Lifestyle & Sport

Kapolda Metro Jaya Sebut Ancol Jadi Trek Formula E

Channel9.id – Jakarta.  Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut trek atau sirkuit balap Formula E akan berada di Ancol, Jakarta Utara. Lokasi tersebut rencananya juga akan dijadikan sirkuit bagi ajang balapan lainnya.

Hal ini diungkapkan Fadil usai membahas rencana balap resmi bagi pembalap liar bersama Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo dan Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali.

Fadil mengatakan, balap resmi bagi pembalap liar akan digelar di Ancol yang juga rencananya akan menjadi lokasi balapan Formula E.

“Mudah-mudahan Ancol segera bangun ini, karena Formula E kan ada di sana,” kata Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin 20 Desember 2021.

Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni sebelumnya mengklaim masih membutuhkan kajian panjang untuk menentukan trek Formula E.

Pasalnya, lokasi balapan Formula E nantinya direncanakan juga bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini tak ingin trek yang ditentukan hanya sekali pakai untuk balapan Formula E semata.

“Kami mau lokasi yang akan ditentukan bukan hanya 1 kali pemakaian, tapi bisa digunakan dalam event-event laen. Contoh jadi balap motor dan lain-lain,” ujar Sahroni saat dihubungi, Senin 13 Desember 2021.

Sahroni menyebut ada kemungkinan penentuan lokasi trek Formula E Jakarta ditunda karena masih dikaji pihaknya bersama dengan Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

“(Pengumuman trek Formula E) bisa Januari (2022), masih dikaji,” tuturnya.

Meski demikian, Sahroni mengklaim tidak ada kendala berarti dalam pengkajian trek Formula E Jakarta.

Pasalnya, lima opsi lintasan yang diajukan dianggapnya bagus semua.

“Kendalanya itu loh semua bagus venue-nya. Makanya agak mundur dikit (penentuan treknya),” katanya.

Penundaan pengumuman lokasi lintasan Formula E bukan kali ini saja terjadi. Awalnya bakal ditentukan pada Oktober 2021.

Lalu, rencana ini batal dan pengumuman ditunda ke November 2021. Hingga akhirnya, setelah kepanitiaan Formula E dibentuk, penentuannya ditargetkan paling lama sebelum Natal atau 25 Desember 2022.

Lima opsi lintasan balap Formula E Jakarta di antaranya adalah di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta International Stadium (JIS), JIExpo Kemayoran, Ancol, dan Pantai Indah Kapuk.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4  +  1  =