Kota Kuil Bersejarah Thailand Terendam Banjir Karena Badai Monsoon
Internasional

Kota Kuil Bersejarah Thailand Terendam Banjir Karena Badai Monsoon

Channel9.id-Thailand. Beberapa kuil di kota bersejarah Thailand, Ayutthaya, terendam banjir setelah badai monsoon besar membanjiri beberapa provinsi di negara kepulauan tersebut, Rabu (6/10/2021).

Lebih dari 40 kuil di kota Ayutthaya, rumah dari kuil-kuil, monumen dan reruntuhan Budha yang bersejarah, telah terendam banjir, ungkap pihak Pemerintahan Kota Ayutthaya.

Di salah satu kuil Wat Satue, para biksu harus mengayuh dayung untuk mengarungi banjir yang tingginya bisa sampai sepinggang dan seleher.

“Ini adalah bencana banjir terparah selama 10 tahun terakhir ini,” ujar kepala biara Phra Kru Pariyat Yathikhun kepada Reuters melalui telpon, menambahkan kalau daerah disekitar juga terendam banjir.

Pihak otoritas Thailand sudah mengumumkan peringatan banjir ke seluruh penjuru negeri selama dua minggu belakang ini disaat Badai Tropis Dianmu menyebabkan banjir bandang di 31 dari total 76 provinsi Thailand, menewaskan sembilan orang dan memberikan dampak ke sekitar 300,000 keluarga.

Sekitar 16 provinsi masih terendam banjir pada hari Rabu, termasuk Ayutthaya, dan pihak otoritas sudah memperingatkan perihal adanya potensi badai yang diramalkan akan tiba ke daerah timur laut Thailand pada minggu depan.

Di tahun 2011, Thailand mengalami bencana banjir terburuk sejak lima dekade lalu, merendam 65 dari 76 provinsi Thailand dan menewaskan ratusan warganya.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6  +  4  =