Connect with us

Hot Topic

Jokowi Anugerahi Enam Tokoh Gelar Pahlawan Nasional

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Presiden Jokowi akan menganugerahi gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh negara bertepatan dengan peringatan hari pahlawan pada Selasa (10/11) mendatang di Istana Negara, Jakarta.

“Upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara pada tanggal 10 November dengan inspektur upacara Presiden RI. Ada enam calon penerima gelar pahlawan tahun 2020, Insya Allah tidak ada perubahan ya,” kata Menteri Sosial Juliari P Batubara melalui Konferensi Pers, Jumat (6/11).

Juliari menyatakan, penganugerahan dan pemilihan calon pahlawan nasional ini telah melalui pertimbangan dari Kementerian Sosial dan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Upacara penganugerahan ini akan digelar usai upacara tabur bunga laut yang dilakukan di perairan teluk Jakarta Pukul 08.00 WIB, dan dipimpin langsung oleh inspektur upacara Ketua DPR RI Puan Maharani.

Adapun rincian keenam tokoh tersebut. Pertama, Sultan Babullah dari Provinsi Maluku Utara dan Kedua Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat. Dalam hal ini Juliari menyebut kedua provinsi ini belum memiliki sosok pahlawan nasional sejauh ini.

“Jadi Provinsi Maluku Utara dan Papua Barat Memang belum pernah memiliki pahlawan nasional, dan apabila tidak ada perubahan, Insya Allah kedua pahlawan ini akan diberikan gelar pahlawan nasional di tahun ini,” lanjutnya.

Ketiga, gelar pahlawan akan diberikan kepada Jenderal Pol. (Purn.) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kapolri pertama domisili di DKI Jakarta. Nama Soekanto juga diabadikan sebagai nama Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Keempat, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan tokoh pergerakan dan pernah menjadi Menteri Penerangan RI pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno.

Kelima Sutan Mohammad Amin Nasution, dari Provinsi Sumatera Utara. Pria yang kemudian dikenal dengan nama SM Amin itu terlibat dalam ikrar sumpah pemuda bahkan menjadi salah satu panitia kongres untuk kegiatan tersebut. SM Amin juga berprofesi sebagai pengacara yang kerap membantu para pahlawan kemerdekaan saat tertangkap oleh Hindia Belanda di masa penjajahan.

Keenam, Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi. Mattaher merupakan sosok panglima perang yang mempunyai peran sentral dalam menumpas kolonial Belanda di Jambi. Kini, namanya abadi dalam sebuah Rumah Sakit yang berlokasi di Kecamatan Telanaipura, Jambi.

(HY)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Rizieq Shihab: Saya Hanya Kelelahan, Kondisi Sehat

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Pemimpin FPI Rizieq Shihab akhirnya buka suara terkait kondisi dirinya. Dia mengaku dalam kondisi sehat. Saat ini dirinya sedang dirawat di Rumah Sakit Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Rizieq dalam sebuah video yang beredar, Jumat (27/11). Dalam video berdurasi 3.50 detik itu, Rizieq duduk dalam sebuah ruangan bersama keluarganya. Video tersebut menunjukkan keterangan waktu 26 November 2020 pukul 20.10.

“Kita hanya sedikit kelelahan, banyak orang antusias menyambut, yang salaman, yang cium tangan, meluk, yang cium,” kata Rizieq dalam video tersebut.

Rizieq mengaku sudah melakukan general check up. Hasilnya, kondisi kesehatannya cukup baik.

“Jadi kita general check up-nya mencakup jantung, paru-paru, ginjal, hati, begitu juga, ada asam urat, asam lambung, semua enggak apa-apa. Alhamdulillah sehat walafiat,” ujar Rizieq.

Rizieq pun berharap dapat bertemu kembali dengan sejumlah ulama Indonesia. Namun begitu, dia memastikan dalam pertemuan nanti bakal menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“InsyaAllah sebentar lagi kita bisa kumpul, ketemu, tapi jangan lupa jaga protokol kesehatan, pakai masker, kemudian jaga jarak, jangan lupa. InsyaAllah,” ujarnya.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

Kapolsek dan Wakapolsek Metro Tanah Abang Sembuh Dari Covid-19

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Kapolsek dan Wakapolsek Metro Tanah Abang sudah sembuh dari Covid-19.

Diketahui sebelumnya, keduanya terpapar Covid-19 usai melakukan pengamanan pada kerumunan acara yang dihadiri Rizieq Shihab di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Saat ini Kapolsek dan Wakapolsek Metro Tanah Abang sudah sembuh dari Covid-19,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto, Jumat (27/11).

Saat ini Wakapolsek Tanah Abang Kompol Sri Wahyudi sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan mulai berkegiatan kembali.

Misalnya saja, Wahyudi hadir dalam rapid test yang diselenggarakan oleh Kodim 0501/JP di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sementara untuk Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan akan mulai bertugas esok hari.

“Kemungkinan Kapolsek esok sudah bekerja,” kata Heru.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

Pelanggaran Prokes, Polisi Naikan Kasus Kerumunan Rizieq Shihab ke Penyidikan

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Polda Metro Jaya meningkatkan kasus pelanggaran protokol kesehatan kerumunan acara yang dihadiri Rizieq Shihan dari penyelidikan ke penyidikan.

Terkait hal ini, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, polisi belum berencana memanggil Rizieq Shihab untuk dimintai keterangan. Namun, polisi akan mamanggil Rizieq jika memang diperlukan.

“Kalau benang merahnya ke sana, pasti akan dipanggil,” kata Awi saat dihubungi, Juma (27/11).

Karena itu, Awi meminta semua pihak untuk bersabar menunggu hasil penyidikan.

“Sabar saja,” pungkas Awi.

Selain di Polda Metro Jaya, Polda Jabar juga telah menaikan kasus pelanggaran protokol kesehatan kerumunan Rizieq Shihab di Megamendung dari penyelidikan ke penyidikan.

Dalam kasus ini, polisi menduga telah terjadi pelanggaran pada Pasal 14 Ayat 1 UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular. Kemudian Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 KUHP.

(HY)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC