Channel9.id, Jakarta – Jelang hari belanja akbar di dunia maya pada Minggu, 11 November (11.11) para warganet mulai memantau bermacam promo dan diskon yang ditawarkan platform belanja online. Tercatat, informasi tentang 11.11 di Google mulai gencar dicari sejak 25 Oktober lalu dan meningkat tajam begitu memasuki November.
Menurut laporan tim riset iPrice, belanja 11.11 melalui smartphone diproyeksikan berkembang. Pasalnya, Indonesia merupakan pengguna smartphone tertinggi Asia Tenggara, yakni 87 persen.
Diketahui pula bahwa 90 persen penjualan pada 11.11 tahun 2017 kemarin dilakukan via smartphone. Hal ini diproyeksi memberi efek pada metode belanja yang dilakukan konsumen.
Efeknya, pelaku e-commerce mulai melakukan inovasi agar pengalaman belanja lewat smartphone menjadi makin accessible dan interaktif bagi pihak konsumen pada 11.11.
“Jika diamati, kini banyak pelaku e-commerce yang mengembangkan in-app games (istilah permainan interaktif di dalam aplikasi) untuk meningkatkan engagement konsumen. Sebut saja Lazada Slah It, Goyang Shopee, Tokopedia Shake-Shake, Bukalapak Shake-a-thon, dan lainnya,” tulis laporan iPrice.
Di samping gim, bermacam ragam promosi pun ditawarkan seperti flash sale, diskon produk, promo brand eksklusif, cashback, in-app games, pengiriman gratis, dan kuis. Shopee, JD.id, dan Elevenia tercatat mengadakan semua promo tersebut pada 11.11.
“Menariknya, flash sale menjadi jenis promosi yang paling banyak digelentorkan e-commerce yang kami observasi. Sedangkan promosi zaman lawas berupa giveaway sejauh ini belum terlihat secara kasat mata. Data tersebut menunjukkan adanya perubahan tren promosi belanja online yang dinarasikan oleh e-commerce,” jelas iPrice.