Hot Topic Nasional

Jasa Raharja: Program Mudik Gratis Bentuk Sinergi Perusahaan-Perusahaan BUMN

Channel9.id – Jakarta. Kementerian BUMN bersama 25 perusahaan BUMN lain melepas peserta Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN Tahun 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pukul 08.30 WIB, Rabu 27 April 2022.

Untuk diketahui, disiapkan sebanyak 542 Bus dan 199 rangkaian Kereta Api untuk membawa 40 ribu pemudik. Kementerian BUMN pun menunjuk PT Jasa Raharja (Persero) sebagai koordinator program ini.

Adapun pelepasan itu dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Hadir dalam acara itu Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dan para direksi BUMN.

Baca juga: Jasa Raharja: 40 Ribu Peserta Mudik Bersama BUMN 2022 Dapat Asuransi Gratis

Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Rivan Achmad Purwantono menyampaikan, program ini bisa berjalan dengan baik karena adanya sinergi perusahaan-perusahaan BUMN untuk memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Rivan berharap, dengan adanya program ini, masyarakat tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Sehingga, bisa sampai ke tempat tujuan dengan sehat dan aman.

“Harapannya supaya masyarakat tidak mengendarai kendaraan sendiri, apalagi kendaraan roda dua. Mereka bisa memanfaatkan program mudik gratis ini yang disiapkan Kementerian BUMN,” kata Rivan usai pelepasan peserta Mudik Gratis Bersama BUMN di Stadion Gelora Bung Karno.

“Dengan demikian mereka bisa melakukan mudik, bisa melakukan silaturahmi dengan keluarga dan kembali ke Jakarta dengan sehat dan aman,” ujar Rivan.

Rivan pun memastikan sebanyak 40 ribu peserta mudik akan mendapatkan asuransi gratis selama perjalanan pulang dan pergi dari Jasa Raharja Putera.

“Untuk peserta mudik, kami akan memberikan asuransi gratis yang diberikan Jasa Raharja Putera selama perjalanan mudik pulang pergi,” ujar Rivan.

Dalam upaya mempersiapkan perjalanan mudik yang aman, Rivan menyampaikan, pihaknya sudah menguji kelayakan bus sebelum diberangkatkan. Sebanyak 542 bus itu sudah lolos uji Ram check atau inspeksi kendaraan umum dan lulus uji KIR.

“Dipastikan di dalam 3 minggu terakhir sudah diperiksa termasuk uji KIR yang masih berfungsi dengan baik,” kata Rivan.

Untuk menjaga kenyamanan pengemudi pula, para sopir bus sudah dipastikan memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidangnya. Sopir bus juga dipastikan bebas narkoba dan dalam keadaan sehat.

“Kita pastikan pengemudi yang berpengalaman lebih dari 3 tahun dan diharapkan membawa masyarakat ke kota masing-masing,” kata Rivan.

Di luar itu, Jasa Raharja ikut terlibat dalam penanganan 2.000 posko mudik. Pun memberikan 5.000 rambu-rambu tambahan. Rambu itu dialokasikan untuk perubahan-perubahan jalan yang dikomandai oleh Korlantas Polri.

“Termasuk persiapan 2.436 RS. Semua stand by 24 jam untuk memberikan pelayanan cepat untuk korban kecelakaan,” kata Rivan.

Dalam acara pelepasan hari ini, diberangkatkan sebanyak 249 bus dengan total sekitar 12.500 orang penumpang dari semua BUMN. Sedangkan bus lainnya akan diberangkatkan secara bertahap pada Kamis 28 April 2022 sampai dengan Jumat 29 April 2022.

Jasa Raharja sendiri telah menyiapkan 100 unit bus dengan jumlah peserta mencapai 5.000 orang peserta.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2  +  3  =