bahwa pisang bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Ini karena kandungan mineral potasium di dalam dalam pisang bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung.

4. Telur
Asupan asam lemak omega-3 pada telur bisa meningkatkan kinerja otak, termasuk dalam daya ingat, fokus, dan suasana hati. Selain itu, kolin pada telur juga bisa menjaga selaput otak tetap sehat.

Nah, itu dia beberapa asupan yang bisa Kamu pilih saat makan siang. Alih-alih ngantuk, Kamu justru bisa meningkatkan konsentrasi, lo.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

74  +    =  76