Connect with us

Lifestyle & Sport

Jepang Mundur Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) memutuskan mundur sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021 karena situasi Covid-19 di negara itu.

Turnamen tahunan tersebut, yang mempertemukan juara dari enam konfederasi global, akan digelar pada bulan Desember.

“FIFA mengonfirmasi bahwa telah diinformasikan hari ini oleh JFA bahwa, karena pandemi COVID-19 dan situasi tuan rumah di negara tersebut, mereka tidak lagi dalam posisi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub FIFA 2021,” demikian sebuah pernyataan FIFA.

“FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada JFA atas kerja dan komitmen mereka serta berharap untuk kembali ke Jepang di masa depan. Rincian lebih lanjut tentang tuan rumah alternatif untuk Piala Dunia Antarklub FIFA 2021 akan diumumkan oleh FIFA pada waktunya.”

Keputusan tersebut diambil setelah pemerintah Jepang pada Kamis secara resmi memutuskan untuk memperpanjang keadaan darurat COVID-19 di banyak bagian negara itu untuk menekan gelombang infeksi baru.

FIFA tahun lalu memilih Jepang sebagai tuan rumah untuk kompetisi tersebut, yang awalnya diikuti oleh tujuh klub.

Jumlah partisipasi Piala Dunia Antarklub kemudian ditambah menjadi 24 tim, yang semula dijadwalkan untuk China pada Juni 2021 sebelum ditunda karena pandemi.

Terakhir kali Jepang menjadi tuan rumah turnamen tersebut adalah tahun 2016.

HY

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Pakai Masker Picu Bau Mulut, Ini Makanan dan Minuman untuk Mengatasinya

Published

on

By

Pakai Masker Picu Bau Mulut, Ini Makanan dan Minuman untuk Mengatasinya

Channel9.id-Jakarta. Di masa pandemi COVID-19 ini, semua orang wajib menggunakan masker saat pergi ke luar rumah, terutama saat di ruangan minim sirkulasi udara dan kerumunan. Di balik kewajiban ini bau mulut tampaknya jadi hal yang sering dialami banyak orang.

Meski menggunakan masker, masalah bau mulut tetap saja membikin tak percaya diri. Bahkan, malah membikin Kamu sendiri terganggu karena tak kuasa menahan baunya. Adapun bau mulut itu sebagian besar disebabkan oleh masalah kesehatan mulut. Selain itu, bisa disebabkan pula oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Baca juga: Tips Atasi Bau Mulut Akibat Kelamaan Pakai Masker

Saat bau mulut muncul tiba-tiba, Kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa mengatasi masalah ini. Apa saja kah itu?

1. Air putih
Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih (minimal 8 gelas) juga membantu mencegah bau mulut, lo. Air putih membantu meningkatkan produksi saliva yang bekerja sebagai agen pembersih alami, yang menghilangkan zat penyebab bau mulut. Selain itu, minum air putih juga melembapkan mulut dan tenggorokan, serta membersihkan dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

2. Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan flavonoid yang bisa menghilangkan senyawa sulfur dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

3. Keju dan yogurt
Menurut ahli kebersihan gigi, memakan sepotong keju setelah makan bisa menghilangkan bau mulut tak sedap. Pasalnya, keju bisa menetralisir beberapa zat asam dari makanan yang tertinggal di gigi dan memicu bau mulut tak sedap. Selain keju, mengonsumsi yogurt plain juga bisa menjadi pilihan lainnya. Yogurt bisa mengurangi kadar hidrogen sulfida, senyawa yang bisa menyebabkan bau mulut.

4. Permen karet bebas gula
Makan permen karet membantu meningkatkan produksi air liur. Adapun air liur ini membantu mulut dan gigi terbebas dari bakteri penyebab bau mulut. Kendati semua permen karet punya manfaat ini, utamakanlah memilih permen karet yang bebas gula, dengan varian rasa mint untuk menutupi bau mulut.

5. Vitamin C
Mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya kandungan vitamin C, seperti jeruk dan mangga, juga bisa menghilangkan bau mulut tak sedap. Adapun vitamin C ini membuat bakteri penyebab bau mulut tak nyaman dan sulit berkembang di mulutmu.

6. Buah dan sayuran renyah
Saat mengonsumsi makanan yang lunak dan lengket, terutama yang manis-manis seperti permen, sisa makanan bisa terperangkap di sela-sela gigi dan hal ini bisa meningkatkan pertumbuhan plak. Adapun hal ini bisa membikin bau mulut tak sedap.

Sebagai alternatif, pilihlah sayuran atau buah-buahan yang renyah, seperti apel, timun, dan wortel. Makanan ini akan memberi gesekan pada gigi dan gusi, sehingga membantu mengurangi risiko makanan terperangkap di gigi dan terbentuk plak. Bisa dibilang, cara kerjanya mirip dengan menggosok gigi.

Itu beberapa makanan dan minuman yang membantu mengatasi bau mulut. Agar usaha untuk mengatasi bau mulut lebih efektif, Kamu juga perlu menghindari beberapa makanan dan minuman lain,s seperti kopi, alkohol, petai, durian, makanan mengandung daging, dan rempah-rempah tertentu—seperti bawang—yang bisa memicu bau mulut. Jika Kamu kedapatan mengonsumsi makanan atau makanan ini, penting untuk segera menyikat gigi atau berkumur dengan obat kumur.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Presiden Instruksikan Kemenpora Bangun Pemusatan Latihan Atlet Disabilitas

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk membangun pusat pelatihan atau training camp berfasilitas lengkap yang dilengkapi dengan sport science sebagai pusat latihan para atlet disabilitas. Selain training camp, juga akan dibangun sentra-sentra olahraga di sepuluh provinsi seluruh Indonesia.

“Pak Presiden kemarin sudah memerintahkan kepada saya langsung ketika beliau memberikan apresiasi [kepada para atlet]. Jadi Pak Presiden, Pak Jokowi, memberi arahan dan perintah kepada saya untuk segera membangun training camp atau pemusatan latihan buat atlet-atlet paragames kita atau atlet difabel kita dengan fasilitas yang lengkap,” ujar Zainudin, dikutip dari laman Kemenpora, Minggu (19/09).

Menurutnya, langkah tersebut sebagai bentuk perhatian dan dukungan pemerintah, sekaligus untuk memberikan posisi dan fasilitas yang sama antara atlet olimpiade dan paralimpiade. “Sekarang dalam Desain Besar Olahraga Nasional, kita memberi tempat yang sama, yang setara antara atlet olimpiade dan atlet paralimpiade,” jelasnya.

Baca juga: Jokowi Bagikan Bonus Untuk Seluruh Atlet Paralimpiade

Kesetaraan yang diusung dalam DBON tersebut, imbuh Zainudin, akan membangkitkan semangat dari para atlet disabilita. “Mereka [atlet disabilitas] benar-benar merasakan perhatian pemerintah menyetarakan posisi disabilitas. Itu akan membangkitkan semangat dari atlet yang sekarang belum terekrut [calon atlet],” imbuhnya.

Zainudin meyakini, dengan adanya DBON sebagai panduan prestasi olahraga dan dibangunnya sentra-sentra olahraga maka pencarian dan pembinaan talenta atlet disabilitas akan menjadi lebih mudah.

“Kalau ini [DBON] jalan, Perpresnya jalan, seluruh kementerian, lembaga mendukung, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota mendukung, saya optimis target tercapai. Yang penting kita konsisten dan fokus terhadap apa yang tertuang di dalam Desain Besar Olahraga Nasional,” bebernya.

Zainudin melanjutkan, jika kerja sama antara seluruh pemangku kepentingan berjalan dengan baik dan pemerintah terus memberikan perhatian kepada para atlet disabilitas.

“Saya meyakini kalau seperti ini perhatian kita, orang akan berbondong-bondong untuk menjadi atlet difabel kita. Selama ini mereka memandang bahwa mereka berada di pinggir-pinggir tidak pernah diurus secara serius seperti sekarang,” pungkasnya.

Continue Reading

Lifestyle & Sport

PS Sleman Taklukkan Arema FC 2-1

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. PS Sleman menaklukkan Arema FC dengan skor 2-1 di Liga 1 Indonesia 2021-2022. Ini merupakan kemenangan perdana PS Sleman pada Liga 1.

Bertanding di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu, Arema FC unggul lebih dahulu berkat gol Johan Farizi. PSS kemudian membalas melalui gol Mario Maslac dan menutup laga dengan kemenangan berkat gol Eduardo “Juninho” Silva.

Sebelum tiga angka dari laga itu, PSS baru merasakan satu hasil seri (dengan Persija) dan satu kekalahan (dari Persiraja) di Liga 1 2021-2022.

Pada pertandingan PSS versus Arema, kedua tim mampu tampil saling menekan.

Arema FC, yang menurunkan empat pemain asingnya yaitu Sergio Silva, Adilson Santos, Renshi Yamaguchi dan Carlos Fortes beberapa kali sempat memberikan ancaman ke gawang lawan.

Baca juga: BRI Liga 1: Persiraja Petik Kemenangan 3-2 Atas PS Sleman

Namun, PSS yang cuma diperkuat Aaron Evans dan Mario Maslac dalam 11 pertama dapat meredam serangan tersebut.

Terus menekan, Arema FC membuka gol pada menit ke-35. Dalam situasi kemelut di depan gawang PSS, bola yang membentur Carlos Fortes meluncur ke Johan Farizi yang tanpa pikir panjang menendang masuk bola ke gawang lawan.

Tertinggal 0-1, PSS mulai bangkit. Upaya mereka tersebut berbuah pada akhir paruh pertama pertandingan, tepatnya menit ke-45+3. Mario Maslac mencatatkan namanya di papan skor dengan sundulan yang memanfaatkan umpan tendangan sudut Irfan Jaya.

Kedudukan sama kuat 1-1 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, pelatih PSS Dejan Antonic memasukkan beberapa pemain dari bangku cadangan, termasuk penyerang asal Brazil Eduardo “Juninho” Silva, demi menambah intensitas gempuran ke lini belakang Arema FC.

Strategi tersebut berbuah manis. Dalam sebuah serangan cepat yang diarahkan ke sayap, Arsyad Yusgiantoro–yang juga baru menginjakkan kaki di lapangan setelah jeda, mengirim bola ke arah Juninho yang menusuk ke kotak penalti.

Juninho mengendalikan bola dengan baik, menembaknya dan menjebol gawang Arema. PSS pun berbalik unggul 2-1.

Tidak ada gol lain yang hadir setelah itu. PSS berhasil mendapatkan tiga angka perdananya di Liga 1 2021-2022.

Adapun Arema FC belum mencicipi satu pun kemenangan di Liga 1 musim terkini. Pada dua laga sebelumnya, skuad “Singo Edan” meraih hasil seri.

Berikut susunan pemain kedua tim.

PS Sleman: Ega Rizky-pg, Aaron Evans, Bagus Nirwanto (kapten), Samsul Arifin (67′, Derry Rachman), Fitra Ridwan (74′, Eduardo Barbosa), Irkham Mila, Kim Kurniawan, Mario Maslac, Misbakus Soikin (74′, Wahyu Sukarta), Irfan Jaya, Muhammad Rafi Angga (58′, Arsyad Yusgiantoro).

Arema FC: Adilson Santos-pg, Bagas Adi Nugroho, Hanif Sjahbandi, Johan Amat Farizi (kapten), Sergio Silva, Dave Mustaine (54′, Dedik Setiawan), Renshi Yamaguchi, Rizky Dwi (76′, Ridwan Tawainela), Carlos Fortes, Dendi Santoso (65′, Feby Eka), Kushedya Yudo (76′, Muhammad Rafli).

HY

Continue Reading

HOT TOPIC